Jumat, 04 Januari 2019

Teknologi 5G Segera Dirilis, Inilah Kelebihannya

Teknologi 5G Segera Dirilis, Inilah Kelebihannya
Tanpa terasa perkembangan teknologi begitu pesat. Sepertinya baru beberapa waktu yang lalu booming perangkat seluler dengan kecepatan 4G yang dianggap memiliki kecepatan yang tinggi. Sebentar lagi sudah akan dirilis teknologi jaringan 5G yang tentunya melebihi 4G.

Ponsel cerdas berteknologi 5G akan diluncurkan di beberapa negara tahun depan dimana Samsung dan Verizon menjadi yang pertama, diikuti AT&T dan Sprint. Selain kecepatan yang besar, 5G dianggap sebagai teknologi dasar yang akan mempengaruhi banyak aspek yang lebih luas seperti mobil self-driving, teknologi virtual dan augmented reality, layanan telemedicine seperti operasi jarak jauh.

Tapi apa sebenarnya 5G? Apa kelebihannya dibandingkan teknologi terdahulu? Teknologi nirkabel generasi mendatang lebih dari sekadar peningkatan kecepatan. Kita perlu mengetahui bagaimana 5G bekerja dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari.

Apa itu 5G?

Ini adalah generasi berikutnya (kelima) dalam teknologi seluler, yang digadang-gadang dapat meningkatkan kecepatan, jangkauan, dan responsif dari jaringan nirkabel. Seberapa cepatkah itu? Anggap saja 10 hingga 100 kali lebih cepat daripada koneksi seluler biasa padadalam kondisi optimal, dan bahkan lebih cepat dari koneksi menggunakan kabel serat optik fisik.

Teknologi 5G Segera Dirilis, Inilah Kelebihannya
Perkembangan teknologi jaringan seluler dari 2G hingga 5G (cic.org.sa)

Selain kecepatan ada kelebihan lain pada teknologi 5G. Salah satu manfaat utama 5G adalah latensi rendah. Latensi adalah waktu respons antara saat kita meminta informasi, misalnya mengklik tautan atau memutar video online di ponsel, mengirimkan permintaan ke jaringan, hingga ketika jaringan merespons dan mengirimi kita situs web atau memutar video.

Waktu jeda ini umumnya sekitar 20 milidetik dengan jaringan saat ini. Kelihatannya tidak banyak, tetapi dengan 5G, latensi itu berkurang menjadi hanya 1 milidetik. Bisa kita bayangkan betapa cepatnya jaringan 5G pada kecepatan optimal.

Waktu respon ini sangat penting untuk hal-hal tertentu seperti memainkan video game online yang intens, virtual reality atau untuk kedokteran jarak jauh, meskipun latensi masih akan dipengaruhi oleh lingkungan. Koneksi yang hampir bebas lag berarti mobil self-driving dapat berkomunikasi satu sama lain secara real time, dengan asumsi ada cukup jaringan 5G untuk menghubungkan kendaraan-kendaraan tersebut.
Baca juga: Mempercepat Koneksi Internet Wifi

Cara Kerja Jaringan 5G

5G awalnya menggunakan spektrum frekuensi super tinggi, yang memiliki jangkauan lebih pendek tetapi dengan kapasitas lebih tinggi, untuk menghasilkan jalur besar untuk akses online. Namun mengingat jangkauan dan masalah interferensi, operator mulai mengeksplorasi spektrum frekuensi yang lebih rendah, yaitu jenis yang digunakan dalam jaringan saat ini, untuk membantu mengirimkan sinyal 5G melintasi jarak yang lebih jauh dan melalui dinding dan penghalang lainnya.

Teknologi 5G Segera Dirilis, Inilah Kelebihannya
Spesifikasi 5G NR (New Radio) (Qualcomm)

Hasilnya adalah kecepatan tinggi yang dijanjikan tidak akan selalu tersedia, tetapi tetap menghasilkan kecepatan besar yang bisa kita rasakan saat ini dengan 4G LTE.

Manfaat dan Kelebihan Jaringan 5G Lainnya

Jaringan 5G dirancang untuk menghubungkan perangkat yang jauh lebih banyak daripada jaringan seluler tradisional. 5G dapat mendukung dan menghubungkan banyak perangkat di sekitar kita. Dengan peralatan yang saling terhubung tentu akan mempermudah kita mengatur dan mengerjakan kegiatan sehari-hari.

Teknologi 5G Segera Dirilis, Inilah Kelebihannya
Fitur dan kelebihan jaringan 5G (zdnet.com)


Jaringan 5G juga secara khusus dibangun untuk menangani peralatan yang digunakan oleh bisnis, seperti peralatan pertanian atau ATM. Dengan kecepatan tinggi, ini juga dirancang untuk bekerja secara berbeda pada produk yang terhubung yang tidak memerlukan koneksi konstan.

Bagaimana Agar Kita Bisa Menikmati Jaringan 5G?

Mungkin banyak dari kita baru saja beralih ke ponsel 4G. Tapi bagaimana jika kita ingin terhubung ke jaringan 5G? Tentu kita harus memiliki perangkat dengan fitur 5G, tidak bisa menggunakan perangkat lama. Teknologi 5G membutuhkan set antena tertentu yang belum tersedia.

Secara umum, smartphone 5G diperkirakan akan rilis pada pertengahan pertama tahun depan. Rumor menyebutkan Samsung menjadi yang pertama membangun smartphone 5G. Perusahaan itu dikabarkan akan memasukkan 5G dalam versi Galaxy S10-nya.

Kekurangan dan Kelemahan Jaringan 5G

Spektrum frekuensi tinggi adalah kunci untuk kapasitas dan kecepatan yang besar, tetapi ada kekurangannya. Jangkauannya tidak bagus, terutama ketika ada penghalang seperti pohon atau bangunan. Konsekuensinya, pihak operator harus menyebarkan lebih banyak radio seluler kecil di sekitar area yang mendapatkan sinyal 5G.

Tentu ini akan mengganggu siapa pun yang tidak ingin ada BTS seluler di dekat tempat tinggalnya. Dengan kekhawatiran akan potensi risiko kesehatan, serta kemungkinan juga merusak pemandangan lingkungan, mungkin ada pihak-pihak tertentu yang keberatan terhadap hal ini.

Operator yang menggunakan pita frekuensi rendah dapat menghindari hal ini dengan lebih sedikit radio seluler, tetapi 5G hampir pasti akan mengharuskan perusahaan seluler untuk lebih banyak membangun jaringan yang lebih rapat.

Kapan Kita Bisa Menikmati Jaringan 5G di Indonesia?

Inilah kekhawatiran lainnya. Meskipun banyak pemberitaan bahwa 5G akan dirilis pada pertengahan 2019, belum tentu semua belahan dunia sudah memiliki infrastruktur 5G. Sebagian besar operator seluler yang menginisiasi jaringan 5G ada di negara-negara barat. Negara-negara Asia, terutama Indonesia tentu masih harus menunggu lebih lama.

Jadi tidak perlu bergegas untuk membeli smartphone 5G. Kemungkinannya, layanan 5G belum akan tersedia secara luas hingga 2020 atau lebih. Daerah pedesaan dan pelosok kemungkinan akan menjadi yang terakhir karena keterbatasan infrastruktur.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon