Cara Menghapus Seluruh Data Perangkat Android

Cara Menghapus Seluruh Data Perangkat Android
Mungkin sudah saatnya Anda membeli perangkat Android baru dan ingin menjual yang lama. Kita pasti tidak ingin ada orang lain yang memiliki data yang ada di perangkat kita, jadi kita harus menghapus semua data yang ada. Tapi tahukah Anda bahwa fitur penghapus data standar yang tersedia biasanya tidak cukup untuk menghilangkan semua data pribadi Anda secara permanen.
Sebuah studi dari sebuah vendor software security telah menyatakan bahwa fitur "factory reset" yaitu mengembalikan kondisi perangkat ke kondisi awal/pabrik yang tersedia dalam sistem operasi Android tidak begitu efektif untuk memusnahkan data pribadi Anda. Dengan tool-tool khusus, seseorang dapat mengembalikan (recovery) data-data yang sudah dihapus pengguna sebelumnya seperti foto, kontak, email, pesan dan lainnya.
Oleh karena itu kita perlu langkah-langkah yang lebih untuk benar-benar menghapus data yang ada di perangkat kita. Berikut langakh-langkahnya:

1. Enkripsi
Proses enkripsi akan mengacak data pada perangkat Anda. Jika proses enkripsi ini tidak sepenuhnya mampu menghapus semua data, maka kita dapat memasukkan password khusus yang akan diminta jika akan dilakukan proses deskripsi.
Cara Menghapus Seluruh Data Perangkat Android

Untuk mengenkripsi perangkat perangkat Android, masuk ke menu Settings > Security > Encryption. Menu ini mungkin berbeda sesuai dengan merk smartphone/tablet Anda.

2. Factory Reset
Cara Menghapus Seluruh Data Perangkat Android

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan factory reset agar perangkat kembali ke kondisi seperti ketika baru dibeli. Pada menu Settings > Backup & Reset > pilih Factory data reset. Proses ini akan menghapus semua data pada ponsel Anda, jadi Anda harus mengamankan data apa pun yang tidak ingin Anda hapus.

3. Isikan Data Dummy/Palsu
Kedua langkah di atas mungkin sudah cukup untuk menghapus data standar, tapi ada langkah tambahan yang dapat Anda lakukan untuk memperkuat lapisan perlindungan ketika menghapus data pribadi Anda. Setelah kedua proses di atas kondisi perangkat Anda sekarang sudah kosong, sekarang masukkan beberapa foto/gambar, kontak dan file audio/video palsu yang tidak berhubungan dengan Anda. Data-data palsu ini akan mengisi tempat dimana data-data pribadi Anda tersimpan.

4. Factory Reset lagi
Setelah data-data palsu sudah masuk selanjutnya Anda harus melakukan proses Factory data reset lagi, sehingga menghapus konten dummy yang Anda masukkan. Hal ini akan mempersulit orang yang ingin mengembalikan data-data pribadi yang terhapus karena berada di bawah konten dummy. Langkah ini dapat Anda lakukan lebih dari sekali hingga Anda yakin data asli sudah aman.

Sampai di sini Anda sudah melakukan langkah maksimum untuk menghapus seluruh data perangkat Android dan siap untuk membuang atau menjualnya tanpa khawatir data Anda masih berada di dalamnya. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghapus Seluruh Data Perangkat Android"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel