Start Menu Baru Windows 10 Tanpa Live Tiles

Windows 10, memang sejak awal telah menggunakan start menu dengan Live Tiles. Live Tiles merupakan kumpulan kotak di Start Menu Windows 10 yang secara otomatis menampilkan berita dan informasi terbaru, dan kita sebentar lagi akan hilang. Atau setidaknya itulah berita yang beredar bahwa Microsoft akan menggantinya dengan icon baru.
Start Menu Baru Windows 10 Tanpa Live Tiles
Tampilan Live Tiles pada Windows 10 yang akan segera dihapus

Live Tiles diperkenalkan pada sistem operasi Windows Phone 7, dan mengalir ke sistem operasi desktop Microsoft pada Windows 8, yang bertujuan ingin membuat Windows OS yang bisa digunakan baik untuk PC tradisional dan perangkat layar sentuh, tapi akhirnya gagal di kedua perangkat. Bahkan setelah Microsoft membuang antarmuka Metro yang ada di Windows 8 dan menggantinya dengan menu Start yang lebih tradisional di Windows 10, Live Tiles masih saja bertahan.

Gagasan dengan Live Tiles adalah ikon besar untuk program yang akan diperbarui dengan informasi terbaru. Misalnya, Live Tile untuk aplikasi cuaca juga akan menunjukkan kepada Anda perkiraan cuaca saat ini, serta bertindak sebagai shortcut buntuk aplikasi tersebut.

Memang fitur ini bekerja dengan baik pada perangkat mobile, tapi pada PC atau laptop tradisional malah akan hanya menghabiskan ruang dan tidak banyak orang menggunakannya.

Setelah Microsoft berhenti memperbarui Live Tiles, dan pembuat aplikasi pihak ketiga juga mengabaikannya, Live Tiles menjadi semakin tidak berguna. Pada artikel sebelumnya saya juga sempat membahas mengenai tampilan icon baru yang akan dirilis pada Windows 10 mendatang. Icon baru ini sudah bisa diuji coba untuk pengguna yang ingin menguji versi awal perangkat lunak ini, jadi jelas bahwa Microsoft berencana untuk mengubah tampilan start menu Windows 10 dalam waktu dekat.

Start Menu Baru Windows 10 Tanpa Live Tiles
Tampilan Start Menu pada sistem operasi Windows 10X

Ada spekulasi bahwa menu Start tampilan baru Windows 10 akan menghapus Live Tiles dan menggantinya dengan ikon statis, dan akan terlihat mirip dengan menu Start di Windows 10X, versi Windows mendatang yang dirancang Microsoft untuk perangkat dengan layar ganda.

Versi baru Windows 10 ini dirancang untuk perangkat layar ganda, tapi bukan itu saja. Windows 10X adalah versi modern dari Windows 10 yang menjalankan aplikasi dalam container. Lebih dari itu, hal ini termasuk antarmuka baru yang disederhanakan.

Antarmuka yang disederhanakan ini termasuk menu Start baru. Tampilan daftar aplikasi terinstal yang disederhanakan, tampilan berbasis grid dengan ikon.

Windows 10X masih dalam pengembangan dan belum dirilis. Microsoft jelas menggunakannya sebagai platform uji untuk antarmuka desktop yang disederhanakan, dan menu Start yang baru adalah bagian dari itu.

Start Menu Baru Windows 10 Tanpa Live Tiles
Tampilan Start Menu Windows 10 yang akan datang (twitter.com/NTAuthority)

Perubahan ini merupakan bagian dari perancangan antarmuka Windows 10 baru untuk tablet lipat. Live Tiles jelas tidak begitu bermanfaat.

Saya pribadi selalu menghapus atau menonaktifkan Live Tiles setiap kali selesai menginstall komputer, jadi perubahan start menu ini tentu lebih memudahkan. Live Tiles memakan resource untuk setiap kali pembaruan informasi, termasuk RAM dan beberapa menggunakan koneksi internet. Jadi perubahan icon dan start menu Windows 10 yang beru ini merupakan kabar gembira bagi saya.

Belum ada Komentar untuk "Start Menu Baru Windows 10 Tanpa Live Tiles"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel