Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menonaktifkan 5G di Android Untuk Menghemat Baterai

Teknologi 5G adalah fitur terbaru yang mulai banyak dipromosikan oleh jaringan seluler, tetapi belum tersedia di semua tempat. Jika Anda memiliki ponsel Android dengan teknologi 5G, tapi di area Anda belum ada sinyal 5G, maka itu akan berakibat pada daya baterai HP yang akan cepat habis. Untuk itu, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mematikan fitur 5G pada ponsel Android.

Ada banyak kelebihan teknologi 5G, tapi jaringan 5G masih berkembang sehingga masih ada banyak tempat yang belum terjangkau dan masih mengandalkan 4G, sehingga kecepatan koneksinya juga bisa menjadi tidak stabil untuk saat ini. Konektivitas tidak hanya bergantung pada operator 5G Anda, tetapi juga lokasi.

Kebutuhan akan 5G sebenarnya tergantung pada bagaimana Anda menggunakan ponsel Anda. Jika Anda bermain game online atau download dan streaming film, kecepatan koneksi yang lebih cepat merupakan kebutuhan utama. Tetapi jika Anda berada di suatu tempat tanpa konektivitas 5G, mungkin lebih baik mematikannya untuk sementara.

Metode berikut ini sebenarnya bukan cara resmi untuk melakukannya karena belum ada aturan yang jelas. Memang belum ada standarisasi tentang cara melakukannya kaerna hal ini berhubungan dengan regulasi sinyal di Indonesia. Beberapa operator dan produsen telah menonaktifkan opsi ini atau bahkan menyembunyikannya.

Oleh karena itu, kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa cara umum yang digunakan untuk mematikan 5G di smartphone Android. Sebagai contoh, langkah-langkah yang kita bahas ini untuk ponsel Samsung, dimana ponsel ini sangat umum digunakan. Untuk perangkat Android lain memiliki langkah yang hampir sama, perbedaanya tidak terlalu jauh.

Menonaktifkan 5G di smartphone Samsung

Mematikan sinyal 5G pada ponsel Samsung sebenarnya cukup mudah, tetapi ada kemungkinan Anda tidak akan dapat melakukannya. Hal ini juga tergantung dari operator seluler dan geografis. Seperti misalnya. Di beberapa negara Eropa, tidak semua seri ponsel Samsung memiliki opsi untuk mematikan 5G. Ada operator yang menyembunyikannya sehingga pengguna tidak bisa mengutak-atik 5G.

Cara berikut ini berfungsi pada sebagian besar ponsel Samsung dengan konektivitas 5G:

  • Langkah 1: Buka Settings > Connections.
  • Langkah 2: Pilih Mobile Networks.
Cara Menonaktifkan 5G di Android Untuk Menghemat Baterai
Cara Menonaktifkan 5G di Android Untuk Menghemat Baterai
  • Langkah 3: Pilih Network Mode.
  • Langkah 4: Pada opsi yang muncul, pilih LTE/3G/2G (auto connect), LTE/CDMA, 4G/LTE, atau yang sejenisnya sehingga mencegah ponsel menggunakan 5G.
Cara Menonaktifkan 5G di Android Untuk Menghemat Baterai
Cara Menonaktifkan 5G di Android Untuk Menghemat Baterai

Smartphone Anda sekarang sudah menggunakan jaringan 4G dan mematikan 5G untuk menghemat daya baterai.

Tergantung pada operator dan apakah ponsel Anda tidak terkunci, atau mungkin juga bundling dari operator, Anda mungkin melihat lebih sedikit pilihan yang tersedia di menu Network Mode. Anda mungkin hanya melihat pilihan Manual dan Automatic, atau tidak ada opsi sama sekali untuk menyesuaikan pengaturan ini.

Ari
Ari blogger, IT technician

Posting Komentar untuk "Cara Menonaktifkan 5G di Android Untuk Menghemat Baterai"