Cara Mematikan Port USB Laptop dan Komputer

Tidak ada salahnya selalu berhati-hati terhadap keamanan data pada laptop atau komputer kita. Bahaya tidak hanya berasal dari virus atau malware yang mengganggu, tapi juga bisa melalui port USB. Bisa jadi ada pihak lain yang menggunakan komputer kita, yang rentan terhadap penyebaran virus atau juga pencurian data. Apalagi sekarang teknologi USB sudah mencapai USB 4 dengan kecepatan tinggi untuk mengirim data. Tahukah Anda bahwa kita bisa mematikan port USB sehingga tidak dapat digunakan?

Menonaktifkan port USB dapat membantu menjaga file pribadi tetap aman, dan prosesnya lebih mudah dari yang Anda perkirakan. Ada beberapa cara yang dapat kita pilih jadi jika salah satu tidak berhasil, kita dapat mencoba cara yang lain. Peyebab mengapa kita mungkin perlu mematikan port USB di laptop atau komputer kita bermacam-macam. Yang penting adalah kita dapat menjaga data tetap aman, meskipun itu berarti harus menonaktifkan port USB pada Windows 10 untuk sementara waktu.


Cara Mematikan Port USB Melalui Registry

Jika Anda ingin mencoba mematikan port USB menggunakan registry, buka Run dan ketik regedit. Akan muncul jendela Registry Editor, jika muncul peringatan administrator cukup klik tombol OK. Pada panel sebelah kanan cari folder HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\USBSTOR.

Cara Mematikan Port USB Laptop dan Komputer
Cara Mematikan Port USB Laptop dan Komputer melalui Regedit

Pada panel sebelah kanan cari entri bernama Start. Buka Start, akan terlihat nilai default 3. Untuk mematikan USB maka ganti nilai menjadi 4. Klik tombol OK.

Untuk mengaktifkan port USB lagi, cukup ubah kembali nilai data menjadi angka 3, dan port USB akan diaktifkan kembali.

Cara Mematikan Port USB Melalui Device Manager

Mematikan port USB melalui Device Manager juga cukup mudah. Klik kanan pada menu Start, dan klik pada Device Manager. Ketika jendela Device Manager muncul, buka pada pilihan Universal Serial Bus controller, biasanya pilihan ini ada di daftar paling bawah.


Cara Mematikan Port USB Laptop dan Komputer
Cara Mematikan Port USB Laptop dan Komputer melalui Device Manager

Klik kanan USB port dan pilih Disable Device untuk menonaktifkan port USB. Anda juga dapat memilih opsi Uninstall Device untuk menghapus driver port USB, jadi saat seseorang memasukkan USB, Windows tidak akan dapat menemukan drivernya.

Untuk mengaktifkan port USB lagi, cukup pilih Enable Device. Atau jika Anda telah uninstall driver, cukup install lagi driver USB.

Cara Mematikan Port USB Melalui Group Policy Editor

Untuk mematikan port USB dengan menggunakan Group Policy Editor, buka Run dan ketik gpedit.msc. Pada panel kiri buka pada folder Computer Configuration/Administrative Templates/System/Removable Storage Access.

Muncul daftar pada panel sebelah kanan. Cari pilihan berikut:
  • Removable Disks: Deny execute access
  • Removable Disks: Deny read access
  • Removable Disks: Deny write access
Cara Mematikan Port USB Laptop dan Komputer
Cara Mematikan Port USB Laptop dan Komputer melalui Group Policy Editor

Klik pada masing-masing pilihan di atas satu-persatu untuk mengkonfigurasinya. Setelah terbuka, terdapat 3 pilihan: Not Configured, Enabled, dan Disabled.

Cara Mematikan Port USB Laptop dan Komputer
Cara Mematikan Port USB Laptop dan Komputer melalui Group Policy Editor


Klik Enabled agar port USB tidak dapat digunakan. Jika Anda berubah pikiran dan perlu mengaktifkannya lagi, ganti pilihan menjadi Not Configured atau Disabled.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mematikan Port USB Laptop dan Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel