Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Waktunya Membersihkan PC? Pentingnya Menjaga Sirkulasi Komputer

Akumulasi debu adalah masalah tersendiri bagi hampir semua pemilik PC atau komputer. Tidak peduli seberapa bersih ruangan Anda atau apakah komputer memiliki filter debu yang terpasang, debu akan tetap masuk ke dalam. Namun, seberapa banyak debu yang bisa mengganggu kinerja komputer, dan seberapa sering kita harus membuka casing dan membersihkannya?

Kapan Waktunya Membersihkan PC? Pentingnya Menjaga Sirkulasi Komputer
Kapan Waktunya Membersihkan PC? Pentingnya Menjaga Sirkulasi Komputer

Waktu yang Tepat Membersihkan PC Anda

Tidak ada aturan tegas mengenai seberapa sering Anda harus membersihkan debu dari komputer. Hal ini sangat bergantung pada lingkungan di mana PC berada, dan apa yang terjadi di lingkungan tersebut.

Pengalaman bertahun-tahun dengan komputer dengan berbagai konfigurasi berbeda telah membuat saya memahami bahwa pembersihan ringan setiap tiga hingga empat bulan sekali akan mengurangi jumlah debu pada tingkat yang masih dapat diterima. Namun itu hanya jadwal dasar, dan jika komputer Anda diletakkan di atas lantai berkarpet, ditambah lagi ada kucing berkeliaran, sangat disarankan untuk lebih sering melakukan pembersihan bagian dalam PC.

Sebaliknya, jika komputer Anda diletakkan di atas lantai, di ruangan yang kebersihannya sangat terjaga, mungkin hanya diperlukan penyedotan debu sekilas saja.

Jika Anda merokok ketika menggunakan PC, Anda malah harus lebih sering membersihkan debunya. Asap tembakau yang tersedot ke dalam PC mengandung tar, yang akan menumpuk di semua komponen berupa residu lengket. Debu dan kotoran akan lebih mungkin menumpuk karena residu ini seperti lem dan mencegah debu dikeluarkan oleh kipas ventilasi casing.

Yang terpenting adalah sering-sering buka PC untuk memeriksa kondisi di dalamnya. Jangan berasumsi karena PC Anda berada di ruangan bersih dengan lantai solid, debu tidak akan masuk ke dalamnya.

Cara Menghilangkan Debu yang Tertumpuk dengan Aman

Membersihkan debu komputer bukanlah pekerjaan yang sulit, namun kita harus ingat bahwa ada hal-hal rumit dan berpotensi berbahaya, terutama di bagian yang bergerak seperti kipas. Kita harus berhati-hati dan menggunakan alat yang tepat saat membersihkan debu dari komputer.

Sebelum mulai membersihkan, matikan PC Anda dengan mencabut kabel daya dari belakang, dan lepaskan panel samping. Kemudian, baringkan casing dan letakkan di tempat yang terang. Usahakan memakai gelang antistatis ke bagian casing.

Lepaskan dan bersihkan semua filter debu di bagian dalam atau luar kipas, termasuk filter yang sering dipasang di belakang panel casing depan yang dapat dilepas. Gunakan udara bertekanan untuk menghilangkan debu dari bilah kipas, heat sink, dan komponen lain yang dapat dijangkau. Debu dapat menempel dengan keras pada bilah kipas sehingga Anda mungkin harus menyekanya dengan kain.

Kapan Waktunya Membersihkan PC? Pentingnya Menjaga Sirkulasi Komputer
Membersihkan kipas komputer

Anda mungkin perlu mengeluarkan peripheral yang bisa dilepas, seperti VGA card, hardisk, atau RAM untuk membersihkan bagian yang tidak terlihat.

Jika Anda memiliki penyedot debu mini, bersihkan sebanyak mungkin debu yang terlepas dengan hati-hati, tetapi hindari mengarahkan nosel langsung ke komponen kecil dan halus pada motherboard. Pasang kembali semuanya, tutup casing, dan colokkan kabel daya.

Bagaimana dengan Laptop, Apa Perlu Dibersihkan?

Meskipun beberapa jenis laptop terbaru tidak memiliki kipas, kebanyakan laptop masih menggunakan kipas untuk pendingin udara, seperti halnya PC desktop. Kemungkinan jumlah kipasnya jauh lebih sedikit, dan ukurannya tidak akan terlalu besar, namun debu tetap bisa saja tersedot ke dalamnya. Sayangnya, debu yang masuk ke dalam laptop tentunya lebih sulit dibersihkan daripada PC atau komputer.

Kapan Waktunya Membersihkan PC? Pentingnya Menjaga Sirkulasi Komputer
Membersihkan kipas laptop

Namun, bukan berarti hal ini tidak dapat dilakukan, dan jika Anda merasa laptop Anda menjadi sangat panas atau mendengar kipasnya berbunyi keras, mungkin inilah saatnya untuk membersihkannya.

Mengapa Komputer Menarik Debu?

Ada mitos yang sudah lama diyakini bahwa komputer menghasilkan debu, namun kenyataannya tidak demikian. Memang benar bahwa komputer menarik dan menangkap debu lebih banyak dibandingkan peralatan elektronik lainnya.

Bahkan casing PC saat ini memiliki dua atau tiga kipas masuk, bahkan beberapa memiliki enam atau lebih. Sebagian besar kipas ini dirancang untuk menarik udara ke dalam sistem, namun debu yang beterbangan di udara juga dapat ditarik ke dalam. Meskipun PC Anda juga memiliki satu atau dua kipas, setidaknya sebagian debu akan mengendap dan tertinggal di dalam casing.

Selain itu, komponen di dalam komputer memiliki sedikit muatan positif saat digunakan. Hal ini tidak hanya menarik debu tetapi juga menahannya di dalam dan sehingga exhaust fan tidak bisa mengeluarkannya.

Apakah Debu Mempengaruhi Kinerja Komputer?

Akumulasi debu berlebih di dalam komputer dapat mempengaruhi kinerja dan bahkan menyebabkan kegagalan komponen. Komponen PC memiliki kisaran suhu optimal agar bisa beroperasi dengan baik. Jika debu menghalangi masuknya udara pendingin ke dalam casing, atau lapisan debu tebal mengisolasi komponen, panas berlebih dapat menyebabkan komponen kepanasan bahkan bisa mati. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan atau bahkan kegagalan komponen total.

Dalam skenario terburuk, debu bahkan dapat menyebabkan kebakaran yang membahayakan nyawa pengguna. Debu dapat menumpuk pada komponen motherboard yang dirancang untuk menarik panas dari tempat lain, sehingga menyebabkan lebih banyak panas dan meningkatkan potensi kebakaran. Hal ini mungkin sangat jarang terjadi, jadi kita harus tetap hati-hati.

Menjaga PC bebas dari debu lebih dari sekadar memastikan bagian dalamnya terlihat bagus melalui ventilasi samping. Kegagalan menjaga PC bebas debu dapat memperpendek masa pakainya dan menyebabkan biaya tambahan yang tidak sedikit.

Cara Mencegah Debu Masuk ke Dalam Komputer

Tidak ada alternatif yang lebih baik untuk menjaga PC bebas debu selain jadwal pembersihan rutin. Namun ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi jumlah debu yang masuk ke dalam.

Menjaga kebersihan ruangan. Ini mungkin terdengar biasa, tetapi tidak ada salahnya untuk mempraktikkannya. Semakin bersih ruangan tempat PC berada, semakin bersih pula bagian dalam PC. Bersihkan lantai atau karpet secara teratur, terutama di sekitar area tempat komputer berada.

Memberikan alas yang tinggi untuk komputer Anda. Dengan menempatkan casing PC Anda beberapa cm dari lantai akan membantu mengurangi jumlah debu yang tersedot. Debu-debu di ruangan kemungkinan besar akan jatuh dan menetap di lantai, sehingga semakin tinggi komputer maka semakin sedikit debu yang masuk.

Jika kipas intake pada casing PC Anda belum dilengkapi penyaring debu, belilah kipas yang sesuai atau ganti kipas dengan kipas yang dilengkapi filter. Ingatlah bahwa filter perlu dibersihkan dari debu secara teratur jika Anda ingin kipas tetap bekerja efisien.

Meluangkan waktu beberapa menit setiap beberapa bulan untuk membersihkan debu dari PC adalah salah satu cara termudah untuk memastikannya berumur panjang dan produktif. Hal ini tidak hanya dapat membantu mencegah kerusakan internal, tapi bisa membantu meningkatkan kinerja komputer Anda.


Ari
Ari blogger, IT technician

Posting Komentar untuk "Kapan Waktunya Membersihkan PC? Pentingnya Menjaga Sirkulasi Komputer"