Tips Membuat Presentasi yang Menarik dengan Power Point

Tips Membuat Presentasi yang Menarik dengan Power Point
Apakah Anda sudah memahami bagaimana membuat presentasi yang menarik dengan Power Point? Kita mungkin telah banyak bekerja menggunakan Power Point dan membuat file presentasi, dengan menambahkan gambar ClipArt dan judul yang cantik untuk menyajikan tampilan yang membuat kagum semua orang di ruangan, tapi kita dapat melakukan jauh lebih banyak daripada yang sering kita lihat. Bnyak perusahaan secara aktif mencari cara-cara baru untuk meningkatkan keterampilan membuat presentasi yang lebih menarik menggunakan program aplikasi Power Point untuk manfaat organisasi secara keseluruhan.

Setiap versi baru dari Power Point memiliki fitur baru yang ditambahkan dan hal yang berbeda dapat kita gunakan untuk meningkatkan nilai lebih dan membuat file yang lebih menarik perhatian. Berikut beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk memperindah tampilan presentasi kita:

Menambahkan video ke Power Point
Untuk menggambarkan sesuatu daripada hanya menjelaskan dan dapat berpotensi menimbulkan rasa bosan pada penonton, alangkah baiknya jika kita menambahkan video ke dalam presentasi yang ditempatkan pada titik yang relevan. Versi awal Power Point belum dapat atau cukup sulit untuk melakukannya, kebanyakan orang yang ingin memainkan video YouTube misalnya, harus keluar dari slideshow dengan klik alamat halaman internet yang tepat dan memutar video di sana, yang berarti bahwa aliran presentasi telah hilang.

Tips Membuat Presentasi yang Menarik dengan Power Point

Namun, kita kini dapat menambahkan video ke slide dengan cepat dan mudah dengan hanya klik tab Insert dan memilih sumber Video yang akan digunakan, baik dari Youtube maupun dari file di komputer kita. Ukuran dan posisi video pada slide juga dapat kita sesuaikan. Teknik yang sama dapat diterapkan untuk mengambil video di Facebook atau website lainnya.

Menambahkan audio ke Power Point
Mungkin ada waktu dalam presentasi di mana Anda ingin memutar file audio atau suara, misalnya pidato dari tokoh atau pemimpin yang relevan dan sesuai dengan isi presentasi Anda yang akan membuat dampak yang lebih dalam jika semua orang mendengarkan kata-kata daripada menonton video, atau Anda juga dapat memutar musik favorit Anda.

Tips Membuat Presentasi yang Menarik dengan Power Point

Anda dapat menambahkan audio dengan cara yang hampir sama dengan cara memasukkan video. Anda dapat mengambil file audio secara online, file dari komputer atau merekamnya secara langsung. Jika Anda sudah memilih file akan muncul bar audio dengan tombol play/stop yang dapat Anda gunakan selama presentasi.

Blackout dan Whiteout
Menjaga perhatian dan fokus peserta selama presentasi terutama saat Anda berbicara, sangat penting. Sangat mudah bagi pikiran kehilangan konsentrasi dan apa yang kita katakan akan hilang begitu saja. Jika Anda ingin membawa perhatian kembali kepada Anda, tanpa ada mata yang berkeliaran, Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol.

Ketika Anda sedang berada di tengah-tengah presentasi dan Anda sedang menjelaskan sesuatu yang penting, tentu Anda ingin para peserta benar-benar memperhatikan apa yang Anda katakan. Anda dpat menekan tombol "B" (yang berarti Black) pada keyboard untuk membuat layar berwarna hitam atau "W" (yang berarti White) agar layar menjadi putih. Anda dapat menekan tombol yang sama untuk kembali menampilkan presentasi Anda. Hal ini berfungsi untuk mengalihkan perhatian peserta presentasi dari layar ke Anda. Pilihan Black dan White dapat Anda sesuaikan dengan suasana ruangan, apakah gelap atau terang.

Pertimbangkan Teks dan Warna Background
Banyak presentasi Power Point mengalami kegagalan karena warna teks terlalu dekat dengan warna background atau latar belakang. Masalah ini mungkin tidak tampak ketika Anda sedang menyusun slide di kompuer atau laptop Anda, tetapi ketika ditampilkan ke projector akan memiliki kecenderungan untuk lebih terlihat berbeda dari warna di layar komputer dan mendistorsi nuansa warna, yang akhirnya tidak dapat dibedakan antara tulisa dan background. Tak seorang ingin hal ini terutama selama presentasi yang penting.

Jangan pernah gunakan kontras warna yang terlalu dekat, seperti pink dan kuning, tetapi tetap saja kadangkala Anda harus mencoba dan mempertahankan sejumlah warna visual, asalkan selalu memastikan dapat terbaca dengan jelas.

Hindari Presentasi yang Berlebihan
Tak seorang pun ingin melihat presentasi dengan puluhan animasi yang malah memperlambatnya, cukup gunakan beberapa animasi yang berbeda dan masih terkait antar slide. Utamakan tansisi slide yang berbeda sehingga penonton tidak melihat format yang sama setiap kali slide baru ditampilkan, tapi jangan terlalu berlebihan. Ini adalah salah satu faktor paling sederhana yang harus diperhatikan dan banyak orang mungkin tidak menyadarinya. Ada baiknya Anda menggunakan template yang sudah disediakan karena sudah memiliki kontras warna yang tepat, Anda cukup mengganti beberapa hal kecil saja.

Untuk membuat presentasi yang baik dan menarik menggunakan Power Point, beberapa hal yang perlu Anda perhatikan antara lain warna, teks, komposisi, dan animasi.

Anda juga dapat meng-eksport file presentasi Anda menjadi sebuah video tunggal yang dapat diputar tanpa aplikasi Power Point, untuk lebih jelasnya silahkan buka artikel tentang Membuat Video Sederhana Menggunakan Power Point.

Belum ada Komentar untuk "Tips Membuat Presentasi yang Menarik dengan Power Point"

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel