Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menambah Bookmark Pada File PDF

Bookmark, biasa disebut dengan navigasi merupakan link yang dapat menuju ke titik tertentu. Dalam istilah internet, bookmark merupakan link ke suatu halaman website, sedangkan yang akan kita bahas kali ini adalah bookmark dalam file PDF (Portable Data Format). Seperti yang kita ketahui dokumen PDF merupakan dokumen yang dapat dibuka hampir di semua sistem operasi, portable dan tidak mengubah format ketika dibuka di berbagai perangkat.

Bookmark sangat bermanfaat jika Anda memiliki banyak halaman dalam satu dokumen. Oleh karena itu, bookmark dapat berfungsi sebagai daftar isi dokumen. Kali ini kita akan belajar membuat sebuah dokumen dan akan menambahkan bookmark.

Pertama, kita buat dokumen menggunakan Microsoft Word.
Menambah Bookmark Pada File PDF

Dalam contoh di atas saya membuat beberapa halaman dan dilengkapi dengan judul tiap bab agar nanti hasil bookmark yang kita buat bisa lebih jelas. Anda juga dapat melengkapinya dengan nomor halaman, header atau footer sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah selesai, kita simpan dengan format .pdf.
Menambah Bookmark Pada File PDF

Setelah itu, buka file pdf tersebut menggunakan PDF viewer yang ada di komputer Anda, dalam kasus ini saya menggunakan Foxit Reader. Perhatikan bagian kiri dokumen, terdapat menu Add bookmark dan Remove Bookmark.
Menambah Bookmark Pada File PDF

Untuk membuatnya, pertama kita arahkan view pada halaman pertama, yaitu judul, kemudian klik Add bookmark dan beri nama Judul > Enter. Lakukan hal yang sama untuk BAB I hingga BAB IV sehingga dokumen akan tampak seperti gambar berikut ini:
Menambah Bookmark Pada File PDF

Kemudian, kita akan membuat bookmark untuk sub bab, seperti yang dapat Anda lihat dalam contoh BAB I memiliki sub bab dari A sampai D, begitu juga BAB II, III dan BAB IV. Untuk membuatnya, arahkan view di BAB I bagian A, klik Add bookmark dan beri nama BAB I bagian A, buat juga untuk BAB I bagian B, bagian C dan bagian D. Hasilnya seperti gambar berikut:
Menambah Bookmark Pada File PDF

Karena A, B, C dan D merupakan sub bab yang masih bagian dari BAB I, maka kita dapat memindahkannya ke BAB I dengan cara drag bagian A, B, C dan D ke BAB I. Sehingga hasilnya seperti gambar di bawah ini:
Menambah Bookmark Pada File PDF

Lakukan hal yang sama untuk bab yang lainnya. Sehingga semua BAB terisi. Jika Anda klik salah satu bookmark, maka akan langsung menuju ke bagian yang sesuai. Hal ini akan sangat memudahkan kita jika kita memiliki puluhan atau bahkan ratusan halaman. Dengan demikian, kita tidak akan kesulitan lagi untuk melakukan pencarian dalam dokumen karena setiap bagian sudah terstruktur dengan baik.
Menambah Bookmark Pada File PDF

Untuk hasil akhir dari file tutorial ini berbentuk file pdf yang dapat Anda lihat di bawah ini:

Ari
Ari blogger, IT technician

2 komentar untuk "Menambah Bookmark Pada File PDF"

  1. apakah bookmark dapat di link kan ke file audio ?

    sehingga tombol yang ada pada file pdf yang di putar pada macbook dapat ,muncul suaranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown, Bisa saja menambahkan audio video ke file PDF. Sejauh yang saya tahu penambahan audio/video bisa menggunakan Adobe Reader minimal versi 9, dengan cara:
      Buka panel Tools > Content > Multimedia > Pilih jenis file yang ingin dimasukkan (Video, Sound, Adobe Flash, 3D).
      Perlu diperhatikan bahwa file video akan otomatis di-convert menjadi FLV ketika dimasukkan dalam PDF, jadi lebih baik gunakan file yang sudah format FLV atau convert dulu secara manual ke FLV sebelum dimasukkan ke PDF.

      Hapus