Penggunaan dan Pemanfaatan Komputer di Bidang Bioteknologi

Tumbuhan, hewan, dan makhluk mikroba telah digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan pengembangan produk untuk dikonsumsi. Bioteknologi adalah aplikasi yang menggunakan proses hidup dan sistem biologis dan turunannya untuk mendapatkan dan menghasilkan produk untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Komputer bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perkembangan bioteknologi.

Penggunaan dan Pemanfaatan Komputer di Bidang Bioteknologi
Penggunaan dan Pemanfaatan Komputer di Bidang Bioteknologi
Tujuan akhir dari bidang ini adalah untuk meningkatkan hasil produk dari organisme hidup baik dengan menggunakan prinsip-prinsip bio-engineering / teknologi bioproses atau dengan memodifikasi organisme secara genetik. Salah satu contoh adalah produksi roti atau item roti lainnya dari tepung terigu setelah menambahkan ragi sebagai organisme fermentasi.

Namun, bidang sains membutuhkan hasil, informasi, dan statistik untuk penelitian, untuk tumbuh dan menemukan sesuatu yang baru. Dengan cara yang sama, penelitian bioteknologi bergantung pada banyak informasi. Akhir-akhir ini, analitik data, intelijen bisnis, dan penelitian serta pengembangan adalah alat yang paling dapat diandalkan untuk hampir semua bidang penelitian dan pertumbuhan.

Kemungkinan menggunakan teknologi menganalisis koleksi besar informasi dalam sistem database Big Data dalam kedokteran telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Dan semua pengembangan aplikasi bioteknologi lain seperti pertanian, rekayasa genetika dapat dibuat lebih baik dan efisien karena aplikasi basis data Big Data untuk penelitiannya.

Big Data seperti perpustakaan virtual di mana ruang besar data dan informasi disimpan dan dianalisis. Selanjutnya meneliti lebih lanjut dengan cara tertentu untuk  dapat membantu biotek untuk meningkatkan dan mencapai lebih banyak keberhasilan dalam waktu singkat dengan usaha sesedikit mungkin.

Pemanfaatan Komputer dan Aplikasi Big Data Dalam Bioteknologi

Bioteknologi bisa mendapatkan manfaat besar dengan menggunakan teknologi komputer dan big data. Berikut adalah berbagai aplikasi komputer dan Big Data di bidang bioteknologi:

Genomik

Proyek Genomics, terutama untuk manusia, membutuhkan waktu penelitian yang lama di seluruh dunia dan dukungan untuk mengidentifikasi 20.000 gen plus dan urutan 3 miliar basis genom. Proyek ini menelan biaya trilyunan secara global, tetapi perusahaan bioteknologi saat ini menggunakan basis data Big Data yang dapat memecahkan kode seluruh genom hanya dengan biaya milyaran. Pasar genomik membantu berbagai perusahaan data yang menggunakan kerangka kerja dan alat untuk melakukan tugas komputasi yang besar dan rumit untuk menganalisis data genetika, medis, dan biologis. Perusahaan-perusahaan ini bekerja dengan perusahaan perangkat keras komputer besar untuk meningkatkan kinerja aplikasi dan hasil analisis Big Data mereka.

Pertanian

Komputer dan big data juga bisa menjadi aplikasi di bidang pertanian. Data yang dikumpulkan dari teknologi GPS disimpan dalam kerangka Big Data, dan beberapa traktor yang diaktifkan melalui GPS dapat membantu petani mengatasi perubahan kondisi lingkungan dengan menerapkan pertanian secara tepat. Analisis data juga mengubah industri biotek dengan kontribusinya pada penelitian genetika dalam menciptakan organisme yang dimodifikasi secara genetik. Tanaman rekayasa seperti itu dapat dimodifikasi dengan input dari pengumpulan data dari komputer dan Big Data untuk meningkatkan hasil panen, bertahan dari perubahan kondisi, dan tanaman bebas penyakit atau hama.

Otomasi Farmasi

Hampir di setiap perusahaan farmasi yang memiliki jutaan senyawa sebelum dipilih yang sesuai untuk uji pra-klinis. Untuk menemukan obat yang tepat, proses ini menghabiskan banyak waktu dan uang. Jadi ada banyak alat dan perangkat lunak yang membantu inefisiensi dan lebih sedikit waktu untuk menemukan resep obat yang tepat. Pemodelan berbasis komputer dan Big Data menggunakan penyimpanan berukuran besar hingga terabyte data dan informasi senyawa yang berbeda dan karakteristiknya. Oleh karena itu berfungsi sebagai perpustakaan virtual yang memiliki informasi jutaan senyawa untuk mengidentifikasi senyawa yang kemungkinan besar akan mengalami keberhasilan. Program pemodelan prediktif ini membandingkan kriteria percobaan dan hasil yang diinginkan terhadap penyakit target dan struktur kimia. Otomatisasi farmasi mengurangi risiko, menghemat uang, dan menawarkan siklus penelitian hingga sampai di pasar dengan lebih cepat.

Perawatan Kesehatan

Secara teknis, sektor kesehatan dari bioteknologi dianggap sedikit tertinggal dibandingkan bidang yang lain dalam penggunaan perangkat komputer dan basis data Big Data. Stakeholder layanan kesehatan kini memiliki akses ke pengetahuan baru yang lebih menjanjikan. Informasi ini dalam bentuk Big Data memberikan kompleksitas, keragaman, dan jadwal. Pakar industri farmasi menganalisis data yang besar untuk mendapatkan informasi. Dengan kemajuan teknologi ini dalam industri biotek telah meningkat. Kemampuannya untuk bekerja dengan data sedemikian rupa, meskipun file sangat besar dan memiliki organisasi basis data yang berbeda yang meningkatkan kondisi dan tingkat perkembangan layanan kesehatan farmasi.

Penggunaan dan Pemanfaatan Komputer di Bidang Bioteknologi
Penggunaan dan Pemanfaatan Komputer di Bidang Bioteknologi

Crowdsourcing

Crowdsourcing adalah model sumber di mana individu atau organisasi memperoleh barang dan jasa. Layanan ini mencakup gagasan dan keuangan dari kelompok pengguna internet yang besar, relatif terbuka, dan berkembang pesat. Salah satu contoh crowdsourcing di bidang bioteknologi, beberapa perusahaan farmasi telah menciptakan platform game online yang melibatkan profil penyakit, tantangan penelitian, dan memecahkan teka-teki di bidang medis. Dengan crowdsourcing, pasien bisa meningkatkan kinerja penelitian melalui survei online yang memberdayakan konsumen untuk melakukan studi dan penelitian mereka sendiri, mengunggah data medis mereka sendiri dan menyumbangkan pengetahuan tentang kondisi dan gejala mereka untuk memberi manfaat bagi seluruh komunitas medis.

Pencegahan Pemalsuan Obat

Setiap hari di negara berkembang, obat palsu membunuh banyak orang dan mempengaruhi kondisi kesehatan masyarakat. Karena skenario yang membahayakan ini, pasien dan keluarga sering kali kehilangan harapan dari berbagai perusahaan farmasi dan kehilangan penjualan. Ratusan ribu pasien di Afrika meninggal karena obat anti-malaria dan tuberkulosis palsu yang memakan biaya tidak sedikit setiap tahun bagi produsen obat. Masalah ini telah mendorong startup Sproxil untuk bekerja sama dengan raksasa teknologi IBM yang memungkinkan perusahaan obat menganalisis sumber Big Data untuk menemukan pola aktivitas obat palsu.

Sproxil bertujuan untuk mengumpulkan sejumlah besar data transaksional dengan sistem yang memungkinkan konsumen untuk memastikan kode pesan teks dari botol obat untuk mengetahui apakah obat-obatan tersebut asli atau tidak. Dengan teknologi visualisasi IBM dan analitik lainnya, produsen obat dapat memanfaatkan sejumlah besar data tentang transaksi obat secara real-time.

Saat ini, bioteknologi semakin berkembang pesat dan mulai digunakan di berbagai sektor kehidupan. Sektor perawatan kesehatan tumbuh sebagai sektor lain dari ekonomi yang menjanjikan di mana teknologi untuk mengumpulkan dan memproses sejumlah besar data dan informasi dalam sistem basis data komputer dan Big Data diterapkan. Dengan bantuan komputer, Big Data dan aplikasinya di bidang bioteknologi, pertumbuhan dan inovasi dalam biotek akan meningkat lebih cepat, di samping meningkatkan potensinya yang besar.

Belum ada Komentar untuk "Penggunaan dan Pemanfaatan Komputer di Bidang Bioteknologi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel