Mengaktifkan DNS Over HTTPS di Chrome

Google Chrome sudah mendukung DNS over HTTPS (DoH) untuk meningkatkan privasi dan keamanan koneksi pengguna. Sama seperti pada artikel sebelumnya tentang mengaktifkan DNS over HTTPS pada Firefox, fitur ini masih dinonaktifkan secara default pada Google Chrome 80, tetapi kita dapat mengaktifkannya menggunakan flag tersembunyi.

Perlu diperhatikan bahwa Chrome tidak akan benar-benar menggunakan DoH kecuali jika telah dikonfigurasikan untuk menggunakan server DNS yang mendukung DNS melalui HTTPS. Anda mungkin harus mengubah server DNS Anda untuk memanfaatkannya. Mulai dari Google Public DNS, Cloudflare, dan juga DNS Comcast sudah mendukungnya.

Cara Mengaktifkan DNS Over HTTPS di Chrome

Untuk mengaktifkan DoH di Chrome, buka aplikasi Chrome dan pada address bar ketik kode berikut:
chrome://flags/#dns-over-https
Kemudian tekan Enter.

Secure DNS Lookups akan muncul di daftar paling atas dan berwarna kuning. Pada dropdown bagian kanan pilih Enabled.

Mengaktifkan DNS Over HTTPS di Chrome
Mengaktifkan DNS Over HTTPS di Chrome

Klik tombol Relaunch di bagian kanan bawah halaman untuk merestart Chrome karena perubahan ini baru akan aktif jika Chrome ditutup terlebih dahulu.

Beralih ke Server DNS yang Kompatibel dengan DoH di Chrome

DNS over HTTPS hanya akan berfungsi jika server DNS yang kita konfigurasi memiliki dukungan untuk DoH. Anda mungkin perlu mengubah server DNS komputer atau laptop untuk memanfaatkan DoH di Chrome.

Sangat disarankan untuk menggunakan Google Public DNS atau Cloudflare, yang merupakan server DNS default ketika DoH diaktifkan untuk Firefox. Google memiliki daftar penyedia DNS yang dapat digunakan Chrome dengan DoH, termasuk Cleanbrowsing, Comcast, DNS.SB, OpenDNS, dan Quad9.

Anda dapat memeriksa apakah DNS over HTTPS berfungsi di Chrome atau tidak dengan mengunjungi halaman Browsing Experience Security Check milik Cloudflare. Jalankan tes dengan mengklik tombol CHeck my browser dan lihat apakah Secure DNS diaktifkan atau tidak, ditandai dengan tanda centang hijau.

Mengaktifkan DNS Over HTTPS di Chrome
Mengaktifkan DNS Over HTTPS di Chrome

DNS over HTTPS akan menjadi standar secara default dalam waktu dekat. Google berencana untuk mengaktifkan DoH secara default di Chrome 81, pada pertengahan Maret depan. Namun, saat ini kita masih harus menggunakan server DNS yang kompatibel dengan DoH untuk memanfaatkannya.

Belum ada Komentar untuk "Mengaktifkan DNS Over HTTPS di Chrome"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel