Mengatasi Spam Facebook Comment dan Tag

Mengatasi Spam Facebook Comment dan Tag
Apakah Anda tahu apa itu Facebook? Mungkin ini pertanyaan yang tidak berguna karena saat ini hampir semua orang pasti mengetahui apa itu Facebook. Tapi bukan berarti semua orang memahami seluk-beluk dan bagaimana Facebook bekerja. Banyak orang awam yang memiliki akun Facebook tanpa memiliki pengetahuan yang cukup tentang keamanan di dunia internet. Inilah celah yang dimanfaatkan oleh para hacker, cracker, spammer dan penjahat dunia maya lainnya.

Saat ini banyak menjadi perbincangan mengenai salah satu fitur Facebook yaitu Tag yang sudah diluncurkan beberapa waktu lalu. Fitur ini sangat berguna untuk menandai teman-teman kita pada status yang berhubungan dengan mereka, sesuatu yang ingin Anda bagi, misalkan foto atau video. Tapi seiring berjalannya waktu, fitur ini disalahgunakan oleh para spammer untuk menjadi ajang promosi.
Mengatasi Spam Facebook Comment dan Tag
Bahkan beberapa hari yang lalu saya mendapatkan tag foto yang saya yakin ini adalah ulah para spammer dengan modus baru. Orang awam kemungkinan besar tidak mengetahui bahwa ini spam, tapi ada perbedaan yang jelas diantara keduanya. Spam biasanya berisi status atau foto yang menarik untuk diklik. Sekali saja kita klik link spam tersebut, maka akan secara otomatis kita akan memposting status atau foto yang sama dan menandai teman-teman kita. Inilah sebab utama mengapa virus spam seperti ini berkembang sangat pesat.

Ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk mencegah spam tag. Facebook menyediakan pilihan yang dinamakan Tag Review yang berguna untuk menyaring orang-orang yang menandai Anda pada status atau foto sebelum Anda menyetujuinya. Jadi, tag tersebut tidak akan bekerja jika Anda tidak menyetujuinya. Untuk mengakses fitur ini, buka menu settings, pilih Timeline and Tagging.
Mengatasi Spam Facebook Comment dan Tag

Mengatasi Spam Facebook Comment dan Tag
Aktifkan pilihan tagging dengan mengubahnya menjadi Enabled. Trik ini hanya berguna untuk me-review kembali tag yang tidak diinginkan.
Untuk menghapus tag yang sudah terlanjur, Anda dapat menghapusnya dari menu Activity Log. Pilih menu "Posts You're Tagged In", edit post yang menandai Anda dan pilih "Hidden from Timeline".
Mengatasi Spam Facebook Comment dan Tag

Mengatasi Spam Facebook Comment dan Tag

Semoga bermanfaat.

4 Komentar untuk "Mengatasi Spam Facebook Comment dan Tag"

  1. Nice, mkasih info nya,, sangaaaaaaaaaat membantu, krna fb sy byk spam nya,, hehe.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama-sama gan, akhir2 ini spamnya makin parah aja.

      Hapus
  2. Thankss bangett caranya yaa ^^
    mudah dipahami dan diikuti langkahnya ^^
    Fb aku jd gak penuh notif nih skrg :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama sis, lain kali kita harus lebih hati2 karena spam model baru pasti ada lagi.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel