Kamis, 26 Maret 2015

Membuat Backup Installer Windows 8 atau 8.1

Membuat Backup Installer Windows 8 atau 8.1
Para pakar IT pasti ingat untuk melakukan langkah penting ini, yang benar-benar dapat menyelamatkan system ketika terjadi kerusakan pada komputer Anda. Kembali pada masa awal kebangkitannya, komputer yang berisi sistem operasi Windows pasti disertai dengan media penyimpanan berisi installer Windows seperti floppy disk, CD dan DVD. Jika Anda perlu menginstal ulang sistem operasi untuk alasan apapun, Anda cukup menggunakan media tersebut.

Tapi saat ini sudah berbeda. Masih ingatkah kapan Anda terakhir membeli komputer atau laptop? Apakah Anda mendapatkan copy media installer? Hampir semua PC atau laptop saat ini tidak menyertakan salinan backup dari Windows. Jadi apa yang seharusnya Anda lakukan jika Anda perlu menginstal ulang OS?

Kita seharusnya sudah mulai proaktif. Anda akan merasakannya ketika mengganti hardisk, baik karena kerusakan atau upgrade dan Anda tidak memiliki media installer OS. Meskipun banyak produsen komputer yang dengan senang hati akan menjual media backup Windows, yang pastinya akan membutuhkan waktu lama, ditambah lagi Anda akan dikenakan biaya uang serta waktu. Pilihan yang lebih baik adalah membuat sendiri backup installer Windows 8 atau 8.1 sekarang juga sebelum terlambat.

Ada dua cara untuk melakukan hal ini, Anda dapat menyimpan backup sistem operasi di DVD atau membuat bootable flash drive. Sepertinya akan lebih mudah jika kita menggunakan flashdisk karena memang lebih cepat, lebih mudah, solusi yang lebih efisien. DVD drive sepertinya akan segera menghilang dari teknologi komputasi, yang berarti kita tidak akan menemukannya lagi pada perangkat kecuali komputer desktop, bahkan ada juga komputer desktop yang tidak memilikinya. Tapi bagaimana dengan port USB? Saat ini hampir semua perangkat memilikinya.

Langkah ini adalah prosedur yang cukup mudah, hanya dua hal yang perlu dipikirkan: memilih flashdisk atau DVD yang tepat dan menyiapkan waktu untuk membuat installer. Media penyimpanan yang diperlukan minimal berukuran 4GB dan data apa pun di dalamnya akan dihapus untuk membuat ruang untuk Windows. Jika Anda tidak memiliki drive cadangan, Anda bisa menggunakan DVD.
Perlu diperhatikan, jika perangkat Anda memiliki setidaknya satu port USB 3.0 (ditandai dengan warna biru), lebih baik pilih juga flashdisk yang sudah memiliki dukungan untuk USB 3.0. Hal ini akan secara dramatis mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membuat backup dan ketika menginstal Windows.

Selanjutnya, silahkan download dan jalankan Microsoft Media Creation Tool, file ini hanya berukuran sekitar 1,5 MB. Akan muncul jendela baru, silahkan pilih bahasa yang Anda inginkan, kemudian pilih versi Windows yang Anda miliki. Lalu apa itu "Windows 8.1 N"? Ini adalah versi lite dari Windows, dengan beberapa fitur yang dikurangi.

Membuat Backup Installer Windows 8 atau 8.1

Kemudian pada bagian Architecture pilih sesuai dengan system yang Anda miliki. Jika Anda kesulitan cukup buka System Properties dengan cara buka Control Panel > System.

Membuat Backup Installer Windows 8 atau 8.1

Setelah Anda memilih tiga pilihan tersebut, klik Next. Pada layar berikut, pilihan default adalah "USB flash drive" dan masukkan flashdisk, tunggu beberapa saat agar dikenali Windows dan kemudian klik Next lagi.

Membuat Backup Installer Windows 8 atau 8.1

Pilih drive yang Anda inginkan dan klik Next. Klik agreement untuk menghapus semua isi drive dan Next. Anda harus online selama prosedur ini, karena Microsoft Media Creation Tool akan mengambil file installer Windows langsung dari Microsoft.

Membuat Backup Installer Windows 8 atau 8.1

Seluruh proses memerlukan waktu yang bervariasi tergantung versi Windows, arsitektur, kecepatan internet dan kecepatan dari flashdisk. Dengan demikian, jika terjadi masalah dengan komputer, Anda bisa menggunakannya untuk repair atau install ulang system.

2 comments

mau tanya dong gan, ini pake internet? gak bisa offline backupnya?

Muhammad Irfan, jika offline berarti kita membuat backup OS yang sudah terinstall, bukan membuat installer OS. Backup OS yang sudah terinstall mirip dengan system restore

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon