Fitur-Fitur Tersembunyi dari VLC

Fitur-Fitur Tersembunyi dari VLC
VLC adalah salah satu media player favorit banyak orang, termasuk saya. VLC memang handal dibandingkan software gratis lainnya, tapi tetap saja ada kelemahan jika dibandingkan dengan media player berbayar. Biasanya kita hanya menggunakan VLC untuk memutar film atau video klip saja. Padahal, di dalamnya ada berbagai macam fitur yang Anda mungkin tidak tahu karena memang belum pernah menggunakannya. Saat artikel ini ditulis, versi VLC yang digunakan adalah VLC 2.1.5 "Twoflower" yang merupakan update terbaru dari VLC.

Download Video YouTube
Ada banyak cara untuk men-download video dari YouTube. Namun, Anda tidak perlu menambah program aplikasi lain jika sudah ada VLC, karena melalui VLC kita dapat langsung mendownload file video. VLC memungkinkan Anda dapat men-download video YouTube langsung dari interface desktop VLC. Berikut caranya:

  • Cari video di YouTube yang ingin di-download, copy URL dari address bar.
  • Buka VLC, klik menu Media > Open Network Stream.
  • Paste link YouTube di dalam kotak dan klik Play.
Fitur-Fitur Tersembunyi dari VLC
  • Klik menu Tools, pilih Codec Information.
  • Pada kotak Location: di bagian bawah, blok semua teks tersebut > Copy.
  • Kembali ke browser (Chrome / Firefox) Anda dan Paste link tersebut di address bar. Hal ini akan memaksa YouTube membuka file dari sumber langsung di server YouTube.
  • Ketika video sudah berjalan, klik kanan video pilih "Save video as...".
Fitur-Fitur Tersembunyi dari VLC
Anda juga dapat merekam klip dari video YouTube karena sudah melalui proses streaming di VLC dengan menekan tombol Record merah.
Fitur-Fitur Tersembunyi dari VLC
Hal ini sangat berguna jika Anda hanya ingin merekam sebagian video dari durasi yang panjang. Anda juga dapat mengambil sebagian video dari harddisk Anda dengan teknik yang sama.

Merekam Aktivitas Desktop
Di internet tersebar berbagai program aplikasi untuk merekam aktivitas desktop mulai dari yang gratis dan berkulitas rendah hingga yang sangat powerful dan mahal. VLC menduduki posisi keseimbangan di antara keduanya. Dalam pengujian, memang tidak cukup bagus untuk kualitas film. Namun, untuk menjelaskan langkah-langkah dalam aktivitas komputer atau memberikan petunjuk cepat tentang cara untuk mengerjakan tugas misalnya, VLC sudah lebih dari cukup. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Di bawah Media, klik "Open Capature Device".
  • Klik dropdown "Capture Mode" dan pilih "Desktop".
Fitur-Fitur Tersembunyi dari VLC
  • Ubah frame rate, 15 f/s mungkin sudah cukup untuk merekam desktop dengan kualitas standar, 30 f/s mungkin diperlukan untuk capture dengan lebih banyak gerakan cepat.
  • Klik panah dropdown di samping tombol "Play" dan pilih "Convert".
Fitur-Fitur Tersembunyi dari VLC
  • Pada bagian "Profile", pilih MP4. Pada langkah ini, Anda dapat mengklik ikon setting di sebelah kanan untuk mengubah pengaturan profil ini. Di sini Anda dapat memodifikasi banyak hal seperti ekstensi, resolusi, bitrate, dan masih banyak lagi. Untuk percobaan, gunakan saja pengaturan default.
  • Pada kotak "Destination file", pilih lokasi untuk menyimpan hasil file.
    Klik Start.
Setelah Anda klik Start, VLC akan melakukan streaming dari desktop Anda ke dalam media playernya. Biarkan berjalan saat Anda merekam aktivitas desktop Anda. Setelah selesai, Anda dapat mengklik tombil stop untuk mengakhiri rekaman.

Mengkonversi File Video
VLC juga memiliki video converter built in yang cukup baik. Jika Anda memiliki file yang perlu diubah dalam format yang berbeda untuk di-upload atau diputar pada perangkat tertentu, Anda tidak perlu men-download program aplikasi video converter untuk melakukannya. Berikut adalah cara untuk mengkonversi file video:
  • Klik menu Media, pilih "Convert/Save".
  • Tambahkan file yang akan dikonversi di bagian File Selection dengan klik tombol Add. Pada contoh ini saya menggunakan file mkv.
Fitur-Fitur Tersembunyi dari VLC
  • Klik "Convert / Save."
  • Pada bagian Profile, klik ikon Settings dan pilih ekstensi file yang diinginkan, sebagai contoh saya pilih MP4.
Fitur-Fitur Tersembunyi dari VLC
  • Pada bagian Destination File, klik Browse dan pilih lokasi untuk menyimpan file.
  • Klik Start.
File video yang dikonversi akan disimpan di lokasi target. VLC tentu tidak bisa menandingi kualitas video converter premium. Namun, untuk pekerjaan sederhana, VLC dapat menjadi satu-satunya video converter yang dapat digunakan dengan mudah dan sudah tertanam secara default.

Merekam Webcam
Webcam biasanya memiliki software bawaan untuk mengambil gambar/video, tapi beberapa merek tidak memilikinya. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika tidak memiliki softwarenya, karena VLC memiliki keunggulan lebih dalam hal ini. Anda tidak hanya dapat memilih beberapa jenis format rekaman, tapi Anda juga dapat melakukan pengaturan khusus sesuai keinginan Anda. Hal ini sangat bermanfaat untuk membuat video YouTube atau merekam pesan video untuk dikirim ke teman-teman atau kerabat. Berikut adalah cara untuk merekam video dari webcam:

  • Klik menu Media, klik "Open Capture Device".
Fitur-Fitur Tersembunyi dari VLC
  • Pada "Capture mode" pilih DirectShow.
  • Pada "Video device name" pilih perangkat webcam yang terpasang.
  • Pada "Audio device name" pilih perangkat mikrofon yang terpasang.
  • Klik "Advanced options". Masukkan nilai untuk "Video input frame rate" : 30 adalah aturan yang cukup baik untuk video, semakin tinggi nilai frame rate, semakin baik kualitas video. Klik Oke.
Sampai di sini, Anda memiliki dua pilihan. Anda dapat klik Play untuk memutar video langsung melalui VLC dan merekam segmen yang diperlukan dengan menekan tombol Record merah. Pilihan kedua, Anda dapat memilih "Convert/Save" dari dropdown dan pilih di mana Anda ingin menyimpan hasil file rekaman. Kedua metode ini memiliki keunggulan masing-masing. Langkah pertama memungkinkan Anda untuk melihat video atau mengambil klip dalam mode short bursts. Namun, metode ini memerlukan headphone, karena dapat menciptakan feedback loop.
Menggunakan "Convert/Save" menghindari masalah feedback loop, tetapi juga tidak memberikan banyak informasi tentang apa yang Anda rekam setelah selesai merekam. Anda dapat menghentikan perekaman dengan menekan tombol Stop, tapi tidak ada indikator bahwa Anda masih merekam pada saat itu.

Mendengarkan Radio Online dan Podcasts
Fitur-Fitur Tersembunyi dari VLC
Bagi Anda penggemar radio, Anda dapat mendengarkan radio online melalui VLC. Selain itu juga dapat digunakan sebagai manajer podcast. Menu ini tersedia di bagian sidebar kiri VLC.
Untuk podcast Anda perlu klik tanda + di sebelah kanan Podcasts dan memasukkan alamat URL. Untuk radio cukup klik Icecast Radio Directory dan tunggu update hingga muncul list radio yang dapat Anda dengarkan.

Belum ada Komentar untuk "Fitur-Fitur Tersembunyi dari VLC"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel