Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Title Bars Windows 10 Menjadi Windows 7

Meskipun Windows 7 sudah ditutup oleh Microsoft sejak 14 Januari lalu, ternyata Windows 7 masih digunakan oleh jutaan komputer pada tahun 2020 ini. Bisa kita lihat di berbagai sekolah, instansi, perusahaan dan rumahan masih bertahan dengan Windows 7. Mereka enggan berganti ke Windows 10 karena perbedaan tampilan, cara kerja dan kebiasaan. Tahukah Anda kita bisa mengganti tampilan Title Bar Windows 10 seperti Windows 7?

Memang bisa dimengerti jika kita masih sangat menyukai tampilan yang ada di Windows 7, dan mungkin merasa canggung dengan tampilan desain di Windows 10. Meskipun tidak ada cara sederhana untuk beralih pada mode Windows 7, ada sejumlah hal yang bisa kita lakukan untuk membuat tampilan Windows 10 semirip mungkin dengan Windows 7. Kali ini kita akan mengganti Title Bars atau judul jendela pada Windows 10 menjadi seperti Windows 7. Kita bisa memanfaatkan software pihak ketiga atau menggunakan Settings bawaan untuk melakukannya.

Mengganti Title Bars Windows 10 menjadi Windows 7

Kita ingat bahwa Windows 7 memiliki warna title bar biru di jendela yang aktif. Title bar pada Windows 10 berwarna putih untuk warna title bar default, dan bagi saya sendiri sejujurnya terlalu  terang dan membosankan. Berikut ini cara mengubah warna title bar Windows 10:
  • Klik tombol Start.
  • Klik tombol Settings.
  • Klik pada Personalization.
  • Pada sisi sebelah kiri klik Color.
  • Pada sisi sebelah kanan pilih salah satu warna, sebagai contoh agar seperti Windows 7 saya pilih warna biru.

Cara Mengganti Title Bars Windows 10 Menjadi Windows 7
Cara Mengganti Title Bars Windows 10 Menjadi Windows 7
  • Pada bagian Show accent color on the following surface, aktifkan juga tanda centang pada Title bars and window borders.

Cara ini adalah cara termudah untuk mengganti title bars pada Windows 10 agar semirip mungkin dengan Windows 7. Title bars tidak akan berwarna putih terang lagi, tapi akan berganti menjadi biru.

Cara Mengganti Title Bars Windows 10 Menjadi Windows 7
Cara Mengganti Title Bars Windows 10 Menjadi Windows 7
Jika pada pilihan di atas kita tidak mengaktifkan tanda centang, maka title bars default akan memiliki warna sesuai theme, yaitu hitam jika kita gunakan theme dark, dan putih jika kita gunakan theme light. Metode di atas saya lakukan pada sistem operasi Windows 10 Pro versi 1909, mungkin sedikit berbeda pada versi Windows 10 yang lain.
Ari
Ari blogger, IT technician

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Title Bars Windows 10 Menjadi Windows 7"