Kamis, 24 Mei 2018

Fitur Terbaru Android P

Kemunculan Android P sudah di depan mata. Jika sebelumnya Android 8.0 Oreo adalah pembaruan yang berfokus pada optimasi di belakang layar, maka Android P adalah Jika diperhatikan bagian-bagiannya terasa mirip seperti iPhone X.

Google telah meluncurkan perangkat lunak Android P beta. Sebagai catatan, masih belum diketahui apa singkatan dari huruf P di Android P ini, tetapi "Popsicle" adalah salah satu opsi yang banyak diperdebatkan.

Fitur Terbaru Android P
Android P
Perubahan yang dilakukan Google untuk Android P jauh lebih ambisius, jauh lebih visual daripada di tahun-tahun sebelumnya. Tampilan dan fitur baru Android P akan terasa seperti memiliki software yang benar-benar baru. Bagi sebagian orang bisa membuatnya lebih sulit untuk menggunakannya untuk pertama kali karena perle penyesuaian.

Baca juga: Antivirus Gratis Terbaik untuk Android

Fitur Gesture Android P

Akhirnya Android menanamkan fitur gesture (navigasi gerakan), seperti iPhone X. Namun tidak seperti iPhone, Android P memiliki tombol digital yang bertindak sebagai pedoman. Google menganggap ini sebagai penyederhanaan layar awal, memberi kita hanya satu tombol, bukan tiga seperti saat ini.

Sebagian besar perintah navigasi menggunakan gesture. Menggeser dari bawah ke atas untuk melihat daftar aplikasi yang terbuka. Kita dapat menggulirnya untuk membuka atau membuka kembali aplikasi. Kita juga dapat menarik tombol home baru ke kanan, yang akan membuka aplikasi sebelumnya.

Baca juga: Membersihkan File Sampah Android

Notifikasi yang Lebih Baik pada Android P

Android P menambahkan gambar ke notifikasi, yang dapat kita lihat di layar peringatan dan jendela notifikasi. OS Google akan mengenali pemberitahuan yang terus Anda abaikan, dan menawarkan untuk menonaktifkannya.

Anda dapat menekan lama pemberitahuan untuk membuka pengaturan dan mengelola opsi perangkat. Selain itu, tombol Manage Notifications di bagian bawah notifikasi memungkinkan kita mengatur lebih detail preferensi sesuai keinginan kita.

Menggunakan Aplikasi Tanpa Harus Mengunduhnya

Google akhirnya mengintegrasikan ide yang dipparkan di Google I/O tahun lalu yang memungkinkan kita menikmati aplikasi tanpa benar-benar mengunduhnya. Kita hanya perlu menggunakan bagian dari aplikasi yang kita perlukan, tidak semua. Jadi tidak perlu proses download.

Meskipun demikian, ini bukanlah sesuatu yang dapat kita atur di ponsel kita. Kita hanya perlu menunggu pengembang untuk mewujudkannya. Android P memberi basis yang lebih baik daripada Android Oreo.

Dasbor Baru Android P

Tampilan dashbor baru di Android P menunjukkan berapa banyak waktu yang Anda habiskan menggunakan ponsel, dan juga apa yang Anda kerjakan. Jika aktivitas Anda tidak bermanfaat (misalnya Anda menghabiskan banyak waktu untuk melihat iklan-iklan), Anda dapat mengubahnya. Android P memungkinkan kita menetapkan batas waktu penggunaan aplikasi, seperti tidak lebih dari satu jam membuka Facebook atau YouTube, dan ini akan membuat aplikasi menjadi abu-abu untuk mengingatkan Anda tentang tujuan tersebut.

Jika Anda membalikkan ponsel di atas meja, akan secara otomatis mengatur mode Do Not Disturb (jangan ganggu), yang akan tetap diam sampai Anda membaliknya lagi. Tentu saja, kita dapat mengatur hal ini sesuai dengan keinginan kita.

Wind Down

Fitur Wind Down adalah usaha dari Android agar penggunanya tidak terlalu lama berinteraksi dengan ponsel. Mode wind-down akan membuat ponsel memudar ke skala abu-abu saat Anda mulai mengantuk, tapi tidak akan menggantikan filter cahaya biru, dengan tujuan membantu Anda mengelabui otak agar kurang tertarik pada konten layar. Saat ini belum tersedia di Android P beta, tetapi akan diluncurkan di masa mendatang.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon