Cara Mengubah Huruf Besar dan Kecil di MS Excel

Cara Mengubah Huruf Besar dan Kecil di MS Excel
MS Excel adalah salah satu program aplikasi lembar sebar (spreadsheet) yang paling banyak digunakan. Sebagai pengguna komputer kita pasti paling tidak pernah menggunakannya untuk keperluan administrasi. Excel memiliki fitur-fitur yang sangat banyak, tapi apakah kita mengetahuinya?

Ada kalanya kita sudah membuat dokumen pada MS Excel, tapi kita harus mengubah jenis huruf menjadi kapital atau sebaliknya. Jika pada program MS Word terdapat fasilitas Change Case untuk mengerjakannya, tapi pada MS Excel kita membutuhkan formula dan sedikit trik untuk membuat hasil yang sama. Ada beberapa jenis formula/rumus untuk mengubah jenis huruf sesuai dengan keinginan kita, diantaranya:

UPPER
UPPER digunakan untuk membuat semua karakter menjadi kapital.

LOWER
LOWER digunakan untuk membuat semua karakter menjadi huruf kecil.

PROPER
PROPER digunakan untuk membuat huruf kapital hanya pada awal kata.

Untuk penggunaannya kita berasumsi sudah memiliki data pada kolom A (lihat gambar) yang semuanya huruf kecil dan akan mengubah jenis hurufnya pada kolom B, C dan D.

Cara Mengubah Huruf Besar dan Kecil di MS Excel
Pada kolom B kita masukkan rumus =UPPER(A2) sehingga akan menampilkan tulisan pada cell A2 menjadi huruf kapital semua. Langkah yang sama juga dapat Anda lakukan untuk PROPER pada cell C2 dan LOWER pada cell D2
Cara Mengubah Huruf Besar dan Kecil di MS Excel
.
Jika Anda perhatikan, tulisan tersebut adalah hasil dari rumus yang kita masukkan, misalnya klik cell B2 maka pada Formula Bar yang muncul adalah rumusnya, bukan tulisannya. Jadi untuk mengambil tulisan yang sudah kita buat dengan rumus, kita harus COPY dan PASTE SPECIAL.
Cara Mengubah Huruf Besar dan Kecil di MS Excel

  1. Klik pada cell B2 > COPY.
  2. Pada Cell B3 klik kanan > PASTE SPECIAL > pilih VALUES.
Cara Mengubah Huruf Besar dan Kecil di MS Excel

Proses ini akan mengcopy isi cell bukan rumusnya, jadi kita akan mendapatkan tulisan tanpa rumus lagi. Jadi seolah-olah kita mengetik ulang dengan jenis huruf yang berbeda. Bayangkan jika kita memiliki ribuan kalimat yang harus kita ubah menjadi huruf besar atau kecil pasti akan memakan lebih banyak waktu. Semoga bermanfaat.

2 Komentar untuk "Cara Mengubah Huruf Besar dan Kecil di MS Excel"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel