Windows Lite, Sistem Operasi 2019 Terbaru dari Microsoft

Ada banyak versi sistem operasi dari Microsot mulai Windows 9x, Windows XP, Windows 7 hingga Windows 10. Tapi tahukah Anda mengenai Windows Lite? Sistem operasi Windows Lite yang akan diluncurkan diberitakan merupakan Windows yang paling ringan, dirancang untuk bersaing dengan Chrome OS dan Chromebook Google.

Apa itu Windows Lite?

Perlu diperhatikan bahwa Windows Lite adalah bentuk sistem operasi yang akan datang dari Microsoft. Tidak ada hubungannya dengan Windows 10 atau modifikasi Windows 10 yang bertebaran di internet. Sangat tidak disarankan menginstal sistem operasi atau update yang tidak resmi.
Windows Lite, Sistem Operasi 2019 Terbaru dari Microsoft
Desain Splash screen Windows Lite (Tomasz Mokrowiecki)

Windows Lite dikabarkan versi Windows yang ringan yang lebih cepat dan lebih minimalis daripada sistem operasi Windows sebelumnya. Windows Lite hanya akan menjalankan aplikasi UWP (Universal Windows Platform) yang diunduh dari Microsoft Store dan PWA (Progressive Web Apps), yang beroperasi seperti aplikasi offline, tetapi dijalankan melalui layanan online.

Windows Lite memiliki fitur instan on, selalu terhubung dan akan bekerja dengan segala jenis CPU untuk menyediakan beragam pilihan bagi produsen dan konsumen. Mengingat CPU dari Qualcomm telah terbukti mampu memperpanjang usia baterai lebih dari 20 jam di beberapa laptop, sehingga sangat dimungkinan Snapdragon 8cx yang diumumkan baru-baru ini digunakan pada perangkat laptop Windows Lite pada paruh kedua tahun 2019.

Lite yang akan datang tidak akan terlihat seperti Windows. Antarmuka pengguna baru yang menargetkan bentuk dan fungsi modern dapat memberikan tampilan dan nuansa segar dalam platform. Sederhana dan mudah digunakan.

Asal-Usul Nama Windows Lite

Pada saat ini, sistem operasi ini dikabarkan hanya dikenal sebagai "Lite". Sehingga bisa dianggap sistem operai yang benar-benar baru dan tidak menggunakan branding Windows ketika dirilis, melepaskan hubungannya dengan platform yang sudah berusia puluhan tahun ini.

Kombinasi antarmuka pengguna baru dan penggantian nama bisa sangat menarik bagi pengguna Windows, atau melihat Windows sebagai fitur yang terlalu lengkap atau rumit untuk digunakan. Sama seperti Chrome OS yang dibangun dari lingkungan browser Chrome, Microsoft "Lite" mungkin terlihat untuk merombak gagasan tentang apa yang harus terlihat dan terasa seperti sistem operasi, menuju ke arah baru.

Perbedaan Windows 10 dan Windows Lite

Dibandingkan dengan OS sebelumnya, misalnya Windows 10, upaya Lite menjadi sistem operasi modern yang benar-benar baru. Lite akan tampak seperti Windows, bertindak seperti Windows, tetapi bukan Windows. Dengan mengubah antarmuka pengguna, nama, istilah dan hal lainnya secara signifikan, dengan harapan menjadi awal yang baru dan bukan upaya yang hanya bertujuan untuk memodernisasi Windows. Di sisi lain, Microsoft merilis Lite dengan tidak menamakannya Windows, bisa berisiko karena menunjukkan bahwa Microsoft memahami bahwa Windows bukan masa depan yang cerah.

Hal ini juga terlihat bahwa Microsoft secara agresif mengejar platform PWA (Progressive Web Apps) dengan Edge, ini akan menjadi bagian sentral dari pengalaman Windows Lite. Lagi-lagi ini bisa berawal dari rivalitas, jika ChromeOS bisa melakukannya, begitu juga Windows Lite.

Kapan Windows Lite akan Dirilis?

Pertanyaan yang tersisa adalah kapan kita bisa menggunakan generasi baru dari sistem operasi Microsoft ini. Microsoft belum membuat pengumuman resmi apa pun tentang Windows Lite. Namun, beredar kabar pada Build 2019.

Rumor saat ini mengabarkan bahwa OS Lite tidak akan dapat dibeli secara individual dan hanya akan diinstal pada laptop tertentu yang menargetkan pengguna rumahan dan mahasiswa. Diperkirakan tidak tersedia untuk korporasi dan perusahaan.

Belum ada Komentar untuk "Windows Lite, Sistem Operasi 2019 Terbaru dari Microsoft"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel