Jumat, 08 April 2016

Cara Sharing Printer di Windows 10

Cara Sharing Printer di Windows 10
Langkah-langkah sharing printer pada Windows 10 - Windows 10 memiliki banyak perubahan dari yang membuat kita perlu menyesuaikan diri dengan tampilan dan fitur-fitur baru. Banyak fitur yang bekerja dengan cara yang sama seperti pada versi Windows sebelumnya, tetapi banyak hal telah berubah seperti letak menu dan langkah-langkah yang sedikit berbeda. Hal ini juga terjadi pada fitur sharing printer di Windows 10 yang agak berbeda dibandingkan pada Windows 7.

Jika sebelumnya kita menggunakan printer yang terhubung ke komputer kita melalui USB, sharing dengan komputer lain melalui jaringan bisa dikatakan cukup mudah. Kita cukup buka Devices & Printers kemudian pilih Properties salah satu printer dan pilih tab Share. Tapi tab share hilang pada beberapa versi update Windows 10 dan mengharuskan kita mencari lagi. Tapi tidak perlu khawatir, berikut adalah cara untuk sharing printer di Windows 10:

Buka Control Panel dan pilih Devices & Printers. Klik kanan salah satu printer yang ingin di-sharing dan pilih "See what's printing". Pada contoh saya akan sharing printer tipe Epson L300 Series.
Cara Sharing Printer di Windows 10
Cara Sharing Printer di Windows 10

Kemudian pilih menu Printer > Sharing...
Cara Sharing Printer di Windows 10
Cara Sharing Printer di Windows 10


Baca juga: Tips Menghemat Tinta Printer

Akan muncul jendela dengan tab Sharing. Tekan tombol "Change Sharing Options" agar fitur sharing aktif. Beri tanda centang pada "Share this printer" dan isikan nama printer yang akan di-sharing. Usahakan isi nama sesingkat mungkin tapi tetap jelas, misalnya EpsonL300. Klik OK.


Cara Sharing Printer di Windows 10
Cara Sharing Printer di Windows 10

Untuk pengaturan komputer lain yang ingin terhubung ke printer ini, gunakan Add Printer Wizard pada jendela Devices and Printers. Pilih "Select a shared printer by name". Isikan nama komputer dimana printer berada diikuti dengan nama printer yang disharing dalam format: //namakomputer/namaprinter. Dalam contoh ini nama komputernya adalah Server dan nama printer yang di-sharing adalah EpsonL300.

Cara Sharing Printer di Windows 10
Cara Sharing Printer di Windows 10
Jika Anda tidak tahu nama komputer Anda, Anda dapat melihatnya pada System Properties dengan cara buka File Explorer > klik kanan pada This PC atau Computer > Properties. Pada jendela System Properties, terdapat tulisan "computer name", itulah nama komputer yang harus Anda gunakan. Pastikan untuk menggunakan nama komputer dimana printer berada, bukan komputer yang ingin terhubung ke printer melalui jaringan.
Baca juga: Perbedaan Tinta dan Toner Printer

Berikutnya, Windows akan meminta kita untuk memilih merek printer beserta modelnya, install driver, dan seterusnya. Cukup isikan informasi yang diperlukan sesuai dengan printer tersebut. Setelah selesai, Windows akan menambahkan printer baru dan Anda dapat menggunakannya untuk mencetak file.

21 comments

bagaimana jika muncul user dan password? sedangkapn pada win 10 password sharing sudah di off. untuk win 7 tidak ada masalah, bisa sharing dengan mudah, sedangkan kalau dari winxp selalu minta password, padahal tidak dipassword, dikosongi tdk bisa,
terima kasih

Rahmad, coba masukkan username dan password login komputer.

Terimakasih ilmu nya bang,
Sangat membantu....untung aja ketemu artikel yang mas buat...
Terimakasih, semoga jadi pahala yang berlipat", amiiin

apakah metode ini juga dapat digunakan ketika kita masing2 terhubung ke Router semisal speedy???

Atha Chiutt, bisa saja asalkan masih dalam satu jaringan/router.

sudah saya lakukan tapi ttep gak mau jalan dan ada fix stable atau apa itu tapi ttep gak bisa jlana itu gimana min

Unknown, kemungkinan pertama ada queue dokumen pada komputer dimana printer berada. Kemungkinan lain driver printer tidak terinstall sempurna di komputer dimana printer berada karena memang pada Windows 10 sudah bisa mengenali sebagian besar produk printer namun driver yang digunakan tidak resmi dari produk printer yang bersangkutan, jadi coba install driver bawaa printer tersebut.

untuk win 10 ini susah konek dengan komputer lain kenapa ya, padahal sudah hampir bisa tpi pas finishing malah muncul error

Lucy Dragneel, umumnya masalah kompatibilitas. Banyak perangkat yang benar-benar tidak bisa digunakan pada sistem Windows 10.

mohon petunjuk gan, bagaimana cara add printer pada windows 10 melalui wifi.....

soima laila, untuk sharing printer melalui wifi caranya sama, hanya saja media koneksinya saja yang berbeda. Jika printer yang digunakan memiliki fasilitas wifi, maka hubungkan laptop ke router/wifi dan setting printer agar terhubung ke router/wifi yang sama. Setelah itu lakukan langkah Add Printer seperti di atas.

selamat siang, mau tanya om..

di komputer utama udah saya setting Printer Sharingnya (win7) nah di komputer client (win10) udah masuk tahap \\nama komputer\nama printer setelah di next malah ERROR om katanay CANNOT CONNECT TO THE PRINTER. Itu permasalahannya dimana yah Om?

Komputer utama tersambung ke jaringan pake LAN
sedangkan di komputer client tersambung lewat Wi-Fi

Mohon bantuannya yah om
terima kasih

Mimin Phou, kedua komputer tersebut berada di jaringan yang berbeda. Biasanya komputer yang tersambung melalui Wifi akan mendapatkan IP address yang berbeda dengan yang di LAN meskipun keduanya tersambung secara fisik melalui kabel. Coba satukan koneksi keduanya menggunakan salah satu koneksi (LAN atau Wifi).

Keren admin, balesin smw Prtnyaan, apalagi yg trakhir si mimin phou..
Mw nanya ni gan kenapa pas ngeprint muncul notif antrean print, posisi komp client yg print...
Smentra komp server bisa ngprint..
Udah di cek gak ada doc yg antri status ny di kedua komp.
Sblm ny lancar2 aja gan..
Mohon pncerahan

TOP News, sebelumnya terima kasih atas apresiasinya.
Untuk masalah yang agan alami biasanya berhubungan dengan Printer Spooler. Coba lakukan langkah berikut untuk me-reset Printer Spooler:
Buka Start atau Run, ketika services.msc dan tekan Enter.
Cari pada daftar dengan nama Printer Spooler, buka dengan double klik.
Klik tombol Stop > OK.
Buka Start atau Run, ketik %WINDIR%\system32\spool\printers dan tekan Enter. Akan terbuka jendela Explorer baru, and hapus semua file dalam folder ini.
Buka Services.msc lagi > Printer Spooler. Pada tab General, bagian Startup type, pastikan pilihan pada Automatic.
Jika pada Service status tertulis Stopped, maka klik tombol Start > OK.


min.....tolong sya... qo di komputer sya minta pasword,pdahal gk di pasword,?? msalah nya smakya yg paling atas...


bagaimana jika muncul user dan password? sedangkapn pada win 10 password sharing sudah di off. untuk win 7 tidak ada masalah, bisa sharing dengan mudah, sedangkan kalau dari winxp selalu minta password, padahal tidak dipassword, dikosongi tdk bisa,
terima kasih


Tino-, Memang banyak orang yang mengalami hal ini pada sistem operasi Windows XP. Saran saya lebih baik upgrade ke minimal Windows 7 demi keamanan karena Windows XP sudah tidak didukung oleh Microsoft.
Untuk mengatasi masalah password ketika sharing printer pada XP, ada beberapa trik yang bisa dicoba.
Cara 1:
Buat user baru, buka Control Panel > User Accounts. Pastikan user baru Anda isi passwordnya, isi saja yang paling sederhana. Gunakan password ini ketika sharing printer meminta untuk mengisikan password.
Selanjutnya Anda tidak perlu menggunakan user baru ini, cukup biarkan saja. Anda bisa tetap bekerja dengan user yang biasa Anda pakai.

Cara 2:
Pada Windows XP buka Control Panel > Administrative Tools > Local Security Policy > Local Policies > Security Options.
Cari pilihan "Network Access: Sharing and security model for local accounts" > pilih Guest only.
Perlu diperhatikan bahwa cara kedua ini sedikit beresiko karena berhubungan dengan keamanan PC.

Min, gimana cara konek printer yg lsg konek router speedy. Klo pake win 7 lancar, tapi semua 5 komputer yg win 10 tidak muncul printer nya waktu add printer dan search pdhl sdh konek di 1 jaringan wifi

idea bali, pastikan network discovery sudah diaktifkan:
Buka Control Panel > Network and Sharing Center
Klik Change advanced sharing settings.
Pastikan pilihan "Turn on network discovery" dan "Turn on file and printer sharing sudah" aktif.

Jaringan lan sudah konek tapi komputer tidak bisa akses printer, padahal internet udah bisa , dicoba ke laptop bisa, gimana ya min? Apakah komputer nya ada masalah?

Dalam hal ini koneksi internet tidak diperlukan karena kita hanya sharing printer secara lokal, jadi pastikan kedua komputer sudah terhubung secara jaringan. Matikan firewall pada kedua komputer. Cek juga antivirus atau program keamanan lain jika ada karena beberapa aplikasi melakukan blok terhadap akses jaringan.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon