Rabu, 17 Agustus 2016

Tips dan Trik Google Maps Terbaru

Tips dan Trik Google Maps Terbaru
Cara tepat memanfaatkan Google Maps terbaru. Layanan yang menampilkan peta dan rute lokasi dari Google ini cukup sederhana. Google Maps bisa digunakan untuk mencari tempat, menentukan rute dan navigasi. Tapi jika Anda menggali lebih dalam, ada banyak fitur berguna Google Maps yang terabaikan yang semakin memudahkan Anda, apalagi dengan update terbaru.

Jika Anda menggunakan Google Maps di smartphone Anda, banyak fitur yang telah berubah, terutama selama beberapa minggu terakhir ini. Ada banyak fitur baru yang meningkatkan kinerjanya dan membuat navigasi jauh lebih efisien.

Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk memudahkan Anda menggunakna Google Maps.
Baca juga: Fitur-Fitur Tersembunyi Google Yang Sangat Bermanfaat

  • Offline Maps
Tidak seperti perangkat GPS khusus, Google Maps tidak menyimpan semua data peta pada perangkat Anda karena akan memenuhi memori smartphone Anda.

Tips dan Trik Google Maps Terbaru
Tips dan Trik menggunakan Offline areas di Google Maps Terbaru (iphonehacks.com)

Tapi untuk tempat-tempat vital tertentu, misalnya bandara internasional, Anda dapat mendownload peta dari area tertentu sehingga Anda dapat mengaksesnya lagi tanpa koneksi internet.
Untuk menggunakannya pilih tombol menu di kiri atas layar Google Maps dan pilih "Offline areas". Tekan tombol plus di pojok kanan bawah, arahkan peta ke area yang ingin Anda download dan atur zoom sesuai keinginan, lalu tekan Download.

Perlu diperhatikan bahwa ukuran download peta biasanya lebih dari 100MB, sehingga Anda mungkin ingin memanfaatkan Wi-Fi jika Anda memiliki paket data terbatas.

Update terbaru memungkinkan Anda untuk memilih antara penyimpanan internal atau kartu SD pada perangkat Android untuk menyimpan maps yang didownload. Jika aplikasi tidak memberikan pilihan ketika Anda mulai mendownload, tekan tombol pengaturan di pojok kanan atas dari menu dan tekan "Storage preferences".

  • Wi-Fi Only
Jika Anda mencoba untuk menghemat penggunaan paket data ketika membuka aplikasi maps, Google baru-baru ini meluncurkan fitur baru untuk aplikasi Android untuk mengatur agar Google Maps hanya menggunakan jaringan Wi-Fi. Jika fitur ini diaktifkan, peta dan navigasi hanya berfungsi di daerah dimana Anda mendownloadnya atau ketika Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Tips dan Trik Google Maps Terbaru
Tips dan Trik mengaktifkan WiFi only di Google Maps Terbaru (venturebeat.com)

Untuk mengaktifkannya, tekan tombol menu di sudut kiri atas, geser ke bawah dan pilih Settings dan aktifkan pilihan "Wi-Fi only".

  • Marking
Marking adalah fitur Google Maps untuk menandai tempat-tempat penting pada peta sehingga kita tidak lupa. Menambahkan alamat penting seperti alamat rumah atau tempat kerja memungkinkan Google Maps untuk mengingatkan Anda tentang lalu lintas sebelum Anda meninggalkan rumah untuk bekerja di pagi hari atau pulang kerja di malam hari. Hal ini juga membuat rumah atau tempat kerja Anda lebih mudah dilihat di peta karena sudah ditandai.

  • Mengirim Arah dari Komputer ke Smartphone
Jika Anda telah melakukan pencarian navigasi dari komputer, Anda dapat dengan mudah mengirim arah yang telah ditemukan ke smartphone Anda secara langsung.

Tips dan Trik Google Maps Terbaru
Tips dan Trik mengirim rute ke smartphone di Google Maps Terbaru (kinja)

Pastikan Anda sudah masuk ke akun Google dan mencari lokasi di Google Maps versi web. Setelah tempat ditemukan, akan muncul pilihan "Send directions to your phone" di bawah daftar menu. Ketika Anda mengklik tombol ini, akan muncul menu dropdown yang berisi semua ponsel yang terhubung serta Email dan Text. Pilih metode pengiriman ke perangkat Anda.

  • Menambahkan Beberapa Tujuan
Tips dan Trik Google Maps Terbaru
Tips dan Trik menambahkan beberapa tujuan di Google Maps Terbaru
Jika Anda ingin menuju ke lebih dari satu tempat, Anda sekarang dapat melakukannya di aplikasi Google Maps. Pertama, carilah salah satu tujuan Anda. Kemudian, sebelum menekan tombol navigasi, tekan tombol di sudut kanan atas dan pilih "Add stop". Kemudian Anda dapat mencari dan menambahkan beberapa lokasi untuk perjalanan Anda. Anda dapat drag dan drop untuk mengatur ulang tujuan, melihat urutan rute tercepat dan paling efisien.

  • Histori Tempat yang Pernah Dikunjungi
Google Maps adalah aplikasi yang paling banyak digunakan untuk mencari dan menavigasi ke tempat-tempat baru dan tidak dikenal. Tetapi juga dapat digunakan untuk melihat semua tempat yang pernah dikunjungi.

Tips dan Trik Google Maps Terbaru
Tips dan Trik melihat timeline di Google Maps Terbaru (turner.com)

Jika Anda membuka Maps pada ponsel Android, pilih menu dan pilih "Your timeline", Anda dapat melihat dengan akurasi yang detail semua tempat yang pernah dikunjungi dan berapa lama Anda berada di setiap lokasi pada hari tertentu. Anda dapat menggunakannya untuk mengingat-ingat semua tempat yang pernah Anda kunjungi.

  • Mendapatkan Fasilitas Tambahan
Google akan memberikan fasilitas tambahan bagi Anda jika memberikan resensi atau komentar pada tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi. Ini adalah bagian dari inisiatif Google untuk bekerja sama dengan penduduk setempat untuk menjadi bagian dari peningkatan akurasi peta yang ada.

Sebagai ganti dari resensi atau komentar, foto atau tanya jawab yang Anda berikan tentang tempat tertentu, menambah dan mengedit lokasi baru, Anda akan mendapatkan poin. Dengan jumlah poin tertentu, Anda mendapatkan akses khusus untuk produk dan fitur baru Google, berpartisipasi dalam workshop eksklusif atau Hangouts dan bahkan mendapatkan penyimpanan Google Drive gratis sebesar 1TB selama satu tahun.

  • Mengukur Jarak
Jika Anda hanya ingin tahu seberapa jauh jarak antara dua tempat, Anda dapat mencarinya melalui Google Maps. Tapi hasil yang diberikan adalah jarak rute melalui jalan, bukannya jarak persis antara dua tempat tersebut dalam satu garis lurus.

Tips dan Trik Google Maps Terbaru
Tips dan Trik mengukur jarak di Google Maps Terbaru (techlicious.com)

Untuk mengukur jarak antara dua lokasi di aplikasi Android, tempatkan pin di lokasi pertama dan buka menu di bagian bawah layar. Pilih "Measure distance" dan drag untuk menempatkan pin di lokasi kedua untuk mendapatkan pengukuran relatif akurat antara dua tempat tersebut.
Untuk menambahkan lokasi ketiga yang ingin diukur, tekan tanda plus di sudut kanan bawah layar.

  • Pencarian Cepat Saat Navigasi
Pada perjalanan panjang, Anda mungkin perlu berhenti untuk membeli bahan bakar, mampir ke restoran, atau hanya beristirahat. Untuk menemukan tempat pemberhentian di sepanjang rute yang ada, tekan tombol pencarian. Rumah makan, POM bensin, toko dan restoran yang disarankan pencarian cepat. Memilih lokasi dari pencarian dapat digunakan untuk menambahkan dan menandainyanya sebagai tempat pemberhentian di tengah-tengah rute Anda saat ini.

  • Menggunakan Suara
Jika Anda menghindari mengetik atau mengoperasikan smartphone saat mengemudi, ada tombol mikrofon di atas tombol pencarian yang akan memungkinkan Anda untuk mengoperasikan Google Maps melalui perintah suara. Selain itu, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan suara panduan.
Baca juga: Daftar Perintah Google Now Bahasa Indonesia

  • Menghindari Jalan Tol
Beberapa orang memilih untuk menghindari jalan tol untuk alasan tertentu. Untuk menghindarinya, pilih lokasi tujuan Anda dan sebelum memulai navigasi, tekan tombol di sudut kanan atas, pilih "Route options" dan centang kotak pada "Avoid tolls". Dalam menu ini, Anda juga dapat memilih untuk menghindari jalan raya atau feri.

Tips dan Trik Google Maps Terbaru
Tips dan Trik menghindari jalan tol di Google Maps Terbaru

  • Gestur
Pinch-to-zoom sudah digunakan pada aplikasi maps, tetapi hal ini juga membutuhkan dua tangan. Jika Anda kebetulan hanya bisa menggunakan satu tangan dan Anda ingin memperbesar atau memperkecil peta, cobalah mengetuk dua kali dan tanpa mengangkat jari Anda, geser ke atas atau bawah layar. Geser ke atas akan zoom out (memperkecil) dan geser ke bawah akan zoom in (memperbesar).

Selain itu, Anda dapat memutar dengan dua jari untuk memutar peta. Menekan icon kompas akan mengembalikan arah peta berdasarkan arah utara.

Google Maps akan terus mengalami peningkatan dan tidak menutup kemungkinan munculnya berbagai fitur baru yang akan lebih memudahkan kita saat menggunakannya. Dengan mencoba dan memaksimalkan semua fiturnya, tentu akan membuatnya semakin efektif dan efisien serta menghemat waktu.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon

Copyright © Catatan Bro Ari All Right Reserved
Designed by Arlina Design Powered by Blogger