Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Cara Mempercepat Kinerja Laptop
Trik mempercepat kinerja laptop dan komputer - Ketika kita pertama kali membeli laptop pasti begitu terasa kinerjanya yang cepat. Jika kita sudah menggunakannya sekitar selama setengah tahun atau lebih, biasanya kita akan merasa bahwa kinerja laptop kita cenderung menurun, booting lambat, butuh waktu lama untuk menjalankan program-program aplikasi, dan lain sebagainya. Tapi ada cara untuk mengembalikan performa laptop kita dengan cara yang mudah.

Berikut beberapa cara mudah untuk mempercepat kinerja laptop kita agar kembali optimal:

Uninstall Program yang Tidak Diperlukan
Jika Anda memiliki banyak program yang berjalan secara background atau dikenal sebagai bloatware, dapat sangat memperlambat sistem laptop. Untuk melihat program apa saja yang terinstal pada sistem operasi Windows, kita dapat membuka Control Panel > Add or Remove Programs.
Cara Mempercepat Kinerja Laptop
Uninstall prpogram aplikasi untuk mempercepat kinerja laptop
Daftar program akan muncul, perhatikan apakah ada program yang tidak Anda gunakan atau tidak kita install, klik pada nama program tersebut dan pilih Uninstall. Hal ini berguna untuk mengurangi program-program yang tetap berjalan meskipun kita tidak menggunakannya.

Install Antivirus dan Antispyware
Antivirus dan antispyware merupakan jenis software yang berjalan secara background dengan fungsi untuk memonitor apakah ada aktivitas yang membahayakan sistem seperti virus yang merusak data-data penting dan spyware yang memengirimkan informasi sensitif kembali ke pembuatnya. Software keamanan seperti ini umumnya juga sedikit memakan sumber daya laptop karena terus-menerus aktif, tapi hal ini lebih baik daripada efek dari virus berbahaya yang menyerang laptop kita.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop
Antivirus untuk mencegah virus dan spyware

Hindari Menyimpan File-File Besar di Desktop
Jika Anda sering men-download banyak file dari internet atau sering membuat dokumen, kemungkinan besar kita akan menempatkannya di folder yang mudah dijangkau, yaitu Desktop. Jika desktop terlihat berantakan dengan banyak file dan folder, pindahkan file yang tidak begitu penting ke dalam folder terpisah terutama untuk file/folder berukuran besar. Hal ini berguna untuk mencegah laptop melakukan pemeriksaan setiap kali dinyalakan.

Menonaktifkan Windows Aero
Aero merupakan tema yang membuat tampilan lebih cantik (semi transparan) sehingga terlihat sangat halus. Jika spesifikasi laptop tidak dapat mengatasi semua efek grafis ini akan membuat laptop semakin lambat. Untuk hasil maksimal kita bisa menggunakan theme Windows Classic. Jika Anda ingin mempercepat kinerja laptop tapi tetap ingin tampilan yang menarik, cukup nonaktifkan transparansi, serta gunakan warna theme yang lebih gelap untuk menghemat daya baterai.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop
Mengatur Windows Aero untuk mempercepat kinerja laptop

Upgrade Memori RAM
Upgrade RAM adalah solusi jika Anda ingin performa yang lebih baik tanpa mengorbankan program aplikasi. Umumnya laptop standar memiliki RAM 2, 4 atau 8 GB. Ini adalah cara termudah untuk menambah kinerja laptop Anda. Hanya saja sesuaikan kapasitas RAM dengan jenis sistem operasi apakah 32 bit atau 64 bit.
Baca juga: Perbedaan Komputer 32-bit dengan 64-bit

Mengatur Paging File
Jika Anda tidak ingin meng-upgrade RAM, maka ada solusi lain untuk mempercepat kinerja laptop. Cara ini dapat mempercepat Laptop kita, tetapi menggunakan space hardisk, yang disebut dengan paging file atau virtual memory. Secara default ukuran paging file diatur secara otomatis oleh sistem. Kita dapat mengaturnya sendiri setidaknya 1 GB dari hardisk untuk paging file.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop
Mengatur paging file untuk mempercepat kinerja laptop

Memaksimalkan Core Prosesor
Cara ini berfungsi untuk membuat semua core prosesor (jika laptop Anda memiliki core lebih dari 1) bekerja ketika booting. Trik ini sudah saya bahas pada artikel Trik Mempercepat Kinerja Prosesor.

Selain itu, kita juga harus selalu mencegah agar laptop kita tidak sampai lemot. Kita bisa menggunakan program aplikasi sebagai cleaner atau pembersih karena memang semakin lama sistem windows akan menghasilkan banyak file yang menumpuk dan perlu dibersihkan. Pilih aplikasi pembersih yang direkomendasikan. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mempercepat Kinerja Laptop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel