File Transfer Protocol

Apa itu FTP?
File Transfer Protocol (FTP) adalah sebuah protokol yang digunakan untuk transfer file melalui Internet. Sebagian besar orang menggunakan FTP agar file-file mereka tersedia untuk di-download, tapi FTP juga dapat digunakan untuk upload halaman web untuk membangun sebuah website atau untuk meletakkan foto digital di situs picture sharing.
Saat ini FTP sudah terintegrasi dengan IIS 7.5 pada Windows. IIS (Internet Information Services) 7.5 adalah sebuah software web server yang ada di Windows. IIS secara default tidak terinstall saat Windows diinstall. IIS bisa diinstall dengan dua cara yaitu untuk static content, untuk HTML file dan image files dan untuk dynamic content, seperti web applications atau file server-side include (.ssi),

Langkah-Langkah Memulai FTP
Penggunaan FTP sebenarnya sangat mudah, ketik alamat FTP di address bar atau klik link FTP yang ada di halaman web.
Alamat FTP dimulai dengan ftp:// bukan http://. Misalnya, untuk membuka website FTP Microsoft, ketik ftp://ftp.microsoft.com, kemudian tekan Enter.
Mengakses website FTP dan men-download file
  1. Pada address bar web browser, ketik Internet address atau URL (Uniform Resource Locator) untuk situs FTP yang ingin dibuka(misalnya, ftp://ftp.microsoft.com/), kemudian tekan Enter.
  2. Ketika situs FTP sudah terbuka, anda dapat melakuukan hal-hal berikut ini :
    • Untuk membuka suatu file atau folder, klik pada file atua folder tersebut.
    • Untuk men-download suatu file atau folder akan berbeda-beda antara satu browser dan browser yang lain. Biasanya akan muncul alert apakah kita ingin men-downloan file tersebut atau tidak.
Upload file ke website FTP
Untuk meng-upload file ke website FTP, biasanya dibutuhkan ijin (permissions) tertentu  dari orang yang memiliki website tersebut. Orang yang memiliki website tersebut biasanya memberi user name dan password, yang digunakan untuk sign in ke situs FTP tersebut.
Menggunakan FTP untuk Copy dan Move File antar Website
Sebenarnya kita tidak bisa langsung meng-copy atau memindah fila dan folder antar website secara langsung dari satu website ke website lain menggunakan FTP. Cara kerjanya adalah pertama kita gunakan FTP untuk men-download file dan folder ke komputer lokal, kemudian gunakan FTP lagi utnuk upload file dan folder tersebut ke website lainnya.

Belum ada Komentar untuk "File Transfer Protocol"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel