Program Aplikasi Database

Program Aplikasi Database
Program Aplikasi Database merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk manjemen basis data. Ada banyak perangkat lunak database yang dapat kita pilih, baik yang gratis atau yang berbayar. Setiap software database memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, serta tujuan dari pembuatan database itu sendiri. Saat ini, banyak program-program aplikasi baru yang dibuat, tapi tidak berarti program yang sudah lama ada menjadi tidk terpakai. Beberapa program database lama masih lebih powerful dan layak digunakan dibandingkan yang terbaru.


Masing-masing vendor sangat kompetitif dalam pembuatan program aplikasinya, dan sistem database dikemas dengan fitur-fitur andalan mereka, tidak ada sistem database yang sempurna. Tapi daftar berikut ini dapat menjadi pertimbangan Anda ketika memilih program aplikasi database.

Oracle
Program Aplikasi Database
Oracle lahir pada tahun 1979 sebagai sistem manajemen database relasional yang tersedia secara komersial pertama kali disebut dengan RDBMS (Relational Database Management System). Nama Oracle identik dengan sistem database enterprise, pengiriman data yang bisa diandalkan. Solusi database yang kuat dan kompleks merupakan fitur utama dari Oracle.

SQL Server
Program Aplikasi Database
Program aplikasi database yang diproduksi oleh salah satu produsen IT terkemuka, Microsoft. SQL Server membantu menaruhnya mengkoordinir data yang besar. Windows, sistem operasi desktop dari Microsoft ada di mana-mana, tetapi jika Anda menjalankan Microsoft Server, Anda tentunya memiliki SQL Server di dalamnya. SQL Server memiliki kelebihan dalam kemudahan penggunaan, ketersediaan dan integrasi dengan sistem operasi Windows menjadi pilihan yang mudah bagi perusahaan-perusahaan yang memilih produk Microsoft untuk perusahaan mereka.

DB2
Program Aplikasi Database
IBM memperkenalkan program pengolah database dengan nama DB2. DB2 berjalan pada Linux, UNIX, Windows dan mainframe. IBM meluncurkan sistem DB2 9.7 untuk bersaing dengan Oracle 11g. DB2 adalah aplikasi powerfull yang mampu menangani data dalam jumlah besar seperti pada perusahaan enterprise.

Sybase
Program Aplikasi Database
Sybase masih menjadi kekuatan utama di pasar enterprise setelah 25 tahun keberhasilan dan perbaikan pada produk Adaptive Server Enterprise. Meskipun pangsa pasarnya menyusut selama beberapa tahun, tapi kembali dengan posisi yang kuat dalam generasi pemrosesan transaksi. Sybase juga telah melirik pasar perangkat mobile.

MySQL
Program Aplikasi Database
MySQL dimulai sebagai sistem database untuk para developer tetapi saat ini tumbuh menjadi pesaing utama di dunia program aplikasi database enterprise. MySQL dimiliki Sun Microsystems mulai tahun 2008, MySQL saat ini menjadi bagian dari Oracle. Seiring berjalannya waktu, MySQL telah mampu mendukung situs komersial dari ratusan ribu dan sejumlah besar aplikasi enterprise internal.

PostgreSQL
Program Aplikasi Database
PostgreSQL, database open source yang pling terkemuka di dunia, banyak digunakan pada program-program yang menarik seperti aplikasi game online, otomatisasi data center dan masih banyak lagi. Bahkan juga menjadi dasar pengolahan data di Skype, Yahoo! dan MySpace. PostgreSQL merupakan aplikasi database yang patut dicoba karena memiliki banyak kelebihan.

Teradata
Program Aplikasi Database
Banyak orang yang belum pernah mendengar tentang Teradata. Jika Anda telah membangun sebuah data warehouse yang besar di perusahaan Anda, Anda mungkin menggunakannya. Pada awal akhir tahun 1970-an, Teradata menjadi dasar untuk pembuatan data warehouse pertama. Oleh karena itu, Teradata terkenal menjadi istilah data warehouse pada perusahaan.

Informix
Program Aplikasi Database
Produk IBM lain yang juga populer adalah Informix. IBM menawarkan beberapa versi Informix mulai dari Developer Edition yang terbatas, entry-level Express Edition, untuk pengolahan rendah pemeliharaan transaksi online (OLTP) Workgroup Edition, hingga program aplikasi kinerja tinggi OLTP Enterprise Edition. Informix sering dikaitkan dengan universitas dan perguruan tinggi, biaya yang rendah, pemeliharaan minimal dan keandalan yang tinggi.

Ingres
Program Aplikasi Database
Ingres adalah proyek open source induk dari PostgreSQL dan sistem database lain, dan masih beredar di pasaran. Ingres adalah pilihan untuk menurunkan total biaya kepemilikan pada sistem database perusahaan. Selain struktur harga yang menarik, Ingres menawarkan kemampuannya untuk memudahkan transisi Anda dari sistem database yang lebih mahal.

Amazon SimpleDB
Program Aplikasi Database
Mungkin Anda berpikir, database dan Amazon.com tampaknya jauh berbeda, tetapi sebenarnya tidak. Amazon SimpleDB menawarkan alternatif enterprise sederhana, fleksibel dan murah untuk sistem database tradisional. SimpleDB menawarkan sedikit maintenance, skalabilitas, kecepatan dan integrasi layanan Amazon.

Database memiliki peran penting dalam kinerja sebuah perusahaan. Oleh karena itu, kita harus menentukan program aplikasi databse yang cocok dengan skema perusahaan dan penggunaannya. Jika Anda memiliki daftar database lain, silahkan isi komentar di bawah. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Program Aplikasi Database"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel