Obat Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Sedikit di luar topik, kali ini saya ingin sedikit berbagi mengenai kehamilan karena istri lagi hamil trimester tiga. Sebagai suami saya mulai banyak belajar segala sesuatu tentang kehamilan. Tidak ada salahnya saya berbagi informasi yang saya dapatkan.

Sakit saat hamil adalah hal yang sangat menyedihkan. Kondisi tubuh tentu melemah. Sedangkan saat hamil tidak sembarang obat dapat dikonsumsi. Karena apapun yang masuk pada seorang ibu hamil tentu kan berpengaruh pada janin yang dikandungnya.

Pentingnya DHA untuk ibu hamil dan janin diharapkan dapat menjaga kondisi ibu selama kehamilan dan menyusui. DHA dapat membantu mencegah kekurangan zat besi yang dapat menyebabkan anemia pada ibu hamil. Dengan mencegah terjadinya anemia maka hal buruk pada ibu hamil dapat dicegah. Misalnya saja perdarahan pasca persalinan.

Obat Yang Aman Untuk Ibu Hamil
Obat Yang Aman Untuk Ibu Hamil
Sedangkan jika ibu hamil mengalami beberapa keluhan ringan yang mengharuskan minum obat, pastikan dulu obat tersebut aman untuk janin yang dikandungnya. Meskipun keluhan yang dirasakan cukup ringan seperti alergi maupun pilek. Antialergi dan dekongestan yang dikonsumsi harus dipastikan aman untuk ibu dan janin.

Tak dapat dipungkiri saat ini banyak sekali obat-obatan yang dapat kita beli secara bebas tanpa resep dokter. Dengan demikian langkah selektif jauh lebih baik dilakukan untuk menghindari salah obat yang berakibat fatal pada kehamilannya.

Beberapa obat yang aman dikonsumsi ibu hamil dapat disesuaikan dengan keluhannya. Namun perlu diingat jika mengkonsumsi obat tersebut tidak boleh berlebihan. Jika berlebihan dikhawatirkan akan mengalami keracunan kehamilan.

Diantara beberapa obat yang dapat dikonsumsi ibu hamil adalah

  • Dekongestan untuk saat keluhan pilek
Dekongestan dapat dipilih saat ibu hamil mengeluh pilek. Pastikan obat yang dikonsumsi tidak membahayakan janin. Obat ibi biasa dipilih saat keluhan batuk maupun pilek dengan dahak yang sulit keluar.
Ada dua pilihan obat yang dapat dipilih yaitu oral atau spray. Untuk ibu hamil sebaiknya spray atau semprot. Karena obat semprot hanya berlaku di hidung yang tersumbat. Tujuan utama adalah untuk mengencerkan lendir yang menyumbat. Perlu diingat pemakaian jangan berlebihan.
  • Pereda demam dan sakit kepala
Paracetamol merupakan obat paling aman bagi ibu hamil dengan keluhan sakit kepala atau pusing. Seringkali ibu hamil mengeluh sakit kepala maupun demam. Jika terjadi keluhan ini maka paracetamol merupakan salah satu obat yang paling aman untuk dikonsumsi dan mengurangi keluhan tersebut.
  • Mengurangi peningkatan asam lambung.
Untuk mengurangi keluhan meningkatnya asam lambung obat yang paling aman adalah antasida. Obat ini aman dikonsumsi untuk ibu hamil dan janin. Jika mengalami keluhan peningkatan asam lambung makan antasida dapat dikonsumsi sebagai pertolongan paling aman.

Tiga obat tersebut merupakan obat yang aman untuk ibu hamil dan janin.

Belum ada Komentar untuk "Obat Yang Aman Untuk Ibu Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel