Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengakses Task Manager versi Lama di Windows 11

Sejak Windows 11 22H2 diluncurkan, Microsoft telah mendesain ulang Task Manager dengan versi baru, tetapi kita masih dapat menggunakan versi lama. Windows 11 memperkenalkan Task Manager baru, lengkap dengan antarmuka yang lebih modern, mendukung mode gelap, dan pengaturan daya yang lebih banyak. Namun, jika Anda masih tidak menyukai desain barunya, Anda masih dapat membuka Task Manager klasik, paling tidak untuk saat ini.

Task Manager klasik dapat kita akses dengan menjalankan perintah di bawah ini, baik melalui dialog Run (klik kanan tombol Windows di taskbar, lalu ketik RUN) atau dari jendela Terminal/CMD.

taskmgr -d

Cara Mengakses Task Manager versi Lama di Windows 11
Cara Mengakses Task Manager versi Lama di Windows 11

Setelah Task Manager klasik terbuka, Anda dapat menyematkannya ke taskbar (klik kanan ikon di taskbar, lalu "Pin to taskbar") untuk memudahkan akses selanjutnya.

Task Manager lama sebagian besar masih terlihat sama seperti sebelum pembaruan Windows 11 22H2. Fitur ini masih tersedia karena ternyata masih tersembunyi di file sistem Windows, dengan executable utama terletak di C:\Windows\System32\Taskmgr.exe. Ada juga versi 32-bit yang disimpan di C:\Windows\SysWOW64\Taskmgr.exe. Tidak jelas kapan, atau apakah versi tersebut akan dihapus sepenuhnya dan dialihkan ke Task Manager modern. Pada kasus lain, Internet Explorer telah dihapus sepenuhnya di Windows 11, tetapi masih ada iexplore.exe yang dapat dieksekusi untuk mempertahankan kompatibilitas dengan perangkat lunak lama, yang mengalihkan permintaan ke Microsoft Edge.

Cara Mengakses Task Manager versi Lama di Windows 11
Cara Mengakses Task Manager versi Lama di Windows 11

Namun perlu diperhatikan, kita tidak dapat menggunakan aplikasi Task Manager lama dan baru secara bersamaan, tetapi sebaliknya, aplikasi ini berfungsi sama seperti sebelum Windows 11 22H2. Anda dapat memilih task dan mengklik tombol "End task" untuk mematikan proses sistem, atau klik kanan pada task tertentu untuk melihat informasi lebih lanjut. Tata letak umum tidak terlalu berubah dengan versi yang lebih baru, tetapi bilah tab didesain ulang dan ada lebih banyak opsi tampilan.

Memang Task Manager yang baru memiliki beberapa bug saat pertama kali diluncurkan, namun sebagian besar masalah tersebut kini telah diperbaiki, jadi tidak ada alasan bagi kebanyakan orang untuk kembali menggunakan versi lama. Namun, Microsoft belum sepenuhnya menghapus Task Manager lama hingga Windows 11 23H2, jadi kita dapat mengaksesnya di PC Windows 11 yang diperbarui sepenuhnya untuk waktu yang lebih lama.

Ari
Ari blogger, IT technician

Posting Komentar untuk "Cara Mengakses Task Manager versi Lama di Windows 11"