Selasa, 12 Oktober 2010

DFD (Data Flow Diagram)

DFD (Data Flow Diagram) dapat digunakan untuk memberikan representasi yang jelas dari setiap fungsi bisnis. Teknik ini dimulai dengan gambaran keseluruhan bisnis dan berlanjut dengan menganalisis setiap bidang fungsional bunga. Analisis ini dapat dilakukan secara tepat untuk tingkat rincian yang diperlukan. Metode yang disebut ekspansi top-down untuk melakukan analisis dengan cara yang ditargetkan.

Hasilnya adalah serangkaian diagram yang mewakili kegiatan usaha dengan cara yang jelas dan mudah untuk berkomunikasi. Sebuah model bisnis yang terdiri dari satu atau lebih diagram alir data (juga dikenal sebagai diagram proses bisnis). Awalnya diagram konteks diambil, yang merupakan representasi sederhana dari seluruh sistem dalam penyelidikan. Ini diikuti dengan diagram level 1; yang memberikan gambaran tentang bidang fungsional utama dari bisnis. Ada beberapa simbol yang digunakan untuk membuat DFD. 

Diagram Level 1 mengidentifikasi proses bisnis utama di tingkat tinggi dan setiap proses ini kemudian dapat dianalisa lebih lanjut – memunculkan diagram level 2 pada proses bisnis yang sesuai. Proses analisis yang lebih rinci maka dapat dilanjutkan - melalui level 3, 4 dan seterusnya. Namun, sebagian besar penyelidikan akan berhenti di tingkat 2 dan sangat jarang sampai melewati diagram level 3.

Mengidentifikasi proses bisnis yang ada, menggunakan teknik seperti diagram aliran data, merupakan pelopor penting untuk bisnis rekayasa ulang proses-, migrasi ke teknologi baru, atau perbaikan dari proses bisnis yang ada. Namun, tingkat detail yang diperlukan akan tergantung pada jenis perubahan yang sedang dipertimbangkan.

Ada beberapa  simbol yang digunakan dalam diagram DFD (data flow diagram). Berikut ini adalah simbol-simbol yang ada.

External Entity (Entitas Eksternal)
 
Entitas eksternal merupakan sumber atau tujuan aliran data yang berada di luar wilayah studi. Hanya mereka entitas yang berasal atau menerima data yang diwakili dalam suatu diagram proses bisnis. Simbol yang digunakan adalah oval mengandung berarti dan unik.

Process (Proses)

Sebuah proses menunjukkan transformasi atau manipulasi arus data dalam sistem. Simbol yang digunakan adalah sebuah kotak persegi panjang yang berisi 3 elemen deskriptif:
Pertama nomor identifikasi muncul di sudut kiri atas.


Data Flow (Aliran Data)

Sebuah aliran data menunjukkan aliran informasi dari sumber ke tujuannya. Sebuah aliran data diwakili oleh baris, dengan panah menunjukkan arah aliran. Informasi selalu mengalir ke atau dari proses dan bisa berbentuk tulisan, lisan atau elektronik. Setiap aliran data dapat direferensikan oleh proses atau menyimpan data di bagian kepala dan ekor, atau dengan deskripsi isinya.

Data Store (Tempat menyimpan data)

Data store adalah tempat menyimpan informasi dalam sistem:
Simbol ini berbentuk persegi panjang dan terbuka pada bagian kanan.
Data store dapat dimisalkan file jangka panjang seperti buku besar penjualan, atau mungkin akumulasi jangka pendek

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon