Cara Menghapus Data Diri dari Internet

Cara Menghapus Data Diri dari Internet
Apakah informasi mengenai Anda seperti nama, foto, alamat, nomor telepon sudah tersebar di dunia maya dan Anda tidak menginginkannya? Jika memang demikian, apakah Anda siap untuk melakukan pekerjaan besar? Karena hal ini tidak sesederhana seperti menekan tombol. Memang tidak mudah jika kita ingin menghilangkan informasi yang sudah ada di internet, tapi di sini ada beberapa cara mudah yang setidaknya dapat mengarahkan Anda menghapus data diri dari internet.

Jika ketika Anda membaca artikel ini dan pada saat yang bersamaan login ke Facebook, Twitter atau email, sangat besar kemungkinannya bahwa informasi pribadi Anda tersedia untuk umum. Dan mungkin Anda tidak pernah dapat menghapus diri Anda sepenuhnya dari internet, tapi ada cara untuk meminimalkan jejak online Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya.
Berhati-hatilah sebelum menghapus informasi Anda dari Internet seperti cara-cara di bawah ini, karena dapat mempengaruhi Anda untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Cara Menghapus Data Diri dari Internet

  • Hapus atau non-aktifkan akun jaringan sosial, akun layanan web, dan rekening belanja serta informasi lain.
Jaringan sosial termasuk situs seperti Facebook, Twitter, Google+, dan LinkedIn. Rekening belanja termasuk informasi yang tersimpan di Amazon, Tokopedia, Elevenia dan toko online lainnya. Selain itu layanan web yang mungkin termasuk media penyimpanan cloud seperti Dropbox dan OneDrive.
Untuk menghilangkan account tersebut, cari pengaturan akun Anda dan cari pilihan untuk menonaktifkan, menghapus, atau menutup akun Anda. Tergantung pada account, Anda dapat menemukannya di bawah Keamanan atau Privasi, atau sesuatu yang serupa.
Cara Menghapus Data Diri dari Internet

Jika Anda mengalami masalah dengan rekening tertentu, coba cari informasi di Google dengan kata kunci "Bagaimana menghapus akun", diikuti dengan nama akun yang ingin Anda hapus. Anda dapat menemukan beberapa petunjuk tentang cara untuk menghapus account tertentu.
Jika karena alasan tertentu Anda tidak dapat menghapus suatu akun, ubahlah informasi di akun dengan info lain, mungkin info palsu atau data acak.

  • Hapus data Anda dari situs pengumpulan data.
Ada situs di luar sana yang mengumpulkan informasi Anda, terutama untuk menawarkan barang-barang kepada Anda. Anda dapat membuktikannya ketika membuka email spam, ada begitu banyak berbagai jenis tawaran kepada Anda. Mereka memiliki nama seperti Spokeo, CrunchBase, PeopleFinder, serta banyak lainnya.
Anda dapat menemukan situs-situs ini dengan mencari nama Anda di Google dan melihat situs mana saja yang menyimpan nama Anda. Masalahnya, prosedur untuk menonaktifkan data dari setiap situs berbeda-beda dan kadang-kadang mengharuskan mengirim dan mengisi dokumen fisik yang sebenarnya.


  • Hapus info langsung dari website.
Hal ini terjadi jika Anda memiliki website pribadi, atau perusahaan tempat Anda bekerja yang mencantumkan data diri Anda. Jika Anda ingin menghapus posting forum, Anda harus menghubungi webmaster dari situs tersebut secara individual. Anda dapat melihat bagian Tentang Kami atau Kontak pada halaman situs untuk menemukan orang yang tepat untuk dihubungi.
Google URL Removal Tool merupakan tool yang sangat bermanfaat untuk menghapus data-data yang salah di masa lalu dari Internet.
Cara Menghapus Data Diri dari Internet


  • Hapus hasil mesin pencari yang berisi informasi tentang Anda.
Mesin pencari seperti Bing, Yahoo, dan Google mengumpulkan berbagai informasi yang dicari oleh pengguna, termasuk data diri Anda. Khusus Google memiliki URL Removal Tool yang dapat membantu Anda menghapus URL tertentu.
Sebagai contoh, jika seseorang telah memposting informasi sensitif seperti nomor telepon atau nomor rekening bank dan webmaster dari situs tersebut tidak mau menghapusnya, Anda setidaknya dapat menghubungi mesin pencari untuk menghapusnya dari hasil pencarian.

  • Hapus akun email Anda
Tergantung pada jenis akun email yang Anda miliki, langkah ini akan membutuhkan waktu yang bervariasi. Beberapa jenis akun akan tetap terbuka untuk waktu tertentu, jadi ada kesempatan jika Anda ingin mengaktifkan kembali, misalnya fitur yang disediakan oleh Facebook.
Alamat email diperlukan untuk menyelesaikan langkah-langkah sebelumnya, jadi pastikan langkah ini dilakukan terakhir. Tapi saat ini alamat email sangat diperlukan untuk mendukung kinerja kita, tanpa email kita akan sangat kesulitan berhubungan dengan orang lain.
Ingatlah untuk bersabar ketika melalui proses ini. Jangan berharap akan selesai dalam satu hari, dan Anda juga mungkin harus menerima kenyataan bahwa ada beberapa hal yang tidak akan dapat secara permanen hilang dari Internet.

4 Komentar untuk "Cara Menghapus Data Diri dari Internet"

  1. Mas tanya klo mau tahu caranya sukses di google adsense gmn ya mksh atas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kalau masalah adsense saya masih belum begitu menguasai. memang saat ini mau daftar aja susah, beda kayak beberapa tahun lalu. kalau saya pribadi sih gak begitu mikirin ads, yang penting bikin konten yang sesuai interest dan menurut saya bermanfaat buat orang lain.,

      Hapus
  2. Mas cara menghapus link negatif dari google gimana ya?
    padahal link tersebut telah usang , tp masih muncul di penelusuran Google Search , mohon bantuannya

    BalasHapus
  3. @Novan : kontak saja web ownernya tempat link tersebut berada, tapi memang butuh kesabaran dan respon yang berbeda-beda dari webmaster. Selain itu pakai tool dari Google Webmaster namanya Disavow Tool.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel