Cara Melindungi Windows 7 Setelah Ditutup Microsoft

Sejak 14 Januari lalu, Microsoft tidak lagi mendukung Windows 7 dengan update keamanan. Dengan kata lain, Windows 7 sekarang sama seperti Windows XP, yaitu sistem operasi tanpa ada pembaruan dan perbaikan sama sekali, yang lama-kelamaan akan sangat rentan terhadap serangan virus dan hacker. Jika Anda saat ini masih menggunakannya, ada baiknya beralih ke sistem operasi lain. Atau paling tidak Anda harus tahu cara mempertahankan keamanan sistem di dalamnya.

Saat ini kita masih dapat mengupgrade Windows 7 ke Windows 10 secara gratis. Namun masalahnya tidak semua orang terbiasa menggunakan Windows 10, yang menyebabkan masih banyaknya yang bertahan di Windows 7. Oleh karena itu, melindungi sistem yang sudah ditinggalkan ini sangat perlu dilakukan demi keamanan.

Pengguna Bisnis Dapat Membayar Untuk Mendapatkan Update Keamanan

Untuk pengguna bisnis dan organisasi yang masih menggunakan Windows 7 sangat disarankan untuk membayar pembaruan keamanan yang masih diperpanjang. Opsi ini tidak tersedia untuk pengguna rumahan, dan harganya tergantung pada jenis Windows 7 Enterprise atau Windows 7 Professional.

Cara Melindungi Windows 7 Setelah Ditutup Microsoft
Cara Melindungi Windows 7 Setelah Ditutup Microsoft

Putus Koneksi PC Windows 7 Dari Jaringan

Bahkan jika Anda membutuhkan Windows 7 untuk tujuan tertentu, Anda tidak harus menggunakannya untuk semua. Misalnya, Anda memerlukan Windows 7 untuk software tertentu yang tidak didukung Windows 10. Tapi usahakan PC yang masih berisi Windows 7 terhubung ke internet.

Situs web berbahaya dan serangan berbasis jaringan lainnya bisa saja menemukan celah keamanan. Karena tidak ada lagi update keamanan, banyak pihak akhirnya mampu menerobos keamanan sistem. Jika tidak ada koneksi internet, akan meminimalisir bahaya ini.

Jika Anda hanya perlu menjalankan program atau software tertentu yang hanya berjalan di Windows 7, mungkin ada alternatif lain yang mungkin kita lakukan. Upgrade sistem ke Windows 10 dan gunakan aplikasi yang kita butuhkan melalui Windows 7 dalam mesin virtualisasi.

Gunakan Software Antivirus dan Keamanan

Install dan jalankan software antimalware yang masih mendukung Windows 7. Pastikan juga mendapatkan update secara rutin.

Microsoft juga tidak lagi memberikan dukungan untuk download Microsoft Security Essentials, meskipun masih tersedia untuk di situs web Microsoft. Namun, jika Anda sudah menginstal Microsoft Security Essentials, maka akan terus menerima update malware hingga tahun 2023.

Cara Melindungi Windows 7 Setelah Ditutup Microsoft
Tampilan Microsoft Security Essentials

Salah satu contoh antimalware yang bisa Anda coba adalah Malwarebytes. Versi gratis Malwarebytes memungkinkan pengguna melakukan scan manual untuk menghapus malware dan software sampah lainnya dari sistem, dan tentunya masih support Windows 7.

Gunakan Browser yang Aman

Jika Anda masih menggunakan Windows 7, Anda harus menghindari penggunaan Internet Explorer. Bahkan Microsoft sendiri telah merekomendasikan untuk pindah dari Internet Explorer ke browser yang lebih modern dan aman.

Google Chrome masih berjalan pada Windows 7 dan akan memberikan dukungan update keamanan hingga Juli 2021. Browser Edge baru Microsoft yang dibuat berdasarkan Chromium, juga mendukung Windows 7 dan didukung hingga Juli 2021. Mozilla Firefox masih berjalan di Windows 7 juga, namun tidak diketahui sampai kapan akan didukung oleh Windows 7.

Mengatur Keamankan Pengaturan Sistem Operasi

Jika Anda menggunakan Windows 7, Anda harus membuka Windows Update dan memastikan mendapatkan definisi terakhir yang dirilis Microsoft. Microsoft mungkin saja merilis update yang sangat penting untuk Windows 7 bahkan setelah dukungan berakhir, seperti yang terjadi pada Windows XP yang lalu.

Cara Melindungi Windows 7 Setelah Ditutup Microsoft
Tampilan Windows Update

Selain itu pastikan fitur keamanan penting seperti User Account Control dan Windows Firewall diaktifkan.

Hindari mengklik link aneh di email spam atau pesan aneh lainnya yang dikirimkan kepada Anda. Hindari mengunduh dan menjalankan file atau software yang tidak kita pahami.

Hapus atau Update Aplikasi yang Diinstal

Windows 7 dirilis sejak lama, jadi Anda tentunya memiliki beberapa aplikasi yang tidak perlu Anda instal. Lebih buruk lagi, mungkin sudah ketinggalan zaman.

Misalnya, versi lama plug-in browser seperti Java, Adobe Flash, Adobe Reader, dan QuickTime semuanya berpotensi rentan terhadap serangan. Buka daftar program yang diinstal di Control Panel dan hapus semua aplikasi yang tidak Anda gunakan. Pastikan semua aplikasi yang Anda gunakan juga telah diupdate ke versi terbaru yang tersedia.

Belum ada Komentar untuk "Cara Melindungi Windows 7 Setelah Ditutup Microsoft"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel