Membuat Angka Acak di Excel


Membuat Angka Acak di Excel
Mungkin suatu saat kita perlu membuat angka acak di Excel tanpa harus mengetik satu per satu. Misalnya, untuk memilih pemenang secara acak dari daftar atau untuk mendapatkan daftar angka acak untuk analisis data atau membuat grup acak siswa di kelas. Apa pun tujuannya, Excel telah menyediakan formula untuk membuat angka acak dengan mudah.

Ada dua fungsi yang bisa digunakan untuk menghasilkan angka acak di Excel: RAND dan RANDBETWEEN.


  • Fungsi RANDBETWEEN akan menghasilkan angka acak, tetapi ada kemungkinan pengulangan dalam hasilnya.
  • Fungsi RAND lebih cenderung memberi hasil tanpa pengulangan. Namun hanya memberikan angka acak antara 0 dan 1. Ini dapat digunakan dengan formula RANK untuk menghasilkan angka acak unik di Excel.

Membuat Angka Acak Menggunakan Fungsi RANDBETWEEN di Excel

Fungsi Excel RANDBETWEEN menghasilkan satu set angka acak integer antara dua angka yang ditentukan. Fungsi RANDBETWEEN mengambil dua argumen, yaitu nilai bawah dan nilai atas. Hasilnya akan memberikan angka integer antara dua angka yang ditentukan tersebut.

Misalnya, saya ingin menghasilkan 5 angka acak antara 1 dan 20.
Berikut adalah langkah-langkah untuk menghasilkan angka acak menggunakan RANDBETWEEN:
  • Blok range tempat Anda ingin mendapatkan angka acak.
  • Di sel aktif, masukkan fungsi =RANDBETWEEN(1,20).
  • Tekan dan tahan tombol Ctrl dan Tekan Enter.
Membuat Angka Acak di Excel
Membuat Angka Acak di Excel

Cara ini akan langsung memberikan 5 angka acak dalam range sel yang dipilih.

Meskipun RANDBETWEEN memudahkan untuk mendapatkan bilangan bulat di antara angka-angka yang ditentukan, ada kemungkinan pengulangan yang tinggi dalam hasilnya.

Misalnya, ketika saya menggunakan fungsi RANDBETWEEN untuk mendapatkan 5 angka acak dari 10 menggunakan rumus =RANDBETWEEN(1,10), maka kemungkinan muncul data duplikat sangat tinggi.
Membuat Angka Acak di Excel
Membuat Angka Acak di Excel


Jika adanya data duplikat tidak menjadi masalah, maka RANDBETWEEN adalah cara termudah untuk menghasilkan angka acak di Excel.

Membuat Angka Acak Tanpa Perulangan Menggunakan Fungsi RAND dan RANK di Excel

Formula sebelumnya memiliki batasan yaitu adanya perulangan angka yang mungkin terjadi. Berikut ini adalah contoh misalkan saya ingin membuat 10 angka acak di Excel tanpa berulang.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghasilkan angka acak di Excel tanpa pengulangan:
  • Blok range sel dimana Anda ingin mendapatkan angka acak.
  • Di sel aktif, masukkan formula =RAND().

Membuat Angka Acak di Excel
Membuat Angka Acak di Excel

  • Tekan dan tahan tombol Ctrl dan Tekan Enter.
  • Pilih semua sel tempat dimana hasil dari fungsi RAND di atas dan ubah menjadi nilai. Nilai di sini berarti kita akan menghilangkan formulanya sehingga angka random tersebut menjadi nilai angka biasa. Untuk mengubahnya bisa menggunakan Copy > Paste Special > Values. Atau gunakan shortcut dengan urutan tombol Alt > E > S > V > Pilih OK.
  • Di kolom sampingnya, gunakan rumus berikut: =RANK.EQ(A1,$A$1:$A$10).
Membuat Angka Acak di Excel
Membuat Angka Acak di Excel


Sekarang muncul angka-angka yang tidak mungkin memiliki nilai yang sama atau duplikat. Kita dapat menggunakan nilai-nilai di kolom B ini sebagai angka acak. Cara ini sangat berguna terutama jika kita membutuhkan ratusan atau ribuan angka acak yang tidak boleh ada nilai yang duplikat.

Perhatian:

RAND adalah rumus yang fleksibel dan akan dihitung ulang setiap kali ada perubahan di lembar kerja, termasuk mengisi atau mengubah nilai di sel lainnya. Untuk lebih aman pastikan Anda telah mengonversi semua hasil fungsi RAND ke nilai atau value.

Hasil dari fungsi RAND tidak ada yang duplikat, tapi disarankan untuk memeriksa kembali setelah Anda menghasilkan angka-angka ini. Anda dapat menggunakan Conditional Formatting untuk melihat duplikat atau menggunakan opsi Remove Duplicate untuk memeriksanya.

Belum ada Komentar untuk "Membuat Angka Acak di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel