Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Semua Isi Hardisk Komputer

Saat sebuah barang elektronik sudah tidak digunakan lagi, menjual atau menghibahkannya adalah pilihan yang bagus. Hal ini memungkinkan orang lain yang butuh untuk memanfaatkannya, dan mungkin juga menghasilkan sedikit uang.

Namun, kita perlu mengambil tindakan pencegahan jika berhubungan dengan laptop atau komputer pribadi. Karena benda ini berisi informasi dan data pribadi kita seperti foto keluarga, dokumen kerja, hingga laporan bank. Data ini harus disimpan demi keamanan kita, lalu dihapus bersih dari perangkat lama. Dalam artikel ini, kita akan belajar bagaimana proses lengkap tentang cara menghapus isi hardisk pada komputer atau laptop dengan cara yang benar.

Karena alasan teknis, mengklik tombol Delete pada file atau menyeretnya ke Recycle bin bukanlah solusi. Ini karena data di hardisk tidak benar-benar terhapus dengan cara ini. Sistem operasi hanya menyembunyikannya dari pandangan, itulah sebabnya file dapat dengan mudah dikembalikan atau ditemukan lagi.

Ketika hardisk dikosongkan, kapasitas digital pada hardisk (HDD) atau solid-state drive (SSD) akan ditandai sebagai kapasitas kosong, namun data sebenarnya akan tetap ada hingga file lain disimpan dan menimpanya. Oleh karena itu, software recovery data dapat digunakan untuk mengakses lagi file yang dihapus dan berisi informasi sensitif orang lain. SSD khususnya sangat rentan terhadap metode pemulihan data ini.

Untuk mencegah pemulihan file dari komputer lama Anda, drive harus dihapus pada tingkat sistem, dan itu memerlukan beberapa cara. Proses penghapusan ini tidak hanya menghapus semua file dengan metode biasa, namun juga secara otomatis menimpa setiap bit data di drive hingga membuat pemulihan file hampir mustahil dilakukan. Karena penghapusan ini bersifat permanen, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan backup data penting yang sekiranya perlu disimpan ke drive eksternal.

Proses ini bervariasi tergantung pada versi sistem operasi komputer Anda, sebagai contoh kali ini kita akan memberikan contoh pada Windows 8/10 dan Windows 11. Menghapus isi perangkat sepenuhnya bisa memakan waktu hingga beberapa jam, jadi pastikan perangkat dan listrik tetap terhubung hingga prosesnya selesai.

Penghapusan data level sistem pada Windows 8.1 atau 10

Jika Anda menggunakan Windows 8.1 atau Windows 10, menghapus isi hardisk sangatlah mudah. Cukup ikuti langkah-langkah ini:

  • Pilih Start > Settings
  • Pilih Update & Security > Recovery
  • Pilih Remove Everything, kemudian pilih Remove files and Clean the drive
  • Terakhir klik Next > Reset and Continue


Anda mungkin ditanya apakah Anda ingin menghapus file "quickly" atau "thoroughly". Pilih secara menyeluruh (thoroughly) untuk memastikan bahwa data tidak dapat dipulihkan lagi.

Cara Menghilangkan Semua Isi Hardisk Komputer
Cara Menghilangkan Semua Isi Hardisk Komputer

Penghapusan data level sistem pada Windows 11

Untuk mereset PC menggunakan Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pilih Start > Settings > System > Recovery
  • Buka Recovery settings
  • Next to Reset this PC, pilih Reset PC
  • Pada dropdown, pilih Remove Everything
  • Penghapusan data ada diset "on" secara default. Biarkan pengaturan default ini untuk menghapus semua data secara menyeluruh pada tingkat sistem.
Ari
Ari blogger, IT technician

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Semua Isi Hardisk Komputer"