Selasa, 08 Februari 2011

ReadyBoost

ReadyBoost dapat digunakan untuk mempercepat komputer anda dengan menggunakan ruang pada USB flash drive dan flash memory card. Ketika anda menancapkan storage device yang kompatibel dengan ReadyBoost ke komputer, dialog AutoPlay akan memberikan pilihan untuk mempercepat komputer anda menggunakan ReadyBoost. Jika anda memilih pilihan ini, anda bisa memilih berapa besar memory pada device tersebut yang akan dipakai untuk ReadyBoost.
Ketika anda mengatur device untuk bekerja dengan ReadyBoost, Windows akan menunjukkan berapa banyak space yang direkomendasikan untuk performance yang optimal. ReadyBoost dapat secara efektif mempercepat komputer anda jika flash drive atau memory card anda minimal memiliki 1 gigabyte (GB) free space. Jika device tidak memiliki cukup space untuk ReadyBoost, akan muncul pesan untuk menghapus sebagian isi dari device jika tetap ingin digunakan untuk ReadyBoost.
Anda bisa enable atau disable ReadyBoost untuk setiap flash drive atau removable storage.
Tab ReadyBoost memungkinkan anda menentukan berapa banyak ruang space pada removable device untuk boosting kecepatan sistem.


Jenis flash memory untuk ReadyBoost

Berikut ini beebrapa tips ketika memilih USB flash drive atau flash memory card yang akan digunakan untuk ReadyBoost:
  • Jumlah minimum space kosong untuk ReadyBoost direkomendasikan 1 GB.
  • Untuk hasil terbaik, gunakan flash drive atau flash memory card dengan free space paling sedikit dua kali dari memory komputer (RAM) komputer, dan jika bisa empat kali memory komputer. Misalnya, jika komputer anda memiliki RAM 1 GB dan anda memiliki USB flash drive sebesar 4 GB, set minimal 2 GB untuk mendapat performance terbaik dari ReadyBoost, dan lebih baik lagi gunakan 4 GB seluruhnya. Besar memory yang dibutuhkan tergantung bagaimana anda menggunakan komputer anda. Membuka banyak program sekaligus membutuhkan lebih banyak memory.
  • Gunakan 2 GB hingga 4 GB untuk ReadyBoost untuk hasil terbaik. Anda bisa memberi cadangan lebih dari 4 GB untuk ReadyBoost. (Storage devices dengan format file sistem FAT32 atau yang lebih lama tidak bisa menyimpan lebih dari 4 GB). Anda bisa menggunakan maximum 32 GB dari free space space pada removable storage dengan ReadyBoost dan hingga 256 GB total setiap komputer (caranya dengan memasang delapan USB flash drives atau flash memory card pada satu komputer).
  • USB flash drive untuk ReadyBoost harus support USB 2.0 atau lebih tinggi. Komputer anda harus memiliki minimal satu port USB 2.0 kosong untuk menancapkan flash drive tersebut. ReadyBoost bekerja lebih baik jika anda memasan g the flash drive ke port USB secara langsung pada komputer, daripada ke external USB hub yang disharing de ngan device USB yang lain.
  • Pastikan USB flash drive bekerja dengan ReadyBoost, lihat keterangan dari produk bahwa flash drive tersebut "Enhanced for ReadyBoost" (suppport ReadyBoost).  Tidak semua produk mencantumkan hal ini. Jika tidak disebutkan kompatibilitas untuk ReadyBoost, masih ada kemungkinan flash drive tersebut bsia bekerja dengan ReadyBoost.
  • Ada berbagai macam jenis flash memory cards, seperti CompactFlash dan Secure Digital (SD). Sebagian besar memory card bisa bekerja dengan ReadyBoost. Beberapa memory card SD tidak bekerja dengan ReadyBoost secara optimal yang kemungkinan karena interface SD card. ReadyBoost akan menampilkan sebuah error message jika anda mencoba menggunakan flash card tersebut.
Catatan :
  • Jika komputer anda menggunakan hard disk yang menggunakan teknologii solid-state drive (SSD), mungkin pilihan untuk speed up komputer dengan ReadyBoost tidak akan ditampilkan ketika anda menancapkan USB flash drive atau flash memory card. Hal ini dikarenakan beberapa jenis drive SSD memiliki kecepatan yang tinggi sehingga dirasa percuma untuk menggunakan ReadyBoost.
  • Pada beberapa situasi, anda tidak bisa menggunakan semua memory pada device untuk mempercepat komputer. Contohnya, beberapa device flash memory berisi slow dan fast flash memory, tapi ReadyBoost hanya akan menggunakan fast flash memory untuk mempercepat komputer anda.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon