Cara Mengetahui Kerusakan Keyboard Laptop

Cara Mengetahui Kerusakan Keyboard Laptop
Ketika sibuk mengerjakan tugas di laptop, tiba-tiba ada salah satu tombol keyboard yang tidak berfungsi, atau malah sebagian tombol tidak dapat digunakan. Inilah kerusakan yang umum terjadi pada keyboard laptop, yang paling parah adalah ketika semua tombol tidak merespon ketika ditekan.
Pada dasarnya ada beberapa cara mengetahui sebab kerusakan pada keyboard, antara lain tombol tidak berfungsi meskipun ditekan, tombol menekan secara terus-menerus, dan jika semua tombol tidak berfungsi ada kemungkinan rusaknya jalur yang menuju ke motherboard.
Dari deteksi di atas, berikut beberapa langkah sederhana yang dapat kita lakukan untuk memperbaikinya:

Membersihkan dari kotoran
Pegang laptop Anda pada posisi terbaik, sehingga keyboard menghadap ke bawah. Kemudian goyang perlahan sehingga kotoran dan debu yang menempel di balik tombol keluar dan terjatuh. Anda dapat menggunakan kuas kecil atau vacuum khusus keyboard untuk menjangkau kotoran yang sulit dihilangkan. Tapi jika kotoran tersebut berupa cairan seperti kopi, jus, teh atau semacamnya, biasanya Anda harus membuka tombol yang terkena cairan tersebut dan mengeringkannya. Secara umum, tombol keyboard dapat dilepas dengan menarik tombol ke atas, terdapat dua pengunci di tiap sisinya. Kejadian seperti ini dapat membuat jalur keyboard mengalami konsleting, sehingga seolah-olah tombol tersebut menekan terus-menerus. Kerusakan ini juga ditandai dengan terdengarnya bunyi beep terus-menerus ketika laptop pertama kali dinyalakan.

Restart laptop
Sangat sering terjadi ketika menggunakan laptop salah satu tombol tiba-tiba tidak berfungsi. Banyak pengguna Sistem Operasi Windows, khususnya ketika membuka browser dan ingin menghentikan loading halaman web dengan tombol Esc, tapi tombol Esc tersebut tidak berfungsi. Tapi ketika ditekan tombol Ctrl+Esc semua berjalan lancar dan muncul menu Windows.
Cara Mengetahui Kerusakan Keyboard Laptop
Sebagian besar orang beranggapan hal ini disebabkan adanya software/program yang telah mengubah registry, yang lain menganggap ini memang kelemahan sistem operasi Windows. Anomali ini dapat diatasi dengan me-restart atau full shutdown laptop Anda.

Reinstall driver
Permasalahan pada driver keyboard sering muncul jika Anda sering menginstall banyak software atau selalu mematikan komputer melalui tombol power tanpa proses shutdown.
Cara Mengetahui Kerusakan Keyboard Laptop
Anda akan melihat di Device Manager bahwa keyboard tidak terdeteksi, ditandai tanda tanya atau tanda seru yang menandakan tidak adanya driver untuk keyboard laptop Anda. solusinya adalah mencari driver sesuai dengan merek laptop Anda.

Koneksi keyboard ke motherboard
Kerusakan ini ditandai dengan tidak berfungsinya semua tombol. Kerusakan ini dapat diperbaiki dengan mengangkat seluruh bagian keyboard dari laptop. Kemudian periksa kabel data yang menghubungkan keyboard ke motherboard dan pastikan kabel tersebut terkunci di tempatnya dengan benar.

Keyboard external
Jika Anda sudah mencoba langkah-langkah di atas tapi tidak berhasil, pada waktu yang sama pekerjaan Anda belum selesai, inilah saatnya mencoba menggunakan keyboard external yang dapat dihubungkan melalui USB. Memang tidak sedap dipandang mata, tapi Anda dapat menyelesaikan semua pekerjaan sebelum mencari solusi kerusakan keyboard Anda. Saat ini sudah banyak model keyboard external, bahkan yang dapat dilipat sehingga lebih praktis.
Cara Mengetahui Kerusakan Keyboard Laptop

Keyboard cacat
Pada kasus tertentu, ada bagian laptop yang memang sudah rusak dan tidak normal ketika diproduksi. Jika Anda merasa keyboard Anda tidak bekerja semestinya, ada kemungkinan terdapat cacat bawaan ketika proses produksi. Cara termudah adalah membawanya ke service center untuk diganti. Tapi ingat untuk selalu melakukan back up seluruh data yang ada karena inilah bagian terpenting dari laptop Anda.

Kerusakan pada keyboard laptop bukan berarti harus mengganti seluruh bagian keyboard. Jika Anda melakukan langkah-langkah di atas, Anda akan menemukan titik kerusakannya dan dengan mudah memperbaikinya.

24 Komentar untuk "Cara Mengetahui Kerusakan Keyboard Laptop"

  1. haduh tombol delete sy rusak, gmn ya cara memperbaikinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dibuka dulu tombol yang rusak dengan cara ditarik ke atas dan posisi agak miring, tiap merek beda-beda jadi coba dilihat dulu penguncinya ada di bagian mana. Setelah terbuka coba lihat lapisan karet dan coba tarik-tarik biar bersih dan tidak ada kotoran yang menempel. Coba nyalakan laptop/komputernya dan coba tekan-tekan. Sampai di sini harusnya sudah bisa, kalau tetap tidak bisa kemungkinan besar ada jalur dalam keyboard yang putus. Jika agan berpengalaman bongkar-pasang alat elektronik tidak ada salahnya coba dibongkar.

      Hapus
  2. Kalau mengatasi battery yg bertanda silang/ gk nyala kalau tanpa di colok, gimana? Mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. baterainya rusak gan, waktunya ganti yang baru. tapi kalau agan terbiasa bongkar-pasang peralatan elektronik, agan bisa coba buka baterainya, ntar di dalamnya ada beberapa baterai kecil seukuran AA. kalau kasusnya laptop tidak bisa tanpa dicolok, kemungkinan besar koneksi antar baterai di dalamnya yang bermasalah, karena jika baterainya yang aus harusnya masih bisa di-charge meskipun hanya bisa tahan sebentar. Kalau aus agan bisa ganti baterai kecil2 itu dengan baterai rechargeable, bisa dibeli di toko elektronik.

      Hapus
  3. Mau nanya. Keyboard laptop saya jika dipencet huruf M, yang jeluar angka 0. Dan dipencet K, keluar angka juga. Solusinya gmana ya? Mohon bantuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laptop agan Num Lock-nya nyala, biasanya ada kombinasi untuk menyalakan atau mematikannya, umumnya pake tombol Fn + NumLk (tombol NumLk ada di deretan tombol atas), tergantung merek laptopnya

      Hapus
  4. terima kasih informasinya sobat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama gan, semoga bermanfaat ya,.

      Hapus
  5. kalo keyboard ane perlu ditekan agak dalam baru bisa keluar tulisannya itu gimana ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu tombolnya rusak gan, coba tombol yang error dibuka biasanya ada bagian yang nyangkut

      Hapus
  6. pak.space.dan.huruf.jet.sayatidak.berfungsi.bagaimana.cara.membenarkannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalahnya sama seperti agan2 lain di atas.,tombolnya yang rusak. bisa coba dibongkar atau kalau mau lebih gampang ya beli keyboard baru

      Hapus
  7. semua tombol tidak berfungsi. keneksi ke mainbord ya masta. sudah saya cek dan pasang dengan baik, tp masih tidak fungsi. solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ja diganti sama keyboard baru gan,.kalau bisa berarti bagian dalam keyboardnya yang rusak,.kalau tetep tidak bisa berarti yang di mainboard.,

      Hapus
  8. keyboard laptop tiba-tiba tidak berfungsi semuanya, tapi setelah restart/sleep keyboard kembali berfungsi, gimana cara memperbaikinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya itu masalah sistemnya, coba sistem operasinya di-repair.

      Hapus
  9. tombol Esc, F2, F5, dan 0 tidak berfungsi. bagaimana cara memperbaikinya?
    mohon solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibuka aja gan tombolnya, coba dibersihkan atau ditarik2 permukaan karetnya, bisa jadi karena tersumbat kotoran

      Hapus
  10. Tombol enter tidak berfungsi. Sudah dibersihin tapi tetep ga ngaruh. Mohon info

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kalau sudah parah nggak bisa diperbaiki gan, biasanya karena ada jalur yang putus di dalamnya, mungkin waktunya ganti keyboard baru.

      Hapus
  11. kalau tombol arah yang rusak bagaimana cara memperbaikinya?

    BalasHapus
  12. Sri Devi, tombol yang tidak berfungsi dibuka dulu kemudian dibersihkan. coba tarik2 bagian tengah tombol dan pastikan tidak tersangkut.

    BalasHapus
  13. Mau tanya gan tombol esc f1f2f3 sampe f12 ane ga bisa dipencet. rusak software/hardware kah? minta sarannya saya harus apa gan. thx

    BalasHapus
  14. Eko Noviariyono, biasanya jika tombol keyboard tidak berfungsi dalam satu baris (Esc sampai F12) berarti ada satu jalur di dalam keyboard yang putus, kemungkinan lain setting keyboard di bios karena beberapa merk laptop perlu menekan tombol Fn untuk mengaktifkan tombol-tombol fungsi.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel