Membalik Tombol Fungsi Laptop HP

Membalik Tombol Fungsi Laptop HP
Mengganti fungsi tombol Fn Laptop HP - Jika kita perhatikan, sebagian besar laptop atau netbook keluaran produsen Hewlett-Packard (HP), memiliki keyboard yang sedikit futuristik, biasa disebut dengan Island Style Keyboard. Keyboard ini memang lebih nyaman digunakan karena posisi yang ergonomis dan tombol utama yang lebih lebar. Tapi kendala muncul ketika kita menggunakan tombol fungsi, yaitu F1-F12 yang berbeda dari kebanyakan keyboard.

Masalah ini muncul ketika saya bermain game dan ingin menekan tombol F1, ternyata yang muncul adalah menu Help. Dari sini saya baru menyadari bahwa menu-menu pada tombol action seperti pengaturan kecerahan layar, volume, playback dan lain-lain adalah tombol utama, sedangkan untuk mengaktifkan fungsi F1-F12 saya harus menekan dan menahan tombol Fn terlebih dahulu.

Membalik Tombol Fungsi Laptop HP
Posisi tombol fungsi keyboard laptop HP
Keterangan :
  1. Tombol fungsi F1-F12
  2. Tombol Fn
Setelah sesaat browsing mencari info akhirnya saya menemukan cara untuk mengganti atau membalik tombol fungsi pada laptop HP, pada kasus ini saya mencobanya pada laptop HP Pavilion x360 13. Ternyata fasilitas ini sudah ada di BIOS, kita bisa mengaturnya sesuai keinginan.

Baca juga: Kegunaan Tombol Fungsi F1-F12 Keyboard pada Windows

Cara menonaktifkan atau mengaktifkan tombol fungsi Fn di BIOS
Untuk membalik tombol fungsi (Fn) di BIOS, ikuti langkah-langkah berikut:
  • Nyalakan laptop dengan menekan tombol power.
  • Saat booting langsung tekan tombol F10 untuk membuka pengaturan BIOS.
  • Tekan tombol panah kanan atau kiri untuk menuju ke pilihan System Configuration.
  • Tekan tombol panah bawah untuk menuju ke pilihan Action Keys Mode, biasanya secara default akan terpilih Enabled. Lalu tekan tombol Enter untuk menampilkan pilihan menu aktif/non-aktif.

Membalik Tombol Fungsi Laptop HP
Pengaturan BIOS untuk Membalik Tombol Fungsi Laptop HP

  • Ganti pilihan tersebut menjadi Disabled sehingga kita tidak perlu lagi harus menekan tombol Fn untuk menggunakan fungsi F1-F12.
  • Tekan tombol F10 untuk menyimpan pengaturan BIOS dan komputer akan restart.

Setelah masuk sistem operasi Windows tombol fungsi F1-F12 akan berfungsi seperti keyboard lainnya, kita tidak perlu lagi menekan tombol Fn untuk mengaktifkan F1-F12, tapi sebaliknya untuk menggunakan tombol action (pengaturan volume, kecerahan, airplane, dll) kita harus menekan tombol Fn terlebih dahulu.

1 Komentar untuk "Membalik Tombol Fungsi Laptop HP"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel