Cara Memutar Video YouTube dengan Layar Mati di Android

YouTube adalah salah satu platform konten video paling beragam di dunia, mudah digunakan, acara TV yang bervariasi dan video musik terbaru. Tapi kadang kita hanya ingin mendengarkan musik di YouTube dan menempatkannya di latar belakan atau mematikan layar. Jika Anda ingin tetap memutar video YouTube dengan layar mati, khususnya di perangkat Android, maka kita perlu sedikit berusaha karena YouTube tidak menyediakan fitur ini.


YouTube Premium adalah versi berbayar YouTube yang memberikan keleluasaan pengguna untuk menutup aplikasi dan terus mendengarkan video. Selain itu juga tidak adanya iklan di desktop dan seluler, akses ke video eksklusif, dan memungkinkan untuk mengunduh video. Sedangkan menutup aplikasi YouTube standar atau versi web akan menghentikan pemutaran video, tetapi ada beberapa solusi sederhana yang bisa kita gunakan agar kita tetap bisa mendengarkan video saat layar mati.

Memutar Video YouTube dengan Layar Mati di Android

Pada contoh kali ini kita akan menggunakan YouTube versi web karena tidak semua orang memiliki aplikasi YouTube di smartphone mereka, termasuk saya sendiri menggunakan Chrome. Memutar video YouTube di saat layar mati di Android dapat dilakukan dengan browser Firefox dan Google Chrome. Khusus untuk Chrome syaratnya harus sudah terinstal versi 54 atau yang lebih tinggi.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menjalankan YouTube di Android meskipun layar dimatikan:
  • Buka browser Chrome seperti biasa dan buka situs web YouTube.
  • Pastikan untuk mengetik "youtube.com" di alamat URL, karena mengetik kata kunci YouTube di hasil pencarian Google biasanya akan membuatnya otomatis membuka aplikasi.
  • Cari video yang ingin diputar, biasanya video musik sehingga kita bisa tetap mendengarkannya ketika layar dimatikan atau kita sedang menggunakan aplikasi lain.
  • Buka menu Settings pada Chrome dengan memilih tiga titik di sudut kanan atas jendela Chrome.
  • Setelah itu, pilih menu Desktop Site. Dengan cara ini kita akan memaksa tampilan YouTube seperti saat dibuka di komputer atau laptop.
  • Mulai mainkan video, dan tekan tombol Home pada ponsel untuk menutup browser.
 
Cara Memutar Video YouTube dengan Layar Mati di Android
Cara Memutar Video YouTube dengan Layar Mati di Android

Jika video berhenti diputar saat berada di beranda ponsel, berarti kita harus membuka notifikasi di bagian atas. Cari notifikasi dari Chrome dan tekan tombol Play.

Pastikan Anda tidak mematikan layar sebelum menekan tombol Home, karena akan menyebabkan video berhenti secara otomatis.

Jika notifikasi Chrome tidak muncul berarti perangkat tidak mengijinkan Chrome menampilkan notifikasi. Untuk itu kita perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Ikuti langkah berikut ini:
  • Buka menu Settings smartphone Anda.
  • Cari menu Notifications and Status Bar, atau sejenisnya.
  • Pilih App Notifications.
  • Cari dan pilih aplikasi Chrome pada daftar.
  • Pastikan Show notifications sudah dicentang.
 
Cara Memutar Video YouTube dengan Layar Mati di Android
Mengaktifkan Notifications untuk aplikasi Chrome di Android

YouTube Mode Picture-in-Picture di Android 8.0 Oreo

Untuk Android versi yang lebih baru mulai versi Android 8.0 Oreo, kita tidak perlu bingung jika ingin memutar video di YouTube dan mematikan layar karena sudah dilengkapi dengan mode Picture-in-picture. Mode ini secara otomatis memunculkan jendela tampilan miniatur jika Anda keluar dari YouTube atau menjalankan aplikasi lain. Jendela ini dapat di geser ke mana saja di layar, dan bisa diperbesar tampilannya yang dilengkapi kontrol.

Cara Memutar Video YouTube dengan Layar Mati di Android
Tampilan Picture-in-Picture di Android

Anda dapat melihat versi Android yang Anda miliki dengan masuk ke Settings > About Phone > Android Version.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memutar Video YouTube dengan Layar Mati di Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel