Manfaat Teknologi Informasi di Bidang Kesehatan

Teknologi baru dan terus berkembang telah mengubah cara kerja layanan kesehatan dalam beberapa tahun terakhir. Rumah sakit dan praktik dokter besar dan kecil telah menerapkan teknologi baru untuk mengimbangi lingkungan peraturan yang berubah dan untuk meningkatkan kualitas secara keseluruhan untuk pasien.

Banyak sekali keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang kesehatan. Pemerintah juga sudah menerapkan peraturan tentang BPJS dimana layanan kesehatan diatur menggunakan sistem informasi sehingga memudahkan pihak penyedia layanan kesehatan dan pasien. Fasilitas medis saat ini juga menggunakan teknologi tinggi yang meningkatkan layanan mereka.

Manfaat Teknologi Informasi di Bidang Kesehatan
Manfaat Teknologi Informasi di Bidang Kesehatan

Peran dan Keuntungan Pemanfaatan Teknologi Informasi di Bidang Kesehatan

Pada intinya, teknologi informasi kesehatan adalah tentang komunikasi, yaitu komunikasi antar perangkat, antara anggota tim, antara pasien dan penyedia medis mereka, antara fasilitas medis yang berbeda. Saluran komunikasi ini diaktifkan oleh solusi hardware yang dipilih dan diinstal dengan hati-hati, dan dikelola dengan layanan yang cepat dan efektif. Komponen-komponen ini harus scalable dan fleksibel sehingga jaringan kesehatan dapat tumbuh bersama dengan fasilitas yang ada.

Peran teknologi informasi dalam komunikasi juga menempatkannya di garis depan tim keamanan fasilitas. Standar kesehatan IT, hak privasi pasien dan kesejahteraan pasien semua membutuhkan jaringan yang aman dan dapat dipercaya, yang transparan dan mudah digunakan oleh petugas kesehatan tapi tetap aman terhadap pengguna yang tidak berwenang. Selaini itu, penggunaan sistem informasi akan memudahkan pasien untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, misalnya lokasi dokter atua rumah sakit, rekam medis, jadwal praktik, dan lain-lain.

Tren Teknologi Informasi di Bidang Kesehatan

Dorongan untuk mendigitalkan perawatan kesehatan telah berlangsung selama beberapa tahun terakhir, saat itulah dorongan dimulai bagi rumah sakit dan dokter untuk menerapkan catatan kesehatan elektronik. Sekarang, penyedia mencari cara untuk mencapai hasil yang terukur dengan sistem yang dimiliki. Banyak layanan kesehatan yang sudah mulai memanfaatkan teknologi informasi.

Catatan Kesehatan Lebih Mudah Diakses

Perangkat manajemen catatan elektronik, platform pengumpulan data digital, dan solusi teknologi perawatan kesehatan lainnya memungkinkan penyedia layanan kesehatan untuk membuat dan mengelola catatan kesehatan yang mudah diakses. Pasien dan penyedia perawatan akan memiliki akses yang semakin cepat dan mudah didapat atas informasi medis pribadi, yang akan sangat meningkatkan perawatan yang diberikan dan penanganan pasien secara keseluruhan.

BPJS meluncurkan aplikasi kesehatan bernama Mobile JKN. Melalui aplikasi Mobile JKN ini, peserta dapat mengakses beragam informasi terkait program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan secara cepat dan mudah, dimanapun dan kapanpun. Informasi yang bisa didapat antara lain informasi mengenai program BPJS, kepesertaan, lokasi layanan kesehatan, tagihan, dan lain-lain.

Manfaat Teknologi Informasi di Bidang Kesehatan
Tampilan Mobile JKN dari BPJS Kesehatan

Misalnya, pengumpulan dan penyimpanan data kesehatan secara elektronik memberi pasien kemampuan untuk memperbarui dan mengirimkan informasi terbaru dari smartphone, tablet, atau komputer desktop. Hal ini juga memungkinkan pasien untuk dengan mudah meninjau informasi pribadi, yang membuat pengguna tetap terlibat dan memastikan setiap individu berperan dalam rencana kesehatan.

Selain itu, menggunakan sistem online untuk mengumpulkan registrasi pasien atau informasi rekam medis akan mempermudah penyedia layanan kesehatan untuk dengan cepat meninjau dan mengevaluasi status kesehatan pasien. Tidak perlu lagi menunggu data baru dimasukkan secara manual ke dalam sistem elektronik, sehingga dokter dan penyedia layanan kesehatan lainnya dapat segera membuat keputusan tentang kebutuhan kesehatan pasien, yang berarti perawatan yang diberikan akan lebih baik dengan komplikasi yang lebih sedikit.

Proses Kritis Lebih Efisien

Kemampuan untuk merampingkan proses adalah salah satu manfaat paling signifikan dari pemanfaatan teknologi informasi di bidang kesehatan. Meskipun kesehatan merupakan industri yang bergerak cepat, perawatan kesehatan melibatkan banyak proses pengumpulan data yang membosankan yang dapat memperlama layanan. Untungnya, salah satu keuntungan teknologi informasi seperti formulir online dapat membantu penyedia layanan kesehatan melakukan tugas administratif secara otomatis dan meluangkan waktu untuk fokus dalam memberikan perawatan yang berkualitas.

Pada akhirnya, tujuan setiap orang dalam perawatan kesehatan harus menciptakan pelayanan pasien yang positif dan tanpa batas di setiap waktu. Cara paling sederhana untuk mencapai tujuan itu adalah melalui penggunaan teknologi informasi bidang kesehatan. Misalnya, memungkinkan pasien untuk mengirimkan update secara elektronik ke rekam medis mereka, sehingga meminimalisir kebutuhan pegawai untuk secara manual memasukkan update dari formulir kertas. Dengan demikian, informasi yang diperbarui ke dalam sistem lebih cepat akan membantu penyedia layanan kesehatan memberikan perawatan yang lebih tepat sasaran dan relevan untuk masing-masing pasien tanpa penundaan.

Penggunaan teknologi informasi di bidang kesehatan bukan berarti tentang menggantikan seseorang, tapi tentang meningkatkan kinerja seseorang agar lebih efisien.

Pengumpulan Data Lebih Akurat

Karena pasien berperan aktif, pengumpulan data dan rekam medis tentunya akan lebih akurat. Penyedia layanan kesehatan seperti rumah sakit, dokter, klinik harus tetap patuh pada peraturan pemerintah mengenai penggunaan teknologi untuk mengumpulkan data pribadi pasien. Namun, manfaatnya jauh lebih besar daripada risikonya ketika kita menggunakan teknologi yang tepat. Pengembangan platform online akan membuat pengumpulan data lebih akurat dan efisien.

Manfaat Teknologi Informasi di Bidang Kesehatan
Pemanfaatan teknologi sistem radiologi untuk kesehatan

Salah satu manfaat platform online adalah bahwa data yang dikumpulkan lebih dapat akurat daripada informasi yang dikumpulkan melalui formulir kertas. Informasi yang diambil dari tulisan tangan biasanya dimasukkan secara manual ke dalam sistem online, yang memungkinkan kesalahan penulisan oleh petugas. Apalagi jika tulisan tidak jelas atau tidak terbaca, tentu akan mengganggu pelayanan.

Banyak platform pengumpulan data online memiliki fitur verifikasi yang memungkinkan pengiriman informasi tetap akurat dan lengkap. Ini akan menjadi manfaat besar bagi penyedia layanan kesehatan karena pentingnya menjaga catatan pasien yang akurat. Data yang tidak akurat dapat menyebabkan resiko kesalahan penanganan pasien, sehingga teknologi ini sangat diperlukan demi pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Teknologi Informasi di Bidang Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel