Sabtu, 30 Oktober 2010

Virus Trojan

Ketika orang berpikir tentang virus trojan mereka biasanya memikirkan tentang kuda kayu yang besar yang penuh dengan tentara. Trojan pada komputer sebenarnya didasarkan pada hal yang sama, mereka tampaknya tidak berbahaya, tapi mereka bisa meletakkan backdoor (pintu gerbang) berbahaya yang membuat hacker bisa masuk ke komputer kita seenaknya.
Infeksi Trojan meningkat sepanjang waktu, tapi banyak dari orang-orang yang terinfeksi trojan tidak sepenuhnya memahami sebenarnya apa trojan itu sebenarnya, dan bahaya keamanan yang nyata dengan keberadaan trojan ini.



Trojan biasanya disebut virus, tetapi sangat sedikit trojan yang benar-benar merupakan virus. Banyak orang mengatakan bahwa virus itu adalah worm, malware, dan trojan. Virus memiliki kemampuan untuk mereplikasi dirinya sendiri sedangkan trojan tidak demikian. Trojan menyerang pada orang-orang yang tertipu untuk menjalankan kode-kode berbahaya.

Jenis trojan secara umum adalah sebagai berikut :

Fileserving Trojan: trojan ini membuat sebuah file server, biasanya sebuah server ftp di komputer korban yang letaknya jauh, memungkinkan hacker untuk meng-upload atau men-download file, ini umumnya digunakan untuk meng-upload trojan remote yang besar. Karena beberapa dari file trojan server kecil, (ada yang hanya 8 kbs) mereka bisa dengan mudah menyatukan dirinya ke file lain yang membuat file aslinya seperti tidak ada perubahan ukuran yang signifikan. Hal ini sering ditemukan dalam program game dan program yang bersifat menghibur lainnya yang dikirim oleh orang-orang di internet untuk menghibur satu sama lain, tanpa mereka sadari, mereka telah menginfeksi diri mereka sendiri dan orang lain dengan trojan



Remote Administration Trojan: Program-program seperti Subseven, Netbus, Back Orifice, dll termasuk dalam jenis ini. Jenis trojan ini memberikan akses lebih kepada hacker atas komputer korban. Terdapat fungsi-fungsi yang bisa dijalankan seperti fungsi untuk mencuri semua password cache atau yang tidak (ini dilakukan dengan menggunakan teknologi key logging), memodifikasi string registry korban, upload, download, mejalankan (run) file, dan berbagai hal lain seperti menyalakan web cam dan memata-matai korban.

Password Mengirim Trojan: Trojan ini memiliki satu tujuan yaitu adalah untuk mencuri password dari komputer korban dan mengirimkannya ke hacker, cara yang paling umum dipakai oleh trojan ini untuk berkomunikasi dengan hacker adalah dengan menggunakan email. Tidak bisa dibayangkan jika komputer anda tiba-tiba mengirimkan semua password anda ke seorang hacker melalui email.

Keylogger Trojan: Program ini akan mencatat semua yang diketikkan oleh komputer korban dan akan disimpan dalam suatu file log. File ini disimpan dalam komputer korban yang kemudian akan didownload oleh hacker menggunakan bagian dari trojan client, atau melalui email. Beberapa keylogger bahkan mampu menyimpan file log ini di remote web atau server ftp yang kemudian siap untuk didownload oleh hacker.

Trojan DDoS (Distributed Denial of Service): Seorang hacker menginfeksi sejumlah besar korban dengan trojan DDoS, kemudian menggunakan bagian dari trojan client untuk dapat terhubung ke semua komputer yang telah terinfeksi sekaligus atau mengirimkan perintah ke server master yang kemudian mengirimkan perintah ke semua korban. Perintah-perintah ini biasanya menyerang satu situs Web atau PC.
Trojan jenis ini banyak digunakan untuk menjatuhkan situs-situs besar.

Mencegah Virus Trojan

Bagaimana menyingkirkan Virus Trojan cepat? Bahkan dengan begitu banyak program perangkat lunak anti-virus di Internet saat ini yang mudah tersedia untuk download, virus dan spyware masih menjadi serangan yang umum. Banyak pengguna komputer tidak merasa perlu untuk meng-install software khusus untuk melindungi PC mereka dari serangan Trojan sampai akhirnya mereka terlambat untuk menyelamatkan data-data dalam  komputer mereka. Memiliki virus atau spyware yang bersembunyi di dalam sistem komputer anda akan mengakibatkan pengaruh yang sangat buruk pada komputer anda tanpa anda ketahui.

Bagaimana Membersihkan Virus Trojan dengan cepat?
Metode terbaik dan tercepat untuk berurusan dengan virus dan bentuk lain dari malware adalah dengan mendownload program anti-virus dan program anti-spyware yang terbaru. Ada banyak program perangkat lunak tersebut tersedia untuk didownload di internet, tapi perlu dicatat bahwa tidak semua masalah akan teratasi dengan program-program tersebut. Setiap program memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri Sebaiknya melakukan penelitian secara menyeluruh dan membaca review pengguna sebelum memutuskan program yang mana yang benar-benar berkualitas.

Resiko Virus Trojan
Konsekuensi terburuk dari mengabaikan infeksi virus adalah kehilangan 100% dari semua program dan file pada sistem. Bagi pengguna komputer yang jarang membuat back up sistem (cadangan), resiko yang ditanggung menjadi sangat besar. Tapi hal ini jarang terjadi. Kejadian yang lebih mungkin adalah kehilangan atau kerusakan file tertentu seperti di registry atau file dokumen. Virus juga akan mencoba untuk menyebarkan dirinya ke komputer lain melalui email Anda dan kontak MSN.
 

2 comments

banyak virus yang belum di mengerti dan saya harus mempelajari 1 persatu. info anda bermanfaat
terima kasih.

Gunakan antivirus yang paling update untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh virus

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon