Selasa, 15 Desember 2015

Fitur Baru Windows 10

Fitur Baru Windows 10
Fitur dan teknologi baru pada sistem operasi Windows 10 - Sistem operasi terbaru dari Microsoft yaitu Windows 10 yang diluncurkan beberapa waktu lalu, memiliki banyak fitur-fitur baru yang tidak dimiliki pendahulunya. Beberapa fitur merupakan peningkatan dari Windows 8. Dengan diluncurkannya Windows 10, kita tetap mendapatkan nuansa touch yang dibuat untuk Windows 8, digabungkan dengan menu Start yang banyak kita gunakan pada sistem operasi desktop Windows 7 atau XP, semua dijalankan di atas sistem dengan keamanan yang lebih tinggi, browser baru, Cortana, dan masih banyak lagi. Kali ini kita akan membahas fitur-fitur baru pada sistem operasi Windows 10.
Meskipun Anda sudah familiar dengan sistem operasi Windows sebelumnya, tetap saja kita perlu menyesuaikan diri dengan tampilan baru Windows 10, atau letak program yang biasa kita gunakan. Selain itu, Windows 10 dianggap lebih dari sekedar sistem operasi PC, tapi juga dirancang agar dapat dijalankan pada perangkat ponsel dan tablet Windows.
Baca juga: Menambahkan Program Startup di Windows 10

Berikut adalah beberapa fitur baru dan ulang kunci Anda dapat mencoba sendiri sekarang bahwa Windows 10 telah mendarat.

Start Menu Baru
Fitur Baru Windows 10
Start Menu Windows 10
Tampilan Start yang memenuhi layar pada Windows 8 kini sudah berubah. Pada Windows 10, tampilannya merupakan gabungan dari menu Start pada Windows 8 dengan layout Windows 7. Pada sisi kiri kita dapat melihat daftar program aplikasi yang terinstall diurutkan sesuai abjad, sedangkan pada kolom kiri terdapat shortcut Tile yang mirip dengan tampilan Windows 8. Bedanya, pada start menu baru ini kita dapat mengatur ukurannya sesuai dengan keinginan kita.

Cortana
Fitur Baru Windows 10
Cortana
Cortana, asisten pada Windows Phone kini hadir di desktop Windows 10 berupa panel pencarian pada taskbar, yang juga dapat diaktifkan dengan mengatakan "Hei Cortana" (selama laptop atau komputer Anda memiliki mikrofon). Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk mencari berbagai informasi seperti aplikasi yang telah diinstal, dokumen, aplikasi dari Store, hasil pencarian dari web dan berbagai informasi lainnya.

Task Switcher dan Multiple Desktop
Fitur Baru Windows 10
Fitur Multiple Desktop
Anda mungkin sudah sangat sering menggunakan shortcut Alt + Tab untuk berpindah antar aplikasi. Pada Windows 10 fitur ini diperbarui, desain ulang dengan thumbnail yang lebih besar sehingga memudahkan kita menuju aplikasi dengan cepat. Selain itu ada fitur yang diadopsi dari sistem operasi Linux, yaitu multiple desktop yang seolah-olah kita memiliki lebih dari satu komputer. Jika Anda perlu mengatur banyak jendela dan Anda tidak memiliki beberapa monitor, Anda dapat menempatkannya pada beberapa desktop virtual. Anda dapat menekan tombol Windows + Tab untuk berpindah aplikasi seperti biasa, kemudian tekan tombol Windows + Ctrl + panah panah kiri/kanan untuk berpindah ke desktop di sampingnya.

Optimasi Fitur Snap
Fitur Baru Windows 10
Fitur Snap Windows 10
Karena semua aplikasi dan program berjalan berada pada desktop, kita dapat membagi layar untuk menampilkan beberapa aplikasi secara berdampingan. Kita dapat menarik jendela ke salah satu sisi atau sudut dan program aplikasi lain akan secara otomatis tampil pada sisi yang lain dan kita dapat memilihnya.
Pada Windows 10 kita bahkan dapat menggunakan semua sudut layar sehingga kita dapat mengatur hingga empat program aplikasi tampil bersamaan dengan mudah.

Action Center
Fitur Baru Windows 10
Action Center
Jika Anda pernah menggunakan Windows Phone 8.1, Android atau iOS, Anda pasti terbiasa dengan adanya notifikasi yang dibuka dengan menarik bagian atas layar ke bawah. Windows 10 menempatkan Action Center ini di bagian bawah sebelah kanan layar. Action center ini akan menampilkan berbagai notifikasi di bagian atas dan pilihan setting di bagian bawah yang dapat kita atur.

Pembaruan Command Prompt (CMD)
Fitur Baru Windows 10
Command Prompt
Bagi Anda yang sering menggunakan command prompt pasti merasa bagian inilah yang tidak mengalami update dari berbagai versi Windows. Pada Windows 10 akhirnya kita bisa mengubah ukuran jendela dan menggunakan shortcut keyboard untuk copy+paste pada command prompt. Kita juga dapat mengatur jenis huruf, warna dan ukuran, bahkan kita dapat membuat jendela CMD transparan.
Baca juga: Fungsi Tersembunyi Windows Command Line CMD

File Explorer
Fitur Baru Windows 10
File Explorer
Windows Explorer telah berganti nama menjadi File Explorer dengan berbagai fitur baru. Tab Home di bagian atasmenampilkan daftar Quick Access file dan folder yang sering digunakan, yang membuat kita lebih cepat menemukan file dan folder yang kita cari. Selain itu ada beberapa tab lain yang akan muncul sesuai dengan jenis folder atau file yang sedang kita pilih.

Browser baru Microsoft Edge
Fitur Baru Windows 10
Browser Microsoft Edge
Untuk mengejar ketinggalan Internet Explorer dari browser baru seperti Chrome dan Firefox, Microsoft merancang browser terbaru, dengan waktu pembuatan yang cukup lama untuk menghasilkan browser yang cepat, yaitu Edge.
Browser Edge saat ini masih dikembangkan, tapi kita sudah dapat menggunakannya dengan baik. Selain itu Edge juga dapat berhubungan langsung dengan Cortana untuk mencari informasi dari halaman web dengan cepat. Situs-situs yang dulu tidak begitu kompatibel dengan Internet Explorer akan tampil lebih baik pada browser Edge.

Windows Store
Fitur Baru Windows 10
Windows Store
Windows 10 juga memperbarui Windows Store, di mana kita dapat men-download program-program aplikasi desktop serta aplikasi Windows metro. Banyak aplikasi universal yang dapat digunakan baik pada perangkat PC, Windows Phone, Xbox One dan perangkat lain, dengan tampilan yang berubah sesuai dengan ukuran layar yang berbeda.

Phone Companion
Fitur Baru Windows 10
Windows Phone Companion
Windows 10 juga telah menyediakan aplikasi baru untuk membantu Anda menghubungkan smartphone Anda agar dapat terhubung dan tersinkronisasi dengan PC Anda, serta dengan layanan Microsoft yang Anda gunakan seperti Cortana, Skype, Office dan OneDrive.

Selain fitur yang telah disebutkan di atas, masih banyak fitur lain yang dapat kita manfaatkan pada Windows 10.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon