Partisi PortableBaseLayer Tiba-tiba Muncul di Windows 10

Beberapa pengguna Windows 10 yang telah melakukan update versi Mei 2019 melihat adanya partisi baru tersembunyi yang bernama PortableBaseLayer. Tidak semua pengguna akan melihatnya karena partisi ini hanya muncul tergantung pada salah satu fitur baru Windows 10. Anda mungkin bertanya-tanya apa itu partisi PortableBaseLayer dan fungsinya.

Apa itu Partisi PortableBaseLayer?

Sebelum Anda merasa khawatir, PortableBaseLayer bukanlah partisi yang disebabkan karena virus, malware, atau program berbahaya lainnya.

PortableBaseLayer adalah partisi sistem yang dibuat untuk Windows Sandbox, fitur baru yang ada di Windows 10.

Partisi PortableBaseLayer Tiba-tiba Muncul di Windows 10
Partisi PortableBaseLayer Tiba-tiba Muncul di Windows 10

Saat Anda mengaktifkan Windows Sandbox, sistem operasi akan secara otomatis membuat partisi PortableBaseLayer dan menempatkan semua file penting yang diperlukan untuk menjalankan sandbox di dalamnya.

Tergantung pada pengaturan penggunaan Anda, ukuran partisi ini akan berukuran mulai dari 1GB hingga 10GB. Terkadang, bahkan mungkin melebihi ukuran ini.

Jika Anda tidak tahu apa itu Windows Sandbox, pada dasarnya adalah kotak pasir bawaan yang memungkinkan Anda menguji program dan pengaturan tanpa memengaruhi sistem operasi utama. Dibandingkan dengan solusi tradisional seperti VMware dan VirtualBox, Windows Sandbox lebih ringan, cepat, dan mudah digunakan. Untuk informasi lebih jelas Anda dapat membaca artikel sebelumnya tentang Mengaktifkan Windows Sandbox untuk Virtualisasi.

Semua pengguna Windows 10 Professional dan Enterprise dapat mengaktifkan Windows Sandbox selama sistem memenuhi persyaratan minimum.

Cara Menemukan Partisi PortableBaseLayer

Mencari partisi Windows Sandbox tidaklah sulit. Anda dapat menggunakan tool Disk Management bawaan ataupun perangkat lunak partisi pihak ketiga lainnya.

Buka Disk Management dengan cara klik kanan Start > Disk Management.
Anda akan melihat partisi dengan nama PortableBaseLayer yang tercantum di bagian Volume. Jika Anda tidak melihat partisi khusus ini, itu berarti Anda belum mengaktifkan Windows Sandbox.

Partisi PortableBaseLayer Tiba-tiba Muncul di Windows 10
Partisi PortableBaseLayer Tiba-tiba Muncul di Windows 10

Apakah Partisi PortableBaseLayer bisa Dihapus?

Sebaiknya tidak. Jangan menghapus partisi ini secara manual karena dapat merusak Windows Sandbox.

Menghapus partisi secara manual bahkan dapat menyebabkan masalah untuk sistem utama dan aplikasi lain seperti Windows Defender. Sebenarnya ketika Anda menonaktifkan fitur sandbox, Windows akan secara otomatis menghapus partisi ini untuk Anda. Anda tidak perlu melakukannya secara manual.

Belum ada Komentar untuk "Partisi PortableBaseLayer Tiba-tiba Muncul di Windows 10"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel