Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Penyebab Komputer Mulai Lambat Dan Cara Mempercepatnya

Jika diperhatikan, performa komputer atau laptop yang sudah beberapa waktu kita gunakan tidak sama saat seperti pertama kali kita menggunakannya. Biasanya, seiring berjalannya waktu komputer akan mulai bekerja lemot, butuh waktu lebih lama untuk memproses sesuatu. Ada beberapa penyebab komputer mulai lambat yang akan kita bahas dalam artikel ini, disertai juga dengan bagaimana cara mempercepat komputer lemot.

Sebenarnya, masalah seperti ini sangat normal dan sering terjadi. Setelah pemakaian, memang normal jika komputer atau laptop bisa saja bekerja lambat dan lama. Kecuali jika Anda bekerja di komputer baru. Penurunan performa ini adalah efek dari aktivitas normal yang Anda lakukan di komputer, seperti menjalankan program, menjelajahi Internet, dan proses baca-tulis hard drive.

Berikut ini kami adalah penyebab paling umum yang menjadikan komputer Anda semakin lambat, beserta dengan cara memperbaiki masalah tersebut.

Terlalu banyak program atau tab browser yang terbuka

Di era digital saat ini, memungkinkan kita untuk melakukan berbagai tugas sekaligus. Tetapi pada titik tertentu, memori dan kecepatan prosesor komputer Anda tidak akan memungkinkan peralihan tanpa jeda dari satu program aktif ke program lainnya. Tidak jarang kita membiarkan beberapa tab browser tetap terbuka untuk referensi di masa mendatang. Jika salah satu dari tab tersebut diperbarui secara otomatis, seperti situs berita dan streaming langsung atau terus mengunduh dan memutar iklan, Anda akan merasakan perbedaan performa yang serius. Selain itu, aplikasi musik atau video yang terhubung ke Internet dapat menyimpan cache data yang besar yang juga akan memperlambat perangkat.

Inilah Penyebab Komputer Mulai Lambat Dan Cara Mempercepatnya
 Inilah Penyebab Komputer Mulai Lambat Dan Cara Mempercepatnya
Cara memperbaikinya:
Matikan atau tutup program apa pun yang tidak digunakan secara aktif, dan tetap gunakan hanya satu jendela browser jika memungkinkan. Jika ingin menyimpan banyak tab atau link untuk dibaca nanti, cukup gunakan fitur Bookmark yang praktis dan sudah ada di berbagai browser seperti Microsoft Edge, Firefox, Safari, atau Chrome.

Hardisk atau memori terlalu penuh

Komponen hardisk dan memori perangkat harus bekerja keras bahkan jauh sebelum bekerja 100%. Bahkan pada kapasitas 85% saja, efisiensi dan produktivitas komputer Anda dapat menurun drastis. Program, update aplikasi, download internet, dan file temporary adalah penyebab utama yang memenuhi hardiskdan ruang memori. Terutama untuk pengguna yang bekerja dengan program-program desain grafis, arsitektur, dan teknik.

Cara memperbaikinya:
Mulai dengan langkah sederhana seperti mengosongkan file-file sampah komputer Anda, bisa dilihat di artikel Cara Membersihkan File Sampah di Windows. Kemudian pertimbangkan untuk memindahkan file besar ke cloud, atau hapus file yang tidak digunakan. Anda juga bisa melakukan upgrade RAM atau hardisk yang kapasitas yang lebih besar.

Pembaruan perangkat lunak yang membebani perangkat

Hal ini terkait dengan poin sebelumnya, tetapi membutuhkan pengulangan dan eksplorasi ekstra. Banyak program dan aplikasi, terutama aplikasi bawaan perangkat yang sudah diinstal sebelumnya memiliki pengaturan update otomatis yang diaktifkan, sehingga dapat menghabiskan ruang hardisk dan mengganggu fungsi normal saat update otomatis sedang berjalan.

Cara memperbaikinya:
Anda perlu melakukan pemantauan dan pemeriksaan setting komputer. Matikan layanan dan update yang tidak diperlukan, seperti layanan lokasi. Biarkan layanan penting seperti security dan antivirus tetap berjalan. Anda juga perlu memeriksa masing-masing program aplikasi agar tidak melakukan update secara otomatis, kecuali untuk program yang memang harus diperbarui secara berkala.

Terlalu banyak aplikasi startup

Aplikasi startup terbuka secara otomatis saat komputer dinyalakan. Mirip dengan beberapa aplikasi yang secara default melakukan update tanpa peringatan. Banyak program yang tanpa kita ketahui akan dijalankan secara otomatis saat startup. Ini bisa menjadi hambatan besar pada kecepatan prosesor komputer Anda, baik saat pertama kali menyalakannya di pagi hari dan sepanjang hari jika Anda tidak menyadari bahwa program ini sedang berjalan secara background.

Inilah Penyebab Komputer Mulai Lambat Dan Cara Mempercepatnya
 Inilah Penyebab Komputer Mulai Lambat Dan Cara Mempercepatnya
Cara memperbaikinya:
Buka pengaturan startup komputer Anda dan non-aktifkan program-program yang sekiranya tidak harus digunakan ketika komputer pertama kali dinyalakan. Sebagai contoh, sebaiknya matikan startup untuk program Spotify karena sebagian besar orang menyalakan komputer untuk bekerja. Anda bisa membuka aplikasi Spotify secara manual jika ingin mendengarkan musik. Perlu diperhatikan, jangan menonaktifkan program yang digunakan oleh sistem, misalnya USB monitor, printer monitor, security, VGA, dan lain-lain.

Komputer terinfeksi virus, atau anti virus yang tidak efektif

Biasanya, keberadaan virus komputer langsung diketahui melalui enkripsi file, permintaan tebusan, atau pop-up lainnya. Tetapi beberapa virus berjalan tanpa disadari secara background, mengumpulkan informasi penting seperti username dan password, informasi keuangan, dan data pribadi lainnya. Virus dan sejenisnya bisa menurunkan kinerja komputer karena mengkonsumsi sumber daya perangkat. Sebagian besar anti virus tingkat konsumen, terutama yang gratis tidak dapat mendeteksi aktivitas seperti itu.

Inilah Penyebab Komputer Mulai Lambat Dan Cara Mempercepatnya
 Inilah Penyebab Komputer Mulai Lambat Dan Cara Mempercepatnya
Cara memperbaikinya:
Jangan pernah mengandalkan keamanan data dan komputer pada anti virus atau anti spam gratis. Gunakan beberapa lapisan keamanan untuk menjaga keamanan dan privasi Anda dari pelanggaran data, ransomware, malware, phishing, dan bentuk kejahatan dunia maya lainnya. Keamanan online memang rumit dan ancaman cybercrime terus berubah. Apa yang berhasil kemarin mungkin tidak berfungsi saat ini, dan hacker bekerja tanpa lelah untuk tetap selangkah lebih maju dari perlindungan keamanan dasar.


Ari
Ari blogger, IT technician

Posting Komentar untuk " Inilah Penyebab Komputer Mulai Lambat Dan Cara Mempercepatnya"