Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu File APK di Android? Apakah Aman Didownload?

"APK" adalah istilah yang sangat umum di dunia Android, dan bahkan merupakan bagian yang lebih penting dari sistem operasi Android. Kami akan membagikan beberapa informasi tentang file APK, menunjukkan cara menginstalnya di perangkat Android Anda, dan cara memeriksa apakah file tersebut aman untuk diunduh.

Apa Itu File APK dan Kegunaannya?

APK, kependekan dari "Android Package Kit" dan terkadang disebut sebagai "Android Application Package", adalah format file yang digunakan untuk aplikasi pada perangkat Android. File APK adalah file ZIP khusus yang berisi semua data yang diperlukan untuk menginstal aplikasi pada perangkat Android, termasuk kode, aset, dan sumber dayanya. Anggap saja seperti file EXE di Windows.

Hingga Agustus 2021, APK merupakan format standar untuk menerbitkan dan mendistribusikan aplikasi Android di Google Play Store. Setelah itu, Google memperkenalkan format AAB (Android App Bundle), yang mendelegasikan proses pembuatan APK. AAB kini menjadi format yang diperlukan bagi pengembang untuk mengunggah aplikasi mereka ke Play Store. Lalu, bagaimana nasib format APK?

AAB tidak menggantikan APK. Faktanya, app bundle membuat APK khusus untuk perangkat Anda. APK juga memudahkan pemasangan aplikasi dari sumber selain Play Store. Hal ini memungkinkan kita mengunduh pembaruan yang belum dirilis di Play Store, memasang aplikasi versi lama, dan memasang aplikasi yang dihapus atau aplikasi yang belum disetujui untuk Play Store.

Apakah File APK Legal dan Aman untuk Diunduh?

Pengembang harus mematuhi Kebijakan Program Pengembang Google Play dan Perjanjian Distribusi Pengembang untuk mempublikasikan aplikasi mereka di Google Play Store. Selain itu, Google menggunakan Play Protect, yang melakukan pemeriksaan keamanan sebelum mendownload aplikasi. Jadi, aplikasi yang diinstal dari Google Play Store umumnya aman.

Namun, saat Anda memasang aplikasi secara manual menggunakan file APK, Anda mengabaikan protokol keamanan dan mungkin tanpa sadar memasang file berbahaya. Untuk mencegah potensi virus, selalu unduh file APK dari situs web resmi pengembang. Jika Anda memilih sumber lain, pastikan sumber tersebut dapat dipercaya. Selain itu, Anda dapat menggunakan antivirus untuk mengonfirmasi bahwa file tersebut aman sebelum mengunduhnya.

Mengunduh APK dianggap sah hanya jika bersumber dari situs resminya. Menggunakan situs web pihak ketiga, yang mungkin telah mengubah file APK untuk mengakses fitur premium, melanggar undang-undang hak cipta. Selain itu, mengunduh salinan aplikasi bajakan atau crack tanpa persetujuan pengembang sangatlah tidak etis.

Cara Install File APK di Android

Untuk menginstal file APK di Android, unduh terlebih dahulu dari sumber tepercaya. Kemudian, ketuk file yang diunduh untuk membukanya.

Anda mungkin menerima konfirmasi yang menunjukkan bahwa aplikasi dari sumber ini tidak diizinkan karena alasan keamanan. Dalam hal ini, ketuk "Settings".

Install file APK di Android
Install file APK di Android

Setelah itu, aktifkan tombol di samping "Allow Permission" dan pilih "Install".

Install file APK di Android
Install file APK di Android

Biarkan penginstalan selesai, dan Anda akan menemukan aplikasi tersebut bersama dengan aplikasi terinstal lainnya.

Sekarang setelah Anda memahami apa itu APK dengan jelas, Anda seharusnya dapat menginstalnya di perangkat Android Anda sendiri. Jika Anda tidak dapat menemukan file APK di sumber resminya, Anda dapat menggunakan situs web luar yang benar-benar terpercaya untuk mendownloadnya.

Ari
Ari blogger, IT technician

Posting Komentar untuk "Apa Itu File APK di Android? Apakah Aman Didownload?"