Apakah Dampak Memangku Laptop Terhadap Kesehatan?

Apakah Dampak Memangku Laptop Terhadap Kesehatan?
Apakah Dampak Memangku Laptop Terhadap Kesehatan?
Sesuai namanya, Laptop berasal dari kata lap dan top yang berarti di atas pangkuan. Tapi apakah memang aman jika kita menggunakan laptop di atas pangkuan? Banyak yang bilang bahwa menggunakan laptop di atas pangkuan memiliki risiko kesehatan, terutama jika kita dapat merasakan bahwa laptop mulai menyebarkan suhu hangat di bagian bawah.

Anda mungkin merasa sedikit panik ketika mendengar kipas laptop berputar semakin kencang atau overdrive, dan mulai ingat kabar apakah panas dari laptop dapat menyebabkan kemandulan? Menurut para ahli hal ini tidak akan menyebabkan sesorang laki-laki menjadi mandul. Tapi tetap saja kita perlu menjaga jarak untuk menghindari suhu panas antara laptop dan bagian tubuh kita. Hingga saat ini tidak ada bukti bahwa laptop menyebabkan kemandulan.

Dari sisi wanita, ovarium dilindungi di dalam tubuh seseorang. Jika laptop memiliki suhu yang benar-benar dianggap tinggi, maka kulit kita akan terbakar duluan. Tetapi memang benar bahwa wanita hamil harus menghindari paparan panas yang berlebihan untuk bayi, dan itu termasuk panas dari laptop.

Bagi pria, situasinya menjadi sedikit lebih rumit. Menggunakan laptop secara normal tidak akan merusak jaringan tubuh. Namun, menyebabkan sedikit perubahan suhu sekitar 2 derajat yang dapat menyebabkan masalah kesuburan, dan sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa laptop dapat menaikkan suhu pangkuan hingga lima derajat.

Tentu saja, saat itu laptop masih seukuran tas kerja dan memiliki teknologi pendinginan yang jauh lebih kuno dibandingkan saat ini. Teknologi pendinginan yang banyak digunakan pada laptop saat ini semakin canggih. Suhu perangkat tetap terjaga dan tidak overheat. Bahkan beberapa jenis laptop sudah tidak menggunakan kipas pendingin lagi.

Apakah Dampak Memangku Laptop Terhadap Kesehatan?

Namun, tentu kita tidak ingin memangku laptop sambil bermain game berat yang menyebabkan penggunaan sumber daya laptop semakin tinggi. Bagaimanapun juga laptop bisa bersuhu tinggi saat harus bekerja keras. Pertimbangkan untuk meletakkannya di meja, atau paling tidak atur posisi duduk agar aliran udara di sekitar laptop tetap lancar.

Belum ada Komentar untuk "Apakah Dampak Memangku Laptop Terhadap Kesehatan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel