Senin, 07 Juli 2014

Fitur-Fitur Tersembunyi Google Yang Sangat Bermanfaat

Fitur-Fitur Tersembunyi Google Yang Sangat Bermanfaat
Ahir-akhir ini sepertinya Google sudah mulai bekerja keras untuk mencapai tujuannya, yaitu mengorganisir informasi dunia, sehingga lebih mudah bagi kita untuk menemukan informasi yang kita perlukan. Mungkin pada akhirnya Google berencana untuk mengambil alih seluruh dunia :-o . Tapi saat ini sudah banyak perusahaan IT yang sudah terkenal dan sedang menyusul ketenaran Google. Bisa dikatakan Google adalah sumber tenaga internet karena Google memiliki fitur dan alat yang kita butuhkan untuk membantu mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Dasar bisnis Google adalah mesin pencari (search engine), tapi seiring berkembangya waktu itu bukan satu-satunya layanan yang ditawarkan Google. Jika Anda mencari lebih dalam di situs Google, Anda akan menemukan segala aplikasi yang dapat menunjang produktivitas kita.
Selain mesin pencari, Google telah membuat banyak aplikasi yang telah digunakn oleh jutaan orang di seluruh dunia, mari kita mulai dengan GMail.

  • Google E-mail / GMail
Fitur-Fitur Tersembunyi Google Yang Sangat Bermanfaat
GMail dimulai pada tahun 2004 yang hanya melayani perusahaan internal Google. Kemudian memberikan kesempatan pada sejumlah orang terpilih untuk menguji layanan e-mail tersebut. Setelah itu, dilakukan pendekatan bertahap sehingga orang luar dapat menggunakan layanan Gmail dengan cara harus mendapatkan undangan dari orang lain yang sudah menggunakannya. Setelah tiga tahun Google baru membuka akses ke masyarakat luas. Sekarang siapa pun dapat membuat account Gmail.

Kelebihan Gmail adalah dapat mengatur pesan ke dalam bentuk percakapan/chat. Jika seseorang mengirim pesan dan Anda membalasnya, Gmail akan menyajikan dua pesan dalam satu tumpukan. E-mail asli akan berada di atas dan jawaban Anda akan muncul di bawahnya. Pesan berikutnya akan muncul di bawah aslinya secara berturut-turut sehingga tidak membutuhkan terlalu banyak temapt pada layar. Dengan mengelompokkan pesan dan balasan dalam satu tempat, Gmail memudahkan Anda melacak beberapa percakapan sekaligus.

  • GTalk
Fitur-Fitur Tersembunyi Google Yang Sangat Bermanfaat
Dengan berkembangnya pesan instan (chatting) Google telah mengantisipasinya dengan hadirnya Google Talk (GTalk). Diperkenalkan pada tahun 2005, Google Talk adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda mengirim pesan satu sama lain. Tidak seperti Gmail, Google Talk tidak sepenuhnya berbasis Web. Anda harus men-download aplikasi ini dan meng-installnya di komputer.
Fitur yang ditawarkan juga lebih banyak dari pesan sederhana. Anda dapat mengirim file dengan ukuran tertentu.
Google Talk juga memiliki fitur voice over internet protocol (VOIP) sehingga Anda dapat berbicara dari PC ke PC lainnyasecara langsung. Anda dan orang yang Anda hubungi hanya membutuhkan mikrofon dan speaker.

  • Google Checkout
Fitur-Fitur Tersembunyi Google Yang Sangat Bermanfaat
Jaman sekarang banyak orang menggunakan internet untuk berbelanja. Salah satu kelemahan dari belanja online adalah melibatkan transmisi informasi pribadi Anda melalui Internet. Jika Anda ingin membeli barang di situs Web yang berbeda, Anda harus memasukkan semua informasi Anda beberapa kali. Google melihat kesempatan untuk menciptakan sebuah alat yang akan memungkinkan pedagang dan pembeli untuk berhubungan melalui sistem checkout universal.
Cara kerjanya adalah pertama anda membuat akun Google. Jika Anda sudah memiliki akun Google, Anda harus memberikan nomor kartu kredit, alamat penagihan, alamat pengiriman dan nomor telepon. Setelah Anda menyelesaikan langkah ini, Anda dapat menggunakannya untuk berbelanja di situs-situs yang memberikan fasilitas pembayaran melalui Google Checkout.

  • Google Calendar
Fitur-Fitur Tersembunyi Google Yang Sangat Bermanfaat
Anda dapat menggunakan Google Calendar untuk menjadwalkan acara dan mengundang orang untuk berpartisipasi. Dengan berbagi folder, Anda dapat membandingkan jadwal Anda dengan pengguna lain. Jika semua orang selalu memperbarui kalendernya akan meminimalisir konflik acara. Satu akun dapat membuka beberapa kalender dan melihat semua acara yang dijadwalkan dalam satu tempat. Karena banyaknya acara bisa membingungkan, Google menampilkan acara masing-masing kalender dalam warna yang berbeda.

  • Google Docs
Fitur-Fitur Tersembunyi Google Yang Sangat Bermanfaat
Google Docs merupakan tanda upaya serius Google untuk masuk ke produktivitas perangkat lunak online. Google Docs mencakup pengolah kata, spreadsheet editor dan aplikasi presentasi (Dalam MS Office dikenal dengan Word, Excel, Power Point). Pada dasarnya, aplikasi perangkat lunak dasar ini merupakan kebutuhan utama banyak orang. Selain menyimpan semua data Anda ke harddisk komputer, Anda dapat menyimpan file Google Docs Anda ke sistem file Google. Karena file Anda berada di web, Anda dapat mengaksesnya dari komputer manapun yang terhubung ke internet. Dokumen Anda tidak terikat dengan perangkat tertentu.
Fitur lain dari Google Docs adalah kemampuan untuk sharing dokumen dan mengedit dokumen pengguna lainnya. Beberapa orang dapat membuat, mengedit dokumen yang sama pada waktu yang sama pula.

  • Google Maps
Fitur-Fitur Tersembunyi Google Yang Sangat Bermanfaat
Google meluncurkan fitur peta online di tahun 2005. Google Maps memungkinkan Anda melihat peta area tertentu dan mendapatkan petunjuk arah dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Google Maps memungkinkan pengguna untuk melihat peta jalan, peta medan topografi atau bahkan pandangan satelit. Untuk beberapa area khusus, Google juga memiliki fitur peta lalu lintas yang dapat memperlihatkan arus lalu lintas atau kemacetan.
Pada tahun 2008, Google menambahkan fitur baru untuk Google Maps. Sekarang Anda bisa memperoleh rute dari satu lokasi ke lokasi lain dengan jarak terpendek antara dua titik.

  • Google Earth Maps
Fitur-Fitur Tersembunyi Google Yang Sangat Bermanfaat
Google selalu mencari cara baru untuk mengatur dan menyajikan informasi.
Google mengakuisisi sebuah perusahaan bernama Keyhole pada tahun 2005. Keyhole merupakan nenek moyang Google Earth, sebuah dunia digital yang memberikan kemampuan untuk memperbesar dan memperkecil tampilan mulai dari beberapa puluh meter dari permukaan bumi. Google Earth memberikan banyak pilihan, mulai dari melihat gambar satelit dari planet hingga peta overlay dan fitur medan tiga dimensi.

  • Google Desktop
Fitur-Fitur Tersembunyi Google Yang Sangat Bermanfaat
Pernahkah Anda mencari file tertentu di komputer Anda? Atau e-mail yang ada di suatu tempat di tengah-tengah sebuah folder yang memiliki ribuan pesan di dalamnya? Mungkin hal ini akan berujung frustasi. Di situlah Google Desktop muncul. Google Desktop adalah aplikasi gratis yang dapat di-download dan di-instal di komputer pribadi kita. Google Desktop bekerja dengan melakukan pencarian dan mengindeks file pada komputer kita. Proses ini berjalan ketika komputer berada pada kondisi idle dan tidak kita gunakan untuk bekerja.
Selain nama file, Google Desktop juga akan memindai isi file di dalamnya. Mungkin Anda tidak ingat subyek e-mail tertentu, tetapi Anda ingat beberapa kta di dalamnya.

  • iGoogle
Fitur-Fitur Tersembunyi Google Yang Sangat Bermanfaat
Pada umumnya, setiap orang memiliki beberapa situs Web atau aplikasi yang paling sering digunakan. iGoogle berfungsi sebagai tempat untuk mengumpulkan situs-situs Web tersebut sehingga Anda bisa langsung menuju ke satu tempat untuk mengakses semua daftar web pilihan kita. Itulah konsep di balik iGoogle, aggregator gratis atau layanan Web Portal.
Layanan iGoogle memungkinkan Anda untuk memilih beberapa aplikasi dan feed berita dari internet. Anda dapat menyesuaikan tampilan halaman iGoogle sesuai keinginan. Sebagai contoh, penggemar olahraga dapat menambahkan aplikasi yang menampilkan skor terbaru dan statistik tim favorit dari internet dan menampilkannya di jendela khusus pada halaman iGoogle.

  • Google Health
Fitur-Fitur Tersembunyi Google Yang Sangat Bermanfaat
Berganti-ganti dokter bisa menjadi pengalaman yang tidak terlalu baik bagi beberapa orang. Anda dapat menemukan cara untuk mendapatkan informasi medis dari satu dokter dan dokter yang lain yang berarti Anda harus bergantung pada orang lain dan berharap bahwa mereka merespon. Memberikan data medis Anda sangat penting karena informasi tersebut digunakan oleh dokter untuk mengetahui tentang riwayat kesehatan Anda, sehingga semakin efektif diagnosa dan pengobatan yang dilakukan.
Solusi Google untuk masalah ini adalah dengan menciptakan lokasi/server terpusat untuk file medis Anda yang disebut dengan Google Health. Dokter mentransfer file rekam medis ke database Google. Sehingga daripada harus mencari di antara ribuan tumpukan kertas, dokter Anda dapat log in akun Google dan melakukan pencarian (search) seluruh rekam medis Anda. Anda tidak perlu khawatir tentang ingatan dokter Anda atau harus berganti ke dokter yang baru.

Seluruh fitur-fitur ini dapat kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Tentu tidak semua dapat kita aplikasikan, sebut saja Google Health. Tidak semua dokter di Indonesia mengetahuinya, bahkan ada saja yang tidak mengerti apa itu e-mail. Itulah sebabnya rakyat Indonesia masih perlu pemahaman lebih lanjut mengenai dunia IT.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon