Jumat, 08 September 2017

Fitur-Fitur Terbaru Android 8 Oreo

Fitur-Fitur Terbaru Android 8 Oreo
Versi Android terbaru dengan kode "O" akhirnya resmi dirilis dengan nama Android Oreo, yang mulai diluncurkan untuk perangkat yang kompatibel untuk saat ini, seperti Google Pixel dan Nexus. Seperti rilisnya versi Android sebelumnya, Android O membawa sejumlah fitur dan perbaikan baru dari pendahulunya, Android N atau Nougat. Inilah fitur-fitur baru yang akan Anda dapatkan pada perangkat ketika update Oreo tiba.

Saat awal peluncurannya, Android Oreo tersedia pada perangkat-perangkat berikut:
  • Nexus 5X
  • Nexus 6P
  • Nexus Player
  • Google Pixel
  • Google Pixel XL
  • Pixel C
Baca juga: Sejarah Daftar Nama dan Versi Android

Google mengumumkan semua fitur utama Android Oreo pada acara Google I/O tahun ini. Inilah fitur-fitur baru yang layak dinantikan pada update Android O yang akan datang:

FLUID EXPERIENCES
Google membawa seperangkat fitur baru ke Android O yang disebut "Fluid Experiences". Fitur ini termasuk Picture in Picture, Notification Dots, Autofill, dan Smart Text Selection. Berikut adalah tampilan singkat masing-masing.

Picture in Picture
Fitur-Fitur Terbaru Android 8 Oreo
Fitur Picture-in-Picture Terbaru Android 8 Oreo

Picture in Picture yaitu menempatkan satu aplikasi di atas aplikasi yang lain. Di Android Nougat (7.0), kita bisa menjalankan dua aplikasi di layar sekaligus dengan Multi-window. Sementara fitur ini diperbarui lagi. Jadi dengan Android Oreo, Google memberikan mode Picture in Picture untuk layar perangkat yang kecil. Dengan demikian akan memungkinkan pengguna membuka aplikasi di latar depan, sekaligus tetap menampilkan aplikasi lain seperti pemutar video yang berjalan di jendela yang lebih kecil di bagian atas.

Notification Dots
Fitur-Fitur Terbaru Android 8 Oreo
Fitur Notification Dots Terbaru Android 8 Oreo

Notification Dots memberikan informasi apakah ada notifikasi pada aplikasi tertentu. Jika Anda pernah menggunakan launcher lain seperti Nova Launcher yang memiliki notifikasi pemberitahuan, Anda pasti sudah tahu apa itu Notification Dots. Pada dasarnya, ini adalah shortcut untuk melihat pemberitahuan yang tertunda di icon layar utama, yang bisa juga dilihat pada notifikasi selama Anda menggunakan launcher default. Seperti namanya: dots (titik), hanya titik yang ditampilkan, bukan angka atau huruf.

Autofill Password pada Aplikasi
Fitur-Fitur Terbaru Android 8 Oreo
Fitur Autofill Terbaru Android 8 Oreo

Chrome telah memiliki fitur Autofill otomatis sejak lama untuk password atau data lain. Kini fitur itu juga ada di aplikasi Android. Misalnya, jika Chrome memiliki kredensial masuk ke Facebook atau Twitter Anda yang tersimpan, aplikasi akan melakukan pengisian otomatis dan masuk ke ponsel Android Anda. Ini adalah fitur yang sangat bermanfaat jika Anda menggunakan banyak aplikasi.

Smart Text Selection
Fitur-Fitur Terbaru Android 8 Oreo
Fitur Smart Text Selection Terbaru Android 8 Oreo

Smart Text Selection merupakan fitur yang mampu mengenali jenis teks yang dipilih. Mungkin Anda pernah menerima data teks dengan informasi tertentu misalnya sebuah alamat, dan Anda harus menyalin dan menempelkannya ke Google Maps. Hal itu terjadi pada kebanyakan orang yang harus menggunakan perintah copy-paste. Smart Text Selection adalah fitur baru yang akan memperlancar proses itu dengan memilih teks yang relevan secara otomatis.

Misalnya, jika seseorang mengirimi Anda alamat, Anda dapat mengetuk dua kali nama jalan dan secara otomatis akan memilih keseluruhan alamat. Atau jika itu adalah nama perusahaan misalnya, fitur ini akan menyoroti keseluruhannya jika Anda hanya memilih satu kata.

Untuk membuat fitur ini lebih berguna lagi, Smart Text Selection juga akan menawarkan tindakan cepat di bar, jadi jika Anda memilih nomor telepon, maka akan muncul pilihan dialer. Jika Alamat maka akan muncul pilihan peta. Dan lain sebagainya.
Baca juga: Tips dan Trik Google Maps Terbaru

FITUR KEAMANAN, KECEPATAN DAN DAYA TAHAN BATERAI
Dengan setiap rilis utama selama dua tahun terakhir ini, Google telah menempatkan banyak fokus pada optimalisasi Android secara keseluruhan. Membuat OS mobile ini lebih efisien dalam hal performa dan masa daya tahan baterai telah menjadi upaya utama, begitu juga dengan Android Oreo.
Baca juga: Mempercepat Android yang Lemot

Fitur-Fitur Terbaru Android 8 Oreo
Fitur Background Limits Terbaru Android 8 Oreo

Dengan rilis Android Oreo, Google membawa serangkaian pengoptimalan baru yang secara kolektif yang akan memaksimalkan keamanan dengan Google Play Protect, mengoptimalkan waktu boot dan kinerja aplikasi, dan dengan cerdas membatasi aktivitas latar belakang (background) aplikasi untuk menghemat masa pakai baterai.

Fitur-Fitur Terbaru Android 8 Oreo
Fitur Play Protect Terbaru Android 8 Oreo

Memang tidak banyak yang bisa dikatakan tentang kecepatan dan masa pakai baterai, namun Google merilis beberapa info tentang Google Play Protect, inisiatif keamanan baru mereka di Google Play Store.
Baca juga: Mengehemat Baterai Handphone Android 

Google Play Protect adalah prakarsa terbaru Google untuk memastikan semua aplikasi yang ada di Play Store aman dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Saat aplikasi masuk Google Play pertama kali, aplikasi ini harus melewati pemeriksaan keamanan untuk memastikan sesuai dengan standar keamanan. Masalahnya, sekali sebuah aplikasi ada di Play Store maka tidak perlu lagi melalui penyaringan keamanan ini lagi. Jika sebuah aplikasi diupdate, ia dapat dengan mudah memasukkan sesuatu di dalamnya yang mungkin melanggar dan yang patut dipertanyakan.

Untuk mengatasi hal ini, Google menerapkan Play Protect, yang menggunakan mesin untuk memindai miliaran aplikasi setiap hari untuk memastikan penerapan keamanan terbaik. Dengan kata lain, ini akan mengurangi "malware" Android dan aplikasi lain yang patut dipertanyakan yang mungkin terlanjur masuk ke Play Store.

Android Device Manager, yang kini telah diganti namanya menjadi "Find My Device", juga merupakan bagian dari Play Protect. Anda dapat menggunakan layanan ini untuk mengamankan dan menemukan perangkat Android yang hilang atau dicuri. Play Protect sebenarnya sudah tersedia di Play Store untuk semua versi Android, Anda mungkin pernah melihatnya.

AUGMENTED REALITY
Google telah mengembangkan VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality) cukup keras selama beberapa tahun terakhir, dan Visual Positioning Service (Layanan Pemosisian Visual) yang baru dirilis menggunakan AR untuk membantu Anda menemukan jalan di dalam gedung, seperti GPS untuk ruangan. Fitur ini sangat berguna jika Anda mengunjungi tempat umum yang luas, seperti supermarket atau mall. Anda bisa mencari barang yang ingin dibeli dengan bantuan sistem yang membandingkan barang dengan database tempat tersebut untuk menemukan informasi yang berkaitan seperti harga, arah menuju lokasi tempat barang itu berada, dll.

Namun, pada saat ini fitur ini hanya akan bekerja pada telepon berkemampuan Tango yang saat ini hanya ada beberapa jenis perangkat saja. Di masa yang akan datang kita akan mulai melihat lebih banyak perangkat dengan kemampuan Tango sehingga teknologi ini bisa dimanfaatkan oleh banyak orang.

ANDROID GO
Beberapa tahun yang lalu, Google mengumumkan proyek yang disebut Android One untuk mewujudkan smartphone berbiaya rendah ke negara-negara miskin di seluruh dunia. Pada event Google I/O, Android Go dirilis, yang tampaknya adalah versi untuk Amerika dari program ini.

Fitur-Fitur Terbaru Android 8 Oreo
Fitur Android Go Terbaru Android 8 Oreo

Tujuan Android Go adalah mengoptimalkan semua versi sistem operasi untuk perangkat keras berbiaya rendah, dimulai dengan Android Oreo. Intinya, mulai saat ini, setiap versi Android akan memiliki edisi "Go" yang dioptimalkan untuk bekerja di berbagai perangkat dengan RAM 512MB sampai 1GB, serta prosesor kelas bawah dan media penyimpanan terbatas. Dengan kata lain, Go adalah sebuah inisiatif untuk membuat perangkat Android kelas rendah dapat bekerja dengan baik.

Selain fitur mayor di atas, masih banyak lagi fitur baru yang diperkenalkan di Android Oreo yang lebih kecil, antara lain:
  • Accessibility Button, aksesibilitas tombol yang membawa pilihan akses ke panel Quick Settings, membuatnya lebih cepat untuk membuka fitur yang dimaksud.
  • Accessibility Volume, mengoptimalkan pengalaman audio bagi pengguna penyandang cacat.
  • Ambient Screen, notifikasi baru akan disorot dengan font yang lebih besar, nama aplikasi yang disorot, dan akses langsung ke tindakan.
  • Background Execution Limits, untuk mengontrol bagaimana aplikasi yang terinstall dapat berjalan di latar belakang.
  • Background Location Limits, mengurangi jumlah pembaruan lokasi di background, yang berarti performa dan daya tahan baterai lebih baik.
  • Deep Color, aplikasi akan memiliki akses ke konten visual yang lebih kaya dan warna yang lebih hidup.
  • Font, yang berarti aplikasi tidak perlu lagi menyertakan font khusus yang membuatnya menjadi lebih kecil.
  • Pemasangan aplikasi tak dikenal, memberikan pengaturan untuk pengguna apakah mengizinkan pemasangan APK berdasarkan sumber.
  • Printer, Android Oreo kompatibel sepenuhnya dengan semua printer bersertifikat Mopria, yang digunakan hampir 97% dari semua printer di seluruh dunia.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon