Senin, 10 Agustus 2015

Antivirus Gratis Terbaik untuk Android

Antivitus Gratis Terbaik untuk Android
Antivirus Gratis Terbaik untuk Android - Seperti halnya sistem operasi komputer Windows, sistem operasi mobile yang sangat populer yaitu Android dari Google juga memiliki kelemahan sistem keamanan yang membuatnya rentan terhadap infeksi dari malware berbahaya. Ada banyak aplikasi antivirus Android gratis tersebar di Play Store yang dapat kita pilih, tapi manakah yang dapat diandalkan dalam fungsi keamanan untuk menjaga smartphone kita?

Menginstal perangkat lunak antivirus dan keamanan pada smartphone Android mungkin tampak berlebihan karena sangat jarang muncul virus di sistem operasi Android, tetapi ada banyak alasan untuk mempertimbangkannya.

Siapapun, termasuk penipu online dapat mengunggah aplikasi ke Google Play Store tanpa persetujuan sebelumnya, dan aplikasi tersebut juga dapat didownload dan diinstal dari berbagai sumber lainnya. Hal ini berarti bahwa pengguna Android menghadapi risiko yang lebih besar dibandingkan dengan pengguna iPhone atau Windows Phone, yang hanya dapat menginstal aplikasi yang telah diperiksa keamanannya.

Sifat yang lebih terbuka dari sistem operasi Android ini membuatnya lebih rentan terhadap jenis malware sudah sering kita hadapi pada komputer Windows. Meskipun skala masalah malware pada Android belum seburuk di Windows, tetap saja dapat menjadi ancaman pada data kita. Ada jutaanmalware yang biasanya digunakan untuk mencuri data berharga pribadi dari ponsel tanpa sepengetahuan Anda.

Namun, meskipun Anda sudah sangat berhati-hati sebelum menginstal aplikasi atau mengunjungi website yang terpercaya, ada alasan kuat lainnya untuk menggunakan antivirus. Aplikasi keamanan saat ini umumnya juga dilengkapi dengan fitur anti-pencurian. Tapi, software ini tidak akan mencegah pencurian tetapi memungkinkan Anda untuk mengunci atau menghapus seluruh data perangkat Android yang terserang. Ada juga yang menyertakan fasilitas yang memungkinkan Anda mengambil foto atau rekaman audio dari pencuri.

Fitur umum lain yang juga bermanfaat adalah pemblokiran panggilan. Jika ponsel Anda terus-menerus diganggu oleh panggilan atau pesan spam yang mengganggu, Anda bisa memblokir penelepon sehingga mereka tidak akan dapat mengganggu Anda lagi.

Berikut beberapa daftar antivirus gratis terbaik untuk Android yang telah dirangkum:

360 Security - Antivirus Boost
360 Mobile Security memiliki fitur gratis yang cukup untuk meningkatkan keamanan sebuah ponsel Android. Software ini akan melakukan scan dan menghapus ancaman, membersihkan perangkat dan beberapa hal tambahan seperti saran-saran untuk menjaga privasi dan data.

Anti-Virus
Anti-Virus merupakan program keamanan yang fleksibel sesuai dengan versi yang Anda gunakan. Versi gratis sudah cukup dilengkapi dengan banyak fitur termasuk antivirus, anti-malware, dan layanan anti pencurian. Anda juga dapat membayar untuk berlangganan secara bulanan, tahunan, atau lisensi seumur hidup.

TrustGo
TrustGo Antivirus & Mobile Security adalah pilihan antivirus lain yang benar-benar gratis untuk Android dan layak Anda coba. Dengan pendekatan yang lebih sederhana karena tidak menawarkan terlalu banyak fitur seperti aplikasi lain. Anda mendapatkan perlindungan antivirus dan anti-malware serta perlindungan browsing dan beberapa fitur keamanan lainnya seperti anti-pencurian dan backup.

AVAST Mobile Security
Avast adalah perusahaan antivirus lain yang sangat terkenal di kalangan pengguna komputer. Dalam lingkungan sistem operasi Android juga menempati posisi atas rating rata-rata. Avast menyediakan antivirus versi gratis, atau versi berbayar dengan harga yang cukup rendah dibandingkan software keamanan mobile lainnya.

AVG AntiVirus Security
Selanjutnya adalah antivirus yang juga cukup terkenal, yaitu AVG AntiVirus. Versi gratis memiliki fitur dasar sedangkan versi berbayar memiliki fitur lain yang tidak terdapat pada versi gratis. AVG cukup handal untuk menangani virus dan melindungi sistem Android Anda, cukup baik meskipun versi gratisnya.

BitDefender Antivirus Free
Bitdefender Antivirus Free memiliki set aplikasi antivirus dengan fitur yang sederhana. Pada versi mobile bahkan lebih mudah digunakan. Anda cukup menginstalnya, melakukan scanning, menghapus virus dan ancaman lainnya, kemudian BitDefender akan masuk mode idle menunggu untuk jika ada serangan lain yang muncul. Tidak ada fitur tambahan yang membebani perangkat.

CM Security
CM Security adalah aplikasi antivirus Android yang dapat dikatakan masih baru tapi mampu bersaing di pasar dan sejauh ini sangat populer dan memiliki rating tinggi. Aplikasi ini menyediakan antivirus, anti-malware, dan fitur find-my-phone dalam satu paket gratis.

Dr Web Anti-virus
Salah satu pilihan antivirus Android gratis lainnya. Untuk versi berbayar memang lebih mahal. Dengan versi gratis Anda mendapatkan antivirus dasar dan perlindungan anti-malware dengan perlindungan perangkat dasar. Jika Anda ingin mendapatkan anti-spam, anti-pencurian, dan layanan cloud checker, Anda harus membeli versi berbayar.

Eset Mobile Security & Antivirus
Eset adalah perusahaan yang membuat antivirus NOD32 yang sangat populer pada desktop. Antivirus dari Eset versi gratis memang tidak sehandal yang berbayar, tapi cukup layak Anda coba.

Kaspersky Internet Security
Kaspersky juga ikut turun tangan memberantas virus dalam platform mobile Android. Kaspersky juga salah satu perusahaan antivirus paling populer dan terpercaya, dan juga cukup tangguh untuk melindungi smartphone Anda. Versi gratis memiliki performa cukup baik dan cukup untuk melindungi Anda ketika menggunakan ponsel.

Lookout
Beberapa orang mungkin sudah mengetahui tentang program antivirus Lookout karena ada yang bundling atau pre-instal pada banyak perangkat. Anda tidak perlu menggantinya karena merupakan salah satu software keamanan yang bagus. Lookout menawarkan sejumlah fitur dalam versi gratis.

Malwarebytes Anti-Malware
Antivirus terkenal lain di dunia desktop meluncurkan keamanan untuk versi Android pada akhir tahun 2013. Kelebihan Malwarebytes adalah kekuatannya dalam keamanan Android, yaitu lebih berfokus pada menghapus ancaman dan mencegahnya. Jika Anda membutuhkan sesuatu yang sederhana dan gratis, ini adalah pilihan yang bisa Anda coba.

McAfee
McAfee Antivirus & Security adalah nama terpercaya lain di dunia antivirus. McAfee memberikan fitur antivirus gratis, keamanan privasi, anti-pencurian, dan keamanan perangkat gratis.

Norton Security & Antivirus
Norton Security & Antivirus memiliki versi gratis yang dapat Anda gunakan. Norton terkenal dengan kemampuannya mendeteksi virus yang mungkin berbahaya untuk perangkat.

Aplikasi antivirus pada perangkat mobile yang cukup kontroversial di dunia Android. Dengan semua perlindungan yang sudah tersedia secara built-in dalam sistem Android, terserang malware adalah hal yang mungkin saja terjadi meskipun banyak pakar mengatakan bahwa Anda tidak perlu menginstall antivirus. Meskipun benar, ada juga orang yang merasa aman dengan perlindungan pihak ketiga dan tidak keberatan untuk membelinya.
Jika Anda memiliki pengalaman terserang virus atau malware pada perangkat Android, silahkan berbagai di komentar.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon