Cara Mengganti Nama Banyak File Sekaligus dengan PowerRename

Cara Mengganti Nama Banyak File Sekaligus dengan PowerRename
PowerToys dari Microsoft telah membuat Windows 10 benar-benar lebih powerful, open-source yang bisa sangat bermanfaat. Update terbaru telah ditambahkan fitur "PowerRename" yang memberi pengguna metode sederhana untuk mengganti nama banyak file sekaligus di File Explorer. Gratis, mudah, dan sangat cepat.

Untuk mendapatkan PowerToys langsung saja akses ke GitHub Microsoft dan unduh rilis PowrToys terbaru. Setelah menginstalnya, buka PowerToy dan Anda akan melihat menu baru yaitu PowerRename disamping fitur yang sudah ada yaitu FancyZones dan Shortcut Guide.

Cara Mengganti Nama Banyak File Sekaligus dengan PowerRename
Tampilan PowerToys update terbaru

Dengan asumsi PowerRename berfungsi kita seharusnya sudah bisa memanfaatkannya untuk mengganti nama banyak file sekaligus. Coba buka File Explorer, pilih beberapa file yang ingin diganti namanya sekaligus > klik kanan > pilih PowerRename dari menu konteks.

Cara Mengganti Nama Banyak File Sekaligus dengan PowerRename
Cara Mengganti Nama Banyak File Sekaligus dengan PowerRename

Aplikasi PowerRename akan muncul. Dari sini kita tinggal mengetikkan teks yang ingin diganti di  bagian Search, dan masukkan teks pengganti di bagian Replace With. Hal ini mirip dengan fitur Find and Replace pada MS Word.

Kelebihan dari PowerRename adalah kita akan melihat secara langsung hasilnya dari perubahan yang akan kita lakukan di bagian kolom preveiw di sebelah kanan, sehingga kita dapat memastikan apa yang kita lakukan tepat. Jika preview sudah sesuai dengan keinginan kita maka klik tombol Rename.

Cara Mengganti Nama Banyak File Sekaligus dengan PowerRename
Cara Mengganti Nama Banyak File Sekaligus dengan PowerRename

Seperti contoh di atas saya ingin mengganti kata big menjadi BROARI, maka semua kata yang mengandung big akan diganti dengan BROARI secara otomatis.

Selain itu, ada banyak opsi yang tersedia yang bisa kita centang untuk mengaktifkannya. Sesuai deskripsi dari Microsoft, inilah fungsi masing-masing opsi tersebut:
  • Use Regular Expressions: Jika dicentang, kolom Search akan dianggap sebagai Regular Expressions (ekspresi reguler). Jika tidak dicentang, kolom Search akan digunakan sebagai teks yang akan diganti dengan teks di bidang Replace with.
  • Case Sensitive: Jika dicentang, teks yang ditentukan dalam kolom Search hanya akan dianggap sama dengan nama file jika teksnya sama persi. Secara default, dalam hal ini huruf besar-kecil.
  • Match All Occurrences: Jika dicentang, semua kecocokan teks dalam kolom Search akan diganti dengan kolom Replace With. Kalau tidak, hanya kata pertama dari pencarian yang akan diganti.
  • Exclude Files: File akan dikecualikan dalam operasi.
  • Exclude Folders: Folder akan dikecualikan dalam operasi.
  • Exclude Subfolder Items: Item dalam folder akan dikecualikan dalam operasi. Secara default, semua item dalam subfolder disertakan.
  • Enumerate Items: Menambahkan akhiran numerik ke nama file yang dimodifikasi dalam operasi. Contoh: file.jpg -> file (1).jpg
  • Item Name Only: Hanya bagian nama file (bukan ekstensi file) yang dimodifikasi oleh operasi. Mis: file.txt -> filebaru.txt
  • Item Extension Only: Hanya bagian ekstensi file (bukan nama file) yang dimodifikasi oleh operasi. Mis: file.txt -> file.doc

Regular Expressions

Di bagian atas terdapat istilah Regular Expressions yang merupakan bagian dari PowerRename. Untuk sebagian besar penggunaan, pencarian dan penggantian yang sederhana sudah cukup. Untuk penggunaan lain yang membutuhkan kontrol lebih besar, di sinilah regular expressions memainkan perannya. Regular Expressions menentukan pola pencarian untuk teks. Regular Expressions dapat digunakan untuk mencari, mengedit, dan memanipulasi teks. Pola yang ditentukan oleh Regular Expressions bisa jadi cocok satu atau beberapa kali, atau tidak cocok sama sekali untuk string yang diberikan.

Untuk mengaktifkan ekspresi reguler, centang kotak Use Regular Expressions. Selain itu juga disarankan untuk mengaktifkan centang pada Match All Occurrences pada penggunaan Regular Expressions. Berikut ini contoh pencocokan sederhana menggunakan regular expressions:
.*
Mencocokkan semua teks dalam nama
^movie
Hanya mencocokkan teks yang dimulai dengan kata "movie"
music$
Hanya mencocokkan teks yang diakhiri dengan kata "music"
^movie music$
Hanya mencocokkan teks yang dimulai dengan kata "movie" dan berakhir dengan kata "music"
.+?(?=movie)
Mencocokkan semuanya hingga ada kata "movie"
movie[\s\S]*music
Mencocokkan semuanya antara kata "movie" dan "music"

Kalau diperhatikan memang semua fitur-fitur di atas membuat PowerRename terdengar lebih rumit. Kita mungkin terbiasa dengan fitur rename file standar. Tapi untuk kebutuhan khusus, PowerToys merupakan fitur sederhana dengan kemampuan yang luar biasa.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengganti Nama Banyak File Sekaligus dengan PowerRename"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel