Pengertian Port Number

Sebuah port number merupakan cara untuk mengidentifikasi suatu proses tertentu yang memberi alamat kepada Internet atau pesan jaringan lainnya untuk diteruskan ke alamat yang benar ketika tiba di server. Untuk Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP), nomor port adalah bilangan bulat 16-bit yang dimasukkan ke dalam header yang ditambahkan ke unit pesan. Nomor port ini akan diteruskan secara logis antara klien dan transport layer server dan fisik antara lapisan transport dan lapisan Internet Protocol.

Misalnya, permintaan dari klien (mungkin atas nama Anda pada PC Anda) ke server di Internet yang dapat meminta file melalui File Transfer Protocol (FTP) agar diproses oleh server. Untuk memenuhi permintaan Anda melalui proses FTP dari remote server, Transmission Control Protocol (TCP) perangkat lunak yang bertugas mengatur port komputer Anda agar melalui port nomor 21 (yang oleh konvensi terkait dengan permintaan FTP) di dengan 16-bit bilangan bulat yang ditambahkan ke permintaan Anda. Pada server, lapisan TCP akan membaca nomor port 21 dan memproses permintaan Anda untuk memulai program FTP di server.


Beberapa layanan atau proses konvensional telah ditetapkan nomor port permanen. Ini dikenal sebagai well-known port number. Dalam kasus lain, port number ditugaskan untuk sementara (selama permintaan dan setelah selesai proses) dari berbagai nomor port yang digunakan. Ini disebut ephemeral port number (nomor port singkat).

Pengertian Port Number

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Port Number"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel