Kamis, 25 Oktober 2018

Kelebihan Teknologi Wireless Terbaru Wi-Fi 6

Kelebihan Teknologi Wireless Terbaru Wi-Fi 6
Wi-Fi 6 terdengar agak asing di telinga kita karena sebelumnya kita lebih akrab dengan nama 802.11. Aliansi Wi-Fi telah mengubah skema penamaan untuk standar Wi-Fi, meninggalkan sebutan 802.11 menjadi nama yang lebih sederhana yaitu Wi-Fi 6. Sebenarnya apa itu Wi-Fi 6 dan apa kelebihannya?

Mulai saat ini terknologi wireless terbaru yang kita kenal sebagai 802.11ax secara resmi disebut Wi-Fi 6. Sistem baru yang disederhanakan juga berarti bahwa 802.11ac sekarang disebut dengan Wi-Fi 5, dan 802.11n adalah Wi-Fi 4. Gagasan ini bertujuan untuk membuat penyesuaian kemampuan dan kapabilitas router menjadi lebih sederhana untuk semua pengguna teknologi Wi-Fi.

Hal ini bisa disamakan dengan teknologi seluler: 3G, 4G, 5G dimana operator data seluler telah diluncurkan selama bertahun-tahun lalu tapi deskriptor yang luas dari generasi teknologi konektivitas yang ada di perangkat yang ditentukan.
Baca juga: Trik Mengamankan WiFi Router dari Serangan Hacker

Kelebihan Teknologi Wireless Terbaru Wi-Fi 6
Perbedaan penamaan standar Wi-Fi terbaru

Kelebihan Teknologi Wi-Fi 6

Teknologi dasar di balik Wi-Fi 6, yang masih dikenal sebagai 802.11ax di sisi teknis, menjanjikan kemajuan besar di segi kecepatan data yang lebih tinggi, termasuk kinerja yang lebih baik di lingkungan sinyal radio yang padat dan efisiensi daya yang lebih tinggi.

Wi-Fi 6 juga dianggap sebagai metode komunikasi yang paling memungkinkan untuk perangkat berbasis internet-of-things (IoT) yang memiliki kemampuan daya rendah dan masa pakai baterai terbatas. Berkat fitur yang disebut "target wake time", perangkat IoT Wi-Fi 6 dapat mematikan koneksi Wi-Fi pada waktu tertentu dan hanya terhubung sebentar sesuai jadwal untuk mengirim data yang telah dikumpulkan sejak terakhir kali terhubung, sehingga memperpanjang daya tahan baterai.

Perangkat Wi-Fi dengan Standar Wi-Fi 6

Berikut daftar perangkat yang sudah mengadopsi teknologi terbaru WiFi 6:
  • Aerohive (AP630, AP650, AP650X)
  • Asus (Rapture GT-AX11000, RT-AX88U, AiMesh AX6100)
  • Charter Communications (RAX1V1K)
  • D-Link (AX11000 Ultra Wi-Fi Router, AX6000 Ultra Wi-Fi Router)
  • TP-Link (Archer AX11000, Archer AX6000)
Kelebihan Teknologi Wireless Terbaru Wi-Fi 6
Aerohive Wi-Fi 6

Kelebihan Teknologi Wireless Terbaru Wi-Fi 6
Asus Wi-Fi 6

Penamaan yang lebih sederhana ini tentu akan memudahkan banyak pihak terutama orang awam mengenai teknologi Wi-Fi. Tapi bukan berarti memberi nama satu standar menjadi lebih mudah, tidak berarti bahwa hanya melabeli 802.11ax sebagai Wi-Fi 6 menjadi solusi yang menyelesaikan semua masalah.

Kelebihan Teknologi Wireless Terbaru Wi-Fi 6
D-Link Wi-Fi 6

Kelebihan Teknologi Wireless Terbaru Wi-Fi 6
TP-Link Wi-Fi 6

Selain itu masalah lain adalah bahwa menghadirkan teknologi Wi-Fi yang berbeda melalui konvensi penamaan sekuensial sederhana dapat menyesatkan pengguna. Misalnya, 802.11ad dan 802.11ay adalah standar 60GHz, dengan karakteristik dan kemampuan yang sangat berbeda dari sistem 2.4GHz dan 5GHz pada perangkat yang banyak beredar di pasaran. Jika cukup dengan menyebutnya "Wi-Fi 7" akan membuatnya terdengar seperti generasi teknologi terbaru yang lebih baik dari Wi-Fi 6, padahal tidak karena pada dasarnya standar 60GHz dan 2.5GHz/5GHz dirancang untuk menyelesaikan tugas yang berbeda.

Wi-Fi Alliance mengatakan bahwa vendor dapat menggabungkan skema penamaan baru di antarmuka penggunanya. Jadi ketika pengguna bergerak berpindah dari satu access point ke yang lainnya, layar mereka akan menggunakan sistem penomoran baru yang menunjukkan standar yang digunakan untuk membuat sambungan saat ini.

Terminologi baru ini juga akan diterapkan pada program sertifikasi Wi-Fi Alliance untuk produk nirkabel. Jadi, misalnya, mulai tahun depan jika suatu produk memenuhi standar 802.11ax maka akan menerima tanda Wi-Fi CERTIFIED 6.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon