Fungsi Tersembunyi Address Bar Chrome

Fungsi Tersembunyi Address Bar Chrome
Address bar pada Google Chrome biasa Anda gunakan untuk mengetikkan alamat URL atau kata yang berhubungan dengan informasi yang Anda cari, seperti halnya pada browser lain seperti Firefox, Opera, Safari dan lainnya. Tapi sebenarnya dapat melakukan lebih banyak hal jika Anda tahu bagaimana menggunakannya. Sebelumnya kita telah membahas banyak hal tentang internet browser, tetapi address bar selalu menjadi bagian yang terabaikan. Anda dapat melakukan banyak hal dengan Address Bar Chrome yang biasa disebut dengan OmniBox.

Perhitungan Matematika dan Konversi Satuan
Fungsi Tersembunyi Address Bar Chrome
Fungsi Tersembunyi Address Bar Chrome
Apakah Anda selalu membuka kalkulator hanya untuk melakukan beberapa perhitungan matematika dasar? Ketik saja perhitungan atau persamaan yang ingin dihitung dalam omnibox Chrome dan akan langsung tampil jawabannya, tanpa perlu tekan Enter. Anda dapat melakukan hal yang sama dengan konversi unit dasar, seperti jarak, berat, suhu, dll. Yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan unit yang ingin dikonversi, ditambah dengan tanda sama dengan (=), kemudian diikuti dengan unit hasil konversi. Misalnya, ketik saja seperti 50 m = cm untuk mengubah jarak dari meter ke centimeter.

Mengubah Browser Chrome menjadi Notepad
Fungsi Tersembunyi Address Bar Chrome
Trik ini sebenarnya dpat bekerja di hampir semua browser modern, tapi tidak ada salahnya kita bahas di sini. Jika Anda ingin mencatat sesuatu seperti pada notepad kosong, cukup ketik ini ke address bar:
data:text/html, <html contenteditable>
Anda akan mendapatkan halaman kosong di mana Anda dapat mengetikkan teks dengan mudah. Untuk lebih memudahkan Anda dapat menambahkan bookmark untuk halaman ini.

Mencari Kata Kunci dengan Drag dan Drop
Jika Anda bukan penggemar Copy dan Paste atau Anda tidak terbiasa menggunakan klik kanan, Anda dapat mencari informasi melalui drag dan drop kata. Anda cukup blok kata yang ingin dicari kemudian menariknya ke address bar.

Cari pada Website Tertentu
Fungsi Tersembunyi Address Bar Chrome
Jika Anda sudah cukup lama menggunakan Google tentu akrab dengan sintaks operator "site:" untuk mencari pada website tertentu, misalnya: komputer site:yahoo.com, yang berarti Anda mencari informasi komputer hanya pada website yahoo.com. Tetapi Anda dapat melakukannya lebih mudah melalui omnibox, cukup ketik alamat situs web kemudian tekan tombol Tab. Kemudian masukkan kata yang ingin dicari.

Cari dalam Gmail atau Google Drive
Fungsi Tersembunyi Address Bar Chrome
Membuka aplikasi web tertentu seperti Gmail atau Google Drive untuk mencari sesuatu di dalamnya membutuhkan beberapa langkah klik. Tentu jauh lebih mudah jika mencari layanan tersebut dari address bar. Trik ini sebenarnya adalah improvisasi dari trik di atas. Untuk melakukannya, Anda akan perlu melakukan sedikit pengaturan.
Fungsi Tersembunyi Address Bar Chrome
  • Klik kanan address bar dan pilih Edit Search Engines..."
  • Tambahkan search engine baru dengan nama Google Drive
  • Isi kata kunci yang mudah diingat, msianya "Mail"
  • Pada bagian URL masukkan:
https://mail.google.com/mail/ca/u/0/#apps/%s
  • Anda dapat melakukan hal yang sama untuk Google Drive dengan URL:
http://drive.google.com/?hl=en&tab=bo#search/%s
Bila Anda ingin mencari sesuatu dalam akun Gmial atau Google Drive Anda, cukup ketik gmail.com atau docs.google.com dan tekan tombol Tab untuk memberikan perintah agar hanya mencari pada mail atau drive yang ditentukan sebelumnya. Anda dapat melakukan trik yang sama untuk menambahkan sebuah event pada Google Calendar.

Membuka Link di Posisi Tab Tertentu
Fungsi Tersembunyi Address Bar Chrome
Jika Anda sangat perhatian tentang di mana meletakkan tab tertentu, Anda dapat mengambil URL dari address bar atau link, kemudian drag dan drop ke lokasi tertentu dalam Tab Anda.

Address Bar sebagai File Explorer
Fungsi Tersembunyi Address Bar Chrome
Ada cara lain untuk melihat isi file dan folder yang tersimpan di komputer Anda selain menggunakan Fiel Explorer, yaitu dengan Chrome. Sebelumnya kita telah mempelajari cara membuat daftar isi file dan folder ke MS Excel, dan ini adalah slah satu langkahnya. Pada address bar Chrome cukup ketik salah satu drive yang ada, misalnya C:/. Anda juga dapat drag dan drop file apapun ke address bar untuk  membukanya di Chrome.

Membuka Email di Tab Baru

Apakah Anda ingin mengirimkan email tetapi tidak ingin benar-benar membuka seluruh email? Ketik saja mailto: di address bar dan akan membuka jendela penulisan email baru dalam berbagai email klien Anda.

Melihat Informasi Keamanan Situs yang Anda Kunjungi
Fungsi Tersembunyi Address Bar Chrome
Jika Anda pernah membuka situs yang sedikit mencurigakan dan ingin mendapatkan informasi lebih banyak, klik saja ikon halaman tepat di sebelah kiri URL di address bar. Di sini, Anda dapat melihat informasi cookie, javascript, pop-up, dan banyak lagi.

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Tersembunyi Address Bar Chrome"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel