Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Mac

Sejak awal peluncurannya, komputer milik Apple, yaitu Mac dianggap sebagai sistem operasi yang aman. Didesain dan dibuat cenderung oleh pengguna bisnis daripada pengguna biasa. Mac juga memiliki protokol keamanan default yang lebih ketat saat mengunduh dan menginstal perangkat lunak, yang mengharuskan Anda memasukkan kata sandi sebelum melanjutkan dan secara opsional mengizinkan download hanya dari sumber tepercaya, sehingga mempersulit program seperti virus, malware dan sejenisnya memasuki sistem.

Namun Mac saat ini masih saja sama rentannya dibandingkan yang ada di masa lalu. Perubahan yang terjadi adalahd ari sisi virus dan malware dan metode distribusinya. Virus lama sangat tergantung pada media distribusi yang lebih ke arah fisik, seperti floppy drive atau USB. Tetapi sekarang dunia sudah dikelilingi internet.

Browser memiliki akses yang cukup terbuka ke sistem operasi komputer melalui berbagai izin, jadi jika virus dan malware lain tidak dapat melewati pemeriksaan keamanan kata sandi admin Mac, saat ini jauh lebih mudah bagi mereka untuk melakukannya dengan meminta pengguna mengunduh sesuatu dari browser. Jika kita melihat riwayat malware Mac yang terdokumentasi, banyak sekali yang berupa link berbahaya, codec palsu untuk menonton video, virus yang disispkan ke dalam file unduhan screensaver, virus yang disamarkan sebagai program aplikasi biasa, dan sebagainya.

Ancaman terbaru terus mengeksploitasi akses melalui browser, termasuk mining cryptocurrency, logging keystroke, perangkat lunak pengumpulan data, zero-day vulnerability, dan banyak lagi. Menggunakan perangkat lunak antivirus merupakan cara lain untuk menjaga agar komputer Mac Anda terlindungi disamping menjaga agar sistem operasi selalu update dan memeriksa setiap kali mengunduh file.

Fitur Software Antivirus pada macOS

Jenis perangkat lunak antivirus bisa jadi kurang familiar untuk para pengguna Mac jika tidak terbiasa dengannya. Produsen yang mengembangkannya selalu berusaha membuatnya mudah digunakan. Berikut adalah beberapa fitur terpenting yang harus ada pada software antivirus untuk Mac.

  • Pemindaian: Sebagai perisai sistem, perangkat lunak antivirus yang baik harus melakukan scanning atau pemindaian berkala terhadap data di dalam perangkat. Aplikasi ini harus dapat memindai berbagai hal, seperti seluruh komputer atau lokasi yang lebih terperinci, seperti file atau folder tertentu. Beberapa aplikasi juga dapat memindai email yang masuk untuk mencegah ancaman berbahaya.
  • Memblokir ancaman berbahaya: Perangkat lunak perlindungan yang baik harus dapat melindungi komputer dari berbagai serangan, baik itu spyware, adware, ransomware, atau phishing. Selain itu juga harus mampu menangani ancaman dengan mengarantina segera sebelum dapat melakukan kerusakan.
  • Konsumsi sumber daya sistem rendah: Perangkat lunak antivirus haruslah sesuatu yang berjalan diam-diam di latar belakang dan tidak memengaruhi kinerja komputer. Dengan demikian, antivirus tidak boleh memakan sumber daya komputer atau menyebabkan penurunan kinerja yang nyata. Beberapa program memungkinkan pengguna untuk mengatur pemindaian untuk dijalankan selama pengguna tidak akan menggunakan komputer untuk membantu mengurangi dampak ini.
  • Kemudahan penggunaan: Karena antivirus bukan jenis perangkat lunak yang digunakan pengguna setiap hari secara aktif, maka software ini haruslah intuitif dan mudah, tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam mempelajari bagaimana cara menggunakannya.
  • Biaya: Hanya karena program antivirus ini bekerja keras untuk melindungi komputer pengguna, itu tidak berarti pengguna harus membayar harga yang terlalu tinggi. Perhatikan apakah ada biaya langganan yang mahal, biaya tambahan, dan fitur yang hilang setelah jangka waktu tertentu (trial). Banyak program menawarkan uji coba gratis, yang sebaiknya Anda manfaatkan untuk dapat merasakan fiturnya sebelum mengeluarkan sejumlah biaya. Selain itu ada juga versi antivirus gratis yang bisa kita gunakan, tapi biasanya fiturnya tidak selengkap yang berbayar.

Berikut ini beberapa jenis antivirus untuk Mac yang bisa Anda coba:

Bitdefender Total Security 2020

Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Mac
Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Mac
Bitdefender Total Security 2020 untuk Mac merupakan antivirus dengan fitur lengkap. Harganya juga lumayan, sektiar $ 44,99 untuk berlangganan di tahun pertama, $ 89,99 / tahun setelahnya. Antivirus ini memeberikan perlindungan makro yang paling kuat dan komprehensif di pasaran saat ini. Mendukung pengaturan pemindaian mendalam komputer secara berkala atau pemindaian folder atau aplikasi tunggal. Bitdefender dapat menjalankan pemindaian secara otomatis dan merekomendasikan tindakan yang dapat diambil.

Program ini memiliki user interface yang bagus, di mana fitur-fitur diberi label dengan jelas dan diatur dengan proporsional. Tampilan modernnya yang bersih membuatnya mudah digunakan, dirancang untuk berjalan secara diam-diam di latar belakang tanpa mengganggu kinerja komputer. Ada juga kontrol orang tua, yang dengannya Anda dapat membatasi jenis konten berbahaya yang dapat diakses anak-anak Anda secara online.

Bitdefender adalah opsi ampuh melawan ancaman, termasuk ransomware, malware, adware, spyware, dan phishing. Bitdefender melindungi dari konten berbahaya untuk ancaman yang bersumber dari Windows dan macOS, dan memiliki fitur khusus yang menambah keamanan untuk Time Machine, jika Anda menggunakannya untuk membuat cadangan file.

Pengguna juga dapat memanfaatkan layanan VPN yang sudah disertakan, yang mengenkripsi hingga 200 MB lalu lintas web pengguna per hari. Bitdefender menawarkan perlindungan terhadap semua jenis ancaman yang paling umum, mudah digunakan, dan memiliki tambahan yang bagus, menjadikannya pilihan yang solid untuk semua pengguna Mac.

AVG Antivirus for Mac

Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Mac
Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Mac
Jika Anda ingin memastikan bahwa komputer Mac terlindungi, tetapi dengan anggaran terbatas, AVG Antivirus for Mac versi gratis adalah pilihan yang patut dicoba untuk Mac yang menjalankan macOS Yosemite atau lebih baru. Banyak antivirus gratis yang tersedia, tetapi AVG bisa menjadi pilihan utama. Versi gratis hanya menawarkan perlindungan dasar, untuk perlindungan yang lebih lengkap bisa mencoba versi premium yang berbayar.

AVG Antivirus for Mac menawarkan perlindungan spyware dan malware untuk macOS, serta spyware dan virus yang bersumber dari PC dan Android. Ini juga menawarkan perlindungan langsung ketika Anda online, mencegah Anda berinteraksi dengan situs web berbahaya, download, dan email.

Salah satu fitur terbaik AVG adalah selalu memperbarui databasenya tentang ancaman yang berpotensi berbahaya dan metode deteksi malware. Setiap kali menemukan ancaman baru, aplikasi akan memperbarui perangkat lunak secara otomatis sehingga Mac tetap aman terhadap metode serangan terbaru.

Antivirus ini berjalan di latar belakang, jadi pengguna tidak perlu khawatir untuk mengaktifkannya atau memperbaruinya secara manual. Jika Anda ingin lebih banyak perlindungan atau fungsionalitas, AVG menawarkan layanan tambahan, seperti VPN, software tune-up komputer.

Sophos Antivirus Mac Home Premium

Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Mac
Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Mac
Sophos Antivirus Mac Home Premium seharga $ 42/tahun, adalah software perlindungan yang tangguh dan mudah digunakan, cocok untuk orang tua yang peduli dengan anaknya. Jika Anda tahu anak perlu mengakses internet untuk sekolah atau keperluan lain, software ini memiliki fitur untuk mengontrol apa yang dapat mereka akses. Sophos menyimpan log dari setiap upaya untuk mengakses halaman terlarang.

Aplikasi ini memberikan perlindungan terhadap ancaman berbahaya, seperti ransomware, malware, virus, worm, bot, dan invasi lain yang tidak diinginkan. Setiap file mencurigakan yang ditemukan dalam pemindaian akan diperiksa apakah masuk daftar hitam dalam database SophosLabs. Mereka menggunakan pembelajaran mesin dan AI untuk belajar dari ancaman lama untuk lebih mudah mengidentifikasi jenis serangan baru dan menjaga komputer pengguna tetap aman. Fitur unggulan lain dari Sophos adalah menawarkan manajemen jarak jauh, sehingga pengguna dapat memeriksa setiap perangkat yang terlindungi dengan program dari koneksi internet.

Selain ketenangan pikiran, Sophos menawarkan fitur-fitur canggih dan beberapa tambahan yang sangat berguna, seperti webcam perangkat dan perlindungan akses mikrofon, dukungan pelanggan premium, dan lisensi yang mencakup hingga 10 perangkat, termasuk perangkat Windows. Sophos juga menawarkan uji coba gratis dari versi Premium jika Anda ingin melihat kemampuannya sebelum membayarnya.

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Mac"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel