Penyebab Windows 10 Tidak Bisa Shutdown

Banyak pengguna Windows 10, termasuk saya sendiri pernah mengalami hal yang aneh, yaitu Windows 10 tidak dapat di shutdown. Saat komputer dimatikan, Windows 10 menampilkan loading shutdown, tapi beberapa saat kembali ke layar login lagi. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki Windows 10 tidak bisa shutdown ini.

Penyebab Windows 10 Tidak Bisa Shutdown

Ada beberapa kemungkinan penyebab Windows 10 tidak bisa shutdown, penyebab utamanya adalah fitur Hybrid Shutdown atau juga dikenal sebagai Fast Startup yang dirilis sejak era Windows 8. Fitur ini diaktifkan secara default di sebagian besar laptop dan komputer desktop. Itulah sebabnya banyak pengguna mengalami masalah ini setelah melakukan upgrade ke Windows 10.

Fitur Hybrid Shutdown mampu mengurangi waktu yang dibutuhkan perangkat untuk booting dan shutdown dengan hibernasi sesi kernel, yang berarti komputer Anda tidak dimatikan sepenuhnya. Namun, selain menghemat waktu untuk memulai atau mematikan komputer, ini juga dapat menyebabkan kesalahan pada perangkat dan mencegah komputer shutdown. Selain itu, alasan lain seperti file sistem yang rusak dan masalah BIOS juga kemungkinan membuat pengguna gagal mematikan Windows 10.

Cara Memperbaiki Windows 10 Tidak Bisa Shutdown

Sebelum mengikuti langkah-langkah di bawah ini, pastikan Anda benar-benar tidak menemukan solusi lainnya, karena biasanya ada beberapa penyebab yang membuat komputer belum bisa shutdown, misalnya proses sistem yang sedang berjalan atau sedang ada proses instal update. Tapi setelah proses ini selesai komputer akan shutdown dengan sendirinya.

Jadi, jika masalah ini pertama kali terjadi, lebih baik bersabar dan biarkan hingga beberapa jam. Jika melebihi batas waktu dan Windows 10 masih menyala, cobalah langkah-langkah berikut untuk memperbaiki Windows 10 yang tidak bisa shutdown:

CARA 1 : Nonaktifkan Fitur Fast Startup

Mematikan fitur Fast Startup adalah cara tercepat untuk memperbaiki Windows 10 yang tidak bisa shutdown. Untuk menonaktifkan Fast Startup di Windows 10 ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka Settings > System > Power & Sleep.
  • Pada panel kanan klik Additional power settings.
  • Akan muncul Power Options. Pada panel kiri pilih Choose what the power buttons do.
  • Akan muncul System Settings. Klik Change settings that are currently available.
  • Hilangkan tanda centang dari Turn on fast startup (recommended) dan klik Save Changes.
Penyebab Windows 10 Tidak Bisa Shutdown
Penyebab Windows 10 Tidak Bisa Shutdown

Menonaktifkan Fast Startup memang akan menambah waktu yang dibutuhkan saat menyalakan atau mematikan komputer, tapi pada sebagian besar kasus bisa mengatasi masalah Windows 10 yang tidak bisa shutdown. Jika Anda tidak ingin memperbaiki masalah menggunakan cara ini, Anda dapat mencoba cara lain.

CARA 2 : Matikan Komputer dengan Shutdown Penuh

Fitur Fast Startup tidak sepenuhnya mematikan komputer untuk mengurangi waktu booting. Sebagai gantinya sistem melakukan hibernasi sesi kernel, yang merupakan penyebab mengapa Windows 10 tidak dapat shutdown. Jadi, untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat melakukan shutdown penuh pada komputer. Ada dua cara untuk melakukan shutdown penuh di Windows 10.

Gunakan Tombol Shift

Ketika Anda mengklik Shut down di menu Start, tekan tombol Shift secara bersamaan untuk mematikan komputer Anda sepenuhnya.

Gunakan CMD

  • Klik tombol Start dan ketik CMD.
  • Pada hasil pencarian klik kanan Command Prompt dan pilih Run as Administrator.
  • Ketik perintah berikut ini: shutdown /s /f /t 0
Penyebab Windows 10 Tidak Bisa Shutdown
Penyebab Windows 10 Tidak Bisa Shutdown

CARA 3 : Jalankan Windows Update Troubleshooter

Beberapa pengguna tidak dapat melakukan shutdown Windows 10 selama update. Jika Anda berada dalam situasi seperti ini, Anda dapat menjalankan Windows Update Troubleshooter untuk menyelesaikan masalah yang mencegah update Windows 10.

  • Buka Settings > Update & Security Troubleshoot.
  • Pada panel kanan, cari Windows Update > Run the troubleshooter.
  • Tunggu proses sistem mencari dan menemukan masalah yang ada.
Penyebab Windows 10 Tidak Bisa Shutdown
Penyebab Windows 10 Tidak Bisa Shutdown

CARA 4 : Jalankan System File Checker Tool

Jika ada file sistem Windows yang rusak di komputer Anda, pasti akan muncul masalah, termasuk komputer yang tidak dapat di shutdown. System File Checker Tool yang ada di Windows bisa dimanfaatkan untuk memeriksa dan memperbaiki file sistem yang hilang atau rusak. Windows akan melakukan scan semua file-file sistem penting dan akakn otomatis memperbaikinya jika ada kerusakan. Untuk melakukannya ikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik tombol Start dan ketik CMD.
  • Pada hasil pencarian klik kanan Command Prompt dan pilih Run as Administrator.
  • Ketik perintah berikut ini: sfc /scannow

CARA 5 : Windows Safe Mode

Ketika Windows 10 tidak bisa shutdown, sistem akan terus restart setiap kali Anda menekan tombol Shutdown. Dengan demikian, cara lain untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan menonaktifkan restart otomatis di komputer Anda melalui Windows Safe Mode.

  • Matikan komputer dengan menekan tombol popwer di CPU selama beberapa detik.
  • Nyalakan lagi dan tekan tombol F8 beberapa kali hingga sebelum logo Windows muncul.
  • Lepaskan tombol F8 hingga menu boot muncul dan pilih Safe Mode.
  • Komputer akan masuk ke dalam Safe Mode. Klik Start dan ketik sysdm.cpl untuk membuka System Properties.
  • Klik tab Advanced > pada bagian Startup and Recovery klik Settings.
  • Pada bagian System failure, hilangkan tanda centang dari Automatically restart.
  • Klik OK dan restart komputer Anda.
  • Setelah menyala, shutdown PC Anda dan perhatikan apakah masalah Windows 10 tidak bisa shutdown masih ada.
Penyebab Windows 10 Tidak Bisa Shutdown
Penyebab Windows 10 Tidak Bisa Shutdown

CARA 6 : Ganti Pengaturan BIOS

Seperti yang disebutkan di atas, Windows 10 bisa saja gagal shutdown karena masalah BIOS, baik itu pengaturan yang salah atau kerusakan. Pertama-tama Anda dapat mengatur ulang BIOS ke pengaturan default. Karena cara untuk mereset BIOS bervariasi tergantung pada produsen motherboard, Anda dapat memeriksa manual motherboard terkait. Setelah pengaturan BIOS sudah kembali pada setting pabrik, biasanya masalah akan teratasi.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Windows 10 Tidak Bisa Shutdown"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel