Tips Khusus Untuk Menghemat Baterai iPhone

Saat-saat yang paling tidak menyenangkan adalah ketika kita kehabisan daya baterai iPhone di saat benar-benar membutuhkannya. Meskipun kapasistas baterai smartphone saat ini sudah semakin besar, tidak ada salahnya kita melakukan langkah-langkah untuk menghemat baterai iPhone kita.

Menghemat baterai berarti bahwa kita perlu mengatur penggunaan iPhone sesuai kebutuhan, hindari menonton video atau bermain game yang menghabiskan daya, mengirim pesan teks daripada melakukan panggilan suara, dll. Di sisi lain, ada beberapa cara yang telah disediakan di sistem iPhone yang dapat kita atur agar baterai tidak cepat habis. Banyak yang membahas bagaimana cara menghemat baterai handphone Android, tapi jarang yang membahas tentang bagaimana kita bisa menghemat baterai di iPhone.

Tips Khusus Untuk Menghemat Baterai iPhone
Tips Khusus Untuk Menghemat Baterai iPhone

Menggunakan Low Power Mode

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan Low Power Mode atau mode daya rendah. Cara termudah untuk mengaktifkannya adalah dengan menggeser ke bawah dari sisi kanan atas iPhone dan kemudian pilih icon Baterai. Cara ini akan sedikit meredupkan layar, membatasi proses latar belakang, sedikit memperlambat prosesor dan memangkas energi yang dikonsumsi oleh perangkat dalam penggunaan normal. Mode ini sangat berguna terutama ketika baterai benar-benar hampir habis. Anda juga dapat mengaktifkan Low Power Mode di Settings > Battery > Low Power Mode.

Dark Mode

Saat Anda menggunakan iPhone, fitur True Tone akan secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar untuk membuat warna tampak konsisten di tempat dengan kecerahan yang berbeda. Masalahnya, ini juga berarti tampilan akan lebih cerah ketika digunakan di tempat-tempat terang, seperti ketika di luar ruangan saat siang hari. Sisi buruknya, ketika tampilan semakin cerah berarti akan memakan lebih banyak daya. Itulah sebabnya gunakan Dark Mode atau Mode Gelap di iPhone yang membuat tampilan tidak terlalu cerah.

Pada Settings > Display & Brightness, kita dapat menonaktifkan Automatic appearance dan True Tone, kemudian mengatur tingkat kecerahan serendah mungkin untuk menghemat masa pakai baterai.

Matikan Wi-Fi dan Bluetooth

Memang cara ini tidak berlaku jika Anda menggunakan Wi-Fi atau Bluetooth untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu. Tetapi jika tidak, maka mematikan Wi-Fi dan bluetooth benar-benar akan mempengaruhi masa pakai baterai iPhone.

Matikan Halt Motion dan Dynamic Backgrounds

Pilihan Low Power Mode di atas seharusnya sudah menonaktifkan kedua fitur ini, tetapi untuk memastikannya kita bisa mematikan Halt Motion dan Dynamic Backgrounds melalui pilihan berikut ini:

Motion: Settings > Accessibility > Motion > Reduce Motion, dan aktifkan Reduce Motion.
Dynamic Backgrounds: Settings > Wallpaper > pilih salah satu gambar dan gunakan sebagai wallpaper statik dari bagian "Stills".

Matikan Layanan Lokasi

Banyak aplikasi yang perlu melacak lokasi agar bekerja dengan baik. Masalahnya, fitur GPS dan lokasi memerlukan daya yang tidak sedikit karena berhubungan dengan hardware. Jadi, matikan Location Services aplikasi yang sekiranya tidak perlu membutuhkan fitur tersebut. Buka Settings > Privacy > Location Services dan nonaktifkan pilihan.

Anda juga dapat menonaktifkan aktivitas sistem yang tidak diperlukan dengan cara buka Settings > Privacy > Location Services dan pilih System Services. Aktivitas seperti Location-Based Apple Ads, Popular Near Me dan iPhone Analytics tanpa mempengaruhi kinerja perangkat.

AirPlane Mode

Cara lain untuk menonaktifkan Wi-FI, Bluetooth dan koneksi seluler adalah dengan menggunakan AirPlane Mode.
Jika Anda ingin menggunakan salah satu fitur, Anda dapat mengaktifkannya satu per satu tapi tetap dalam mode AirPlane. Mungkin Anda ingin tetap mengaktifkan Wi-Fi, tetapi tidak perlu seluler atau Bluetooth, misalnya. Langsung saja masuk ke Control Center dan aktifkan kembali aktivitas jaringan yang Anda butuhkan atau biarkan semuanya mati untuk meningkatkan daya tahan baterai.

Matikan Siri

Ketika mengaktifkan Siri, walaupun tidak sengaja, sistem akan menggunakan sedikit energi untuk bangun, mendengarkan, dan kemudian terhubung ke server Siri untuk mendapat tanggapan. Salah satu cara untuk mencegahnya dengan menonaktifkan perintah "Hei Siri". Buka Settings > General > Siri dan nonaktifkan pilihan perintah "Hey Siri". Anda masih dapat mengaktifkan Siri dengan mengetuk tombol Home pada iPhone 8 dan sebelumnya atau Side pada iPhone X atau yang lebih baru.

Matikan iPhone Anda

Ini adalah senjata pamungkas untuk menghemat baterai iPhone Anda. Saat kita tidur adalah waktu yang panjang tanpa interaksi dengan perangkat, inilah waktu yang tepat untuk mematikan iPhone Anda. Kecuali Anda sedang menunggu panggilan atau kondisi darurat lainnya. Jangan lupa, iPhone menggunakan energi untuk mengaktifkan sistem kembali, jadi jika perangkat benar-benar dalam kondisi rendah daya mungkin tidak dapat dinyalakan setelah dimatikan.

Belum ada Komentar untuk "Tips Khusus Untuk Menghemat Baterai iPhone"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel